Cerita dari Gunung Dempo: Akankah Jadi Pendakian Terakhir?

(Foto by Hilda)

Kenapa tiba-tiba mendaki gunung setelah sekian purnama? Ya itu karena Hilda yang minta ditemani mendaki. Mau ulang tahun di gunung katanya. 

Aku sebagai "si paling hayuk" ya ngikut aja. Padahal kalo diinget dulu pas aku baru balik dari rantau, aku selalu ajakin dia naik gunung. Jawabnya "gak makasih". Dia takut karena mulut dia sembarangan. Padahal kan aku lebih sembarangan ya.

Sebenernya kita berharap Kerinci. Tapi karena Sewa Outdoor Jambi (SOJ) sebagai inisiator open trip pas tanggal 25 Februari 2024 bukanya ke Gunung Dempo, ya udah sedapetnya aja. 

Tentang SOJ, sebenernya udah tau dari lama karena ada temen, Rido sekaligus sepupu Hilda yang pernah ngikut open trip mereka. Review dari dia bagus jadi tertarik aja.

Aku udah pernah mendaki semasa kuliah dulu. Pendakian pertama di Gunung Gede, Cianjur dan kedua Mahameru, Jawa Timur.

Ini cerita waktu mendaki Gunung Gede >>>  Perjalanan Hati

Cerita waktu mendaki Gunung Semeru >>>  Catharsis in Mahameru

Hilda yang baru pendakian pertama tentu dia research banget donk. Sedang aku si santai aja yang penting aku persiapan fisik. Karena ngerasa udah pernah dan ngerasa apa yang ditakutin Hilda cuma hal sepele.

Yang ditakutin Hilda adalah jalur pendakian curam yang mengharuskan pendaki ngerangkak kayak Spider-Man. Aku bilang ke dia kalo itu paling cuma satu spot aja. 

Pelajaran pertama, JANGAN SOMBONG!!!

Ketika baru mulai mendaki dari camp menuju pintu rimba itu udah gigi satu alias nanjak terus genks. Ya awalnya kita melewati kebun teh yang cantik banget lalu mulai menuju hutan yang jalurnya tanah, basah, sempit. Baru sampe pintu rimba. Aku udah ngos-ngosan. Ini baru pintu rimba.

Padahal pas di kebun teh itu cakep banget loh karena ada banyak kabut. Udara seger plus dingin banget.


(Foto by Bang Met)

Jadi jalur pendakian itu dari basecamp > titik awal pendakian > pintu rimba > Shelter I > Dinding Lemari > Shelter II > Cadas > Makam Perintis > Puncak I > Pelataran > Puncak II.

Menuju shelter I aku udah mempertanyakan, ini beda banget dengan gunung yang pernah aku daki sebelumnya. Mana landainya? kenapa dari awal nanjak terus? Mana jalur untuk manusianya? Kenapa ini jalur Spider-Man semua? Kenapa ga ketemu pendaki lainnya? Kenapa ga ada yang jualan di tiap shelter?

(Doc Puput)

(Doc Puput)

(Doc Puput)

Teman perjalanan kali ini ada 10 orang termasuk aku. Karena ngerasa aku ini lelet, jadi ada dua temen yang ngejagain, mereka Bang Diki dan Bang Jul. Jadi kita berempat di belakang sedang yang lainnya rada cepet di depan.

Nah selama jalan inilah mereka ngejelasin kalo gunung di Sumatera dan Jawa ya jelas beda. Kalo di Sumatra memang jalurnya lebih sulit, karena kan pendakinya ga sebanyak di Jawa.

Awalnya jarak kita ga begitu jauh. Sampe hal yang aku takutin terjadi, gatel-gatel aku kambuh. Jadi badanku itu emang rada aneh genks. Ga bisa suhu badannya tuh panas banget. Kalo panas banget, jadilah gatal-gatal, terus aku pusing kemudian blackout. Sekira 30 menit baru bisa aktivitas lagi. Itupun masih butuh waktu agar tenaga bisa pulih.

Aku terkapar
(Doc Hilda)

Tas aku dibawain Hilda dan tas dia dibawain Bang Jul, atau Bang Diki ya ku lupa. Aku ga bawa beban dulu. Kemudian baru jalan bentar, Hilda jatoh dan cidera. Kakinya sakit jadi jalannya harus pelan banget.

Aku ngerasa udah mendingan jadi bisa bawa tas sendiri. Kita harus ngimbangin kecepatannya Hilda, disamping aku juga ga bisa kan ngebut terus karena takut gatel-gatelnya kambuh lagi. 

Selama perjalanan aku banyak istighfar, minta maaf karna aku sombong. Minta dimudahin perjalanan ini. Ya walau terseok-seok dan menyusahkan Bang Diki dan Bang Jul.

Salah satu spot terbaik, liat sunset meski belum nyampe puncak

Langkah demi langkah, yang awalnya berharap bisa sampe pelataran sebelum gelap ga kesampean karena nunggu kita yang lelet ini. Nyampe puncak I udah gelap. Harus turun jalur lagi menuju pelataran buat mendirikan tenda. 

Seinget aku kelar mendirikan tenda, ganti baju, makan, jam 10 udah bersiap untuk tidur. 

Dari pagi, aku ga pernah bantu nyiapin makan donk. Karena kan pas nyampe selalu telat, pas makan malem malah udah dimasak juga. Dan ga tau cara ngidupin kompornya, salah dikit aja bisa numpahin minyak. Dari pada mengacau, membantu hal-hal lainnya seperti memungut sampah misalnya.

Makanan yang disantap selama pendakian
(Foto by Bang Met)

Jadi di tenda cewek itu ada 4 orang, Aku, Hilda, Puput dan Nova. Dari awal Puput udah bilang sih kalo dia bakal ngorok. Mereka berempat juga udah minum obat tidur yang aku bawa. Aku bilang efeknya 30 menit. Eh Hilda sama Puput langsung banget donk abis minum obat tidur dan mengorok. Aku masih nunggu reaksi ngantuk, sambil menghayati dua manusia ini adu ngorok. Rasanya seperti berada di arena tong setan.

Pas malem, aku rada setengah sadar karena Nova mengoceh tapi ga jelas apa. Aku kira aku mimpi. Sampe aku beneran denger dia ngomong "ya allah dingin banget" dia mengigil banget ternyata. Jadi aku bangun nanyain kenapa dia bisa kedinginan banget. Ternyata dia ga pake kaos kaki. huuh. Jadi aku kasih salonpas ke dia dan jaket buat nutupin kakinya, karena aku pake dua jaket. Untung aku ga ikut kedinginan. Mungkin karena posisi aku yang ditengah jadi masi rada hangat.

Pas pagi baru ku tanya Nova. "Kenapa ga pake kaos kaki?"

"aku kira ga sedingin itu kak" katanya. 

Tapi salut sih dia tangguh banget fisiknya. Puput juga tangguh luar biasa.

Pagi-pagi itu kita bangun untuk menuju summit lagi. Sarapan bentar, doa, lanjut nanjak. Seperti biasa ada Bang Jul yang mendampingi. Hahaha.

Hilda masih sakit kakinya dan aku mencoba untuk tetap dingin dengan tidak pakai jeket pas nanjak. Takut banget gatal-gatal lagi.

Di puncak, aku ngerasa bersyukur bisa sampe atas, liat awan, liat banyak hal dari puncak.

Makasih bang diki dan bang jul

Ga pake jaket karena takut panas dan gatal-gatal lagi

Jangan minta temani ke gunung lagi ea

Dan pertanyaan baru pun muncul. Ini gimana pulangnya?

Dengan kondisi kaki yang sakit banget, badan yang lemes banget, tetep harus pulang. Awalnya kondisi aku masih normal aja, lama-lama kekuatan aku bener-bener kayak terkuras banget. Ga ngaruh itu redoxon, kopi, makan. Kek udah nyerah tapi tetep harus dijalani biar bisa pulang. 

Selama jalan pulang pun bertanya-tanya, kok bisa yah kita lewat jalur kayak ini. Pas nanjak susah, pas turun juga susah. Tapi dipaksa kakinya untuk terus melangkah.

Pelajaran kedua: kalo suatu saat nanti ngerasa hidup ini sulit. Inget, aku pernah mendaki gunung dempo yang jalurnya ga manusiawi. Pernah bisa sampe ke puncak dempo dan kembali dengan selamat, walau terseok-seok, tertatih-tatih. Langkah kecil dan pelan aja gapapa. Asal terus maju. Kalo capek istirahat, jangan lupa lanjut jalan lagi.

Pelajaran ketiga: berterima kasihlah pada orang yang menemanimu menuju puncak.

Terima kasih SOJ, bang herman, yang udah mengadakan trip ini. Sehingga aku bisa ngerasain lagi ada di puncak gunung. Makasih tripnya menyenangkan walau lelah juga yah.


Terima kasih untuk teman-teman trip lainnya seperti Nova, Puput, Topik, Riki, Bang Memet, khususnya bang Diki dan Bang Jul.

Dan untuk temanku Hilda, udah yah jangan minta temani naik gunung lagi.

Hilda cidera dan jalan dengan cara ngesot

Sebenernya konsep konten udah ada di kepala banget, tapi karena capek banget, inget napas aja usah syukur. Jadi dokumentasi di hp ku minim banget.

Jadi mengenai pertanyaan apakah ini jadi pendakian terakhir? untuk saat ini iya. Karena aku cukup sadar diri bahwa aku ini menyusahkan orang lain.

Tips menuju Gunung Dempo:

- Kalo bisa, jangan deh


Dempo, 26-27 Februari 2024

Komentar