Waktu Nonton Sheila on 7 di Pekanbaru

 



Halo, baru ada cerita seru yang baru nih. Nonton konser sih. Meski udah sering banget nonton konser tapi yang ini bener-bener spesial karena nonton Sheila on 7. Band yang aku suka sejak aku SD. FYI, aku SD tahun 1999-2006. 

Mari kita mulai cerita ini dari awal banget. Yaitu wacana, bersama temanku Hilda.

Jadi udah ada berita kan kalo So7 ini konser bertajuk Tunggu Aku di Jakarta yang dihadiri banyak banget orang termasuk para artis yang ngefans sama mereka. Setelah itu ternyata mereka mau tur ke beberapa kota. Aku yang ga punya uang ini pengennya konser di Jambi aja ga sih kan biar ga ada biaya transport dan penginapan.




Tapi mengingat kota-kota yang udah di spill adalah kota besar, aku pun tidak percara diri donk kalo So7 bakal ke Jambi. Jadi mulai nekad nih buat gas ke kota terdekat, yaitu Pekanbaru.


Ya udah dari sini mulai cari-cari info karena konsernya emang cuma di 5 kota di Indonesia dan yang terdekat dari Jambi ada di Pekanbaru.

Meski sebenernya akutu udah berkali-kali ya nonton S07 tapi tetep aja mau nonton lagi.

Mulai lah mengatur ini dan itu demi bisa dapet tiketnya. Karena hal tersulit dari konser adalah war tiket. Sebagai yang ga ahli dalam ngewar, tentu saja aku serahkan ini sama Hilda.

Kita nambah satu personel lagi yaitu Ruri.


Liat tuh nama grup WA dan foto profilnya, sungguh mengesankan bukan. Harus foto Pak Duta banget yang dipajang sebagai motivasi.

Nah ini terjadi di bulan April 2024. Dapatlah kita tiketnya dengan harga 600 ribu waktu itu, yang Festival A2.

Setelahnya ya tingga cari info tentang transportasi dan penginapan. Untuk transportasi sih ga banyak pilihan ya jadi lumayan sat set milihnya. 

Nah untuk hotel nih yang rada tricky, karena kan pesen via aplikasi, banyak tuh yang murah tapi pas baca review ternyata zonk. Jadi bener-bener ngulik banget untuk hotel.

Sebagai introvert yang gampang tantrum, sebenernya pengen sendirian aja. Mengingat suhu AC aku dan Hilda itu bedanya jauh banget, dia 16 dan aku 27. Tapi kan aku ini masih miskin ya jadi kalo nyewa sendirian ya mahal banget dong.

Jadi aku cari lah yang sekamar bisa bertiga. Setelah ditelusuri, baca review, menimbang harga, akhirnya dapet yang di daerah Paus. Hmm apakah di daerah itu pernah ada fosil paus sehingga dinamai paus?

Untungnya lagi udah sama sarapan. Lumayan kan soalnya kita stay 3 malam. Seperti biasa ada hari dimana aku ga ngapa-ngapain demi memulihkan energy social yang tersedot ketika konseran.

Kita pesen hotel ini h-satu bulan. Karena kita takut banget hotel pada penuh jadi emang jauh-jauh hari kita pesennya.

Konser So7 itu 31 Agustus dan kita berangkat 30 Agustus. Pulang tanggal 2 September.

Hari keberangkatan, sangat-sangat bersemangat donk. Tapi di perjalanan kita terombang ambing karena jalur Jambi - Pekanbaru lumayan berbelok-belok. Mana kita paling belakang.

Beruntung sampai dengan selamat ke hotel yang Alhamdulillah nyaman.

Hari H tanggal 31 nih, paling ditunggu-tunggu banget kan. 

Aku udah bilang dari jauh-jauh hari kalo aku butuh waktu untuk menyimpan energi banyak-banyak sebelum konseran. Bahkan aku berencana untuk pisahan aja deh sendirian konsernya ga bareng sama temenku.

Mereka bebasin aja mau kayak gimana. Jadi mereka duluan pergi jam 2 karna Hilda mau beli kaos dulu. Aku rencana magrib tapi karena dipikir-pikir takut juga kalo sendirian jadi ya aku jam 4 otw ke lokasi. Dan lumayan ya jaraknya dari hotel ke lokasi.

Rupanya siang itu hujan, aku ga tau kan soalnya aku di kamar aja. Pas sore aku pergi ya mendung syahdu gitu aja. Lalu lintas ramai lancar juga.

Aku ga bawa apa-apa ke konser karena ga mau ribet. Jadi cuma bawa HP, KTP, uang.

Perjalanan dari gerbang depan ke venue lumayan jauh ya. Di sepanjang jalan ini banyak yang jual merchendise ala-ala gitu. Harganya rada ga ngotak jadi males banget aku belinya.

Pemeriksaan sebelum masuk juga ramai lancar aja ga ngantri banget. Emang bener-bener di cek sih pas aku untuk KTP dan aplikasinya. Ga tau kalo yang lain.

Aku emang niatin ga mau foto-foto pas konser karena emang mau nikmati momennya. Tapi nyesel juga pas nulis cerita ini karena jadi dikit banget visualnya. huhu.

Sebelum masuk ke area konser aku beli makan dulu karena males bolak balik kan. Di deket area kuliner itu ada toilet lumayan banyak dan antri banget. Makanannya juga beragam dan antri. Aku pilih yang instan jadi ga perlu antri. Untuk mineral juga antri jadi aku ga beli minum karena kata hilda dia beli 3 botol.

Aku nyampe depan panggung itu jam 5 sore dan udah banyak yang duduk di depan. 


Di Festival A2 ada  toilet juga.


Sore itu ada penampilan dari band lokal yaitu Harubisu. Di sini penonton mulai berdiri. Jadi kalo duduk kan posisi agak lowong ya. Ketika berdiri jadi pada maju. Pas Harubisu kelar jadi susah mau duduk lagi. Aku sih bisa ya meski sempit banget. Karena aku mau berdiri pas So7 aja. Jadi rada ribut tuh minta yang belakang mundur. 

Ditengah keribetan untuk duduk ini aku dan hilda ada ngobrol sama akamsi, abang-abang yang dateng sama ceweknya. Tapi setelah ditelaah eh mereka udah nikah deng. 

Abang ini warga lokal yang heran kenapa bisa ada yang jauh-jauh dari luar kota demi bisa nonton konser. Mereka ini juga ada sodara di Jambi katanya dan pernah main ke Jambi juga. Nah kita kepisah pas berdiri-berdiri itu. Abang dan mbaknya maju-maju ke rada depan.



Jam 7 ada  band Good Morning Everyone yang lagunya enak-enak juga. Di sini aku masih duduk soalnya ya belom pengen aja berdiri. Yang rada riweh antara aku, hilda, ruri. Aku pengen duduk sedang mereka pas berdiri jadi maju. Kan aku harus memindahkan pantatku di tengah keramaian.

Akhirnya jam 8 So7 muncul dengan opening khasnya. Kota sebelumnya lagu Radio jadi pembuka. Kita masih menebak-nebak lagu apa yang bakal jadi opening pas Pekanbaru. Ternyata...

Pagi yang Menakjubkan jadi opening. Ya mana nyangka sih kan lagunya ga begitu populer. Aku hapal sih tapi yang lain banyak yang diem.

Sesuai janjiku, aku mau nikmati konser ini dengan joget dan nyanyi aja. Hilda juga gitu. Jadi yang dokumentasiin ruri aja.

Ya allah Pak Duta ganteng banget. Ga nyangka bisa nonton mereka lagi. Ada Aishameglio juga. Aisha itu anaknya Pak Duta yang jadi backing vokalnya.

Konser tunggal ini emang keren banget sih. Tata panggungnya, lightingnya, set list lagunya, visual per lagunya. Bener-bener tiap lagu tu beda treatment, beda suasana. Jadi aku dibuat terpesona berkali-kali.

Yang jadi highlight versi aku, ada di lagu Anugrah Terindah yang Pernah Ku Miliki.

Jadi ada momen dimana semua pemain itu liat ke arah layar karena ada shoot penonton yang bareng sama pasangannya.

Tapi ada momen Pak Duta genggam tangan Aisha sambil nyanyi Anugrah Terindah ini. Kek mereka pegangan tangan, tatap-tatapan, aduh hatiku... 



Momen bapak-anak ini sweet banget sih. aku ga dapet screenshoot jelasnya dari video ruri jadi ini aku ambil di tiktok.

Ada lagi pas Sakti ikut perform bareng mereka. Nostalgia yang manis juga.


Kan Sakti udah ga di So7 ya, tapi mereka masih jaga silaturahmi. Persahabatan mereka dari dahulu kala masih erat sampe sekarang.

Dan momen yang paling gong banget. Pak Duta turun panggung nyampering penonton genks.


Sedeket ini loh Pak Duta. Haduh ini bapak-bapak usia 40an kenapa tidak tampak menua ya. Mana senyumnya manis banget ini hey. Seperti kata pepatah, "Kita Semua Menua, Kecuali Duta Sheila on 7".

Aku puas-puasin liat Pak Duta pake mata kepala sendiri sambil berdoa dalam hati, ya allah pengen yang kayak Pak Duta boleh ya. huhu

Ga terasa 2 jam konseran kelar juga. Makasih ya bapak-bapak ganteng dan keren atas sajian musik yang luar biasa ini. Momennya masuk ke memory indah hidupku.

Kelar konser kita pelan-pelan jalan keluar dong. Eh kita jumpa lagi sama abang-mbak yang ngobrol pas sore-sore. Mereka nawarin tumpangan donk. Alhamdulillah.


Ini gambaran dari jauh ketika kita udah mau jalan ke pintu keluar. Seramai itu. Kalo baca berita ada 15 ribu orang yang hadir.

Tapi keluar dari lokasi lumayan lama juga. Lama banget malah. Dua jam loh. Satu jam pertama masih bisa cekikikan. Satu jam berikutnya aku tepar donk. Ngantuk banget ih. Jadi aku serahkan basa basi ini kepada Ruri dan Hilda.

Bangun-bangun udah nyampe hotel aja huhu. Mana aku ninggalin sampah di mobil mereka. Kelupaan banget karna ngantuk kan.

Jadi nama mereka itu Tiara dan Bagus. Aku ga ikut kenalan karena tidur kan. Terima kasih Bang Bagus dan Kak Tiara yang udah ngasih kita tumpangan.

Balik hotel aku lanjut tidur sambil nunggu giliran mandi. 


Tips Nonton Konser Sheila on 7:

1. Pastikan punya banyak uang karena mungkin yang dibutuhin bukan cuma tiket konser tapi juga transportasi, penginapan, makan, jajan, pijet, dll.

2. Jaga kesehatan. Konseran tuh butuh tenaga. Jadi harus sehat, kuat, bahagia.

3. Punya temen konseran itu Anugrah Terindah, tapi kalo ga punya temen ya gpp nanti di sana banyak orang kok. Beberapa dari mereka mungkin mau jadi temanmu.

4. Di area konser itu biasanya ga boleh bawa makan, minum, rokok, dari luar. Jadi bawa banyak uang aja.

5. Bawa kipas juga karena panas banget.

6. Mandi dan pake deodorant. Kamutu bakal keringetan di tengah kerumunan orang.

7. Bawa powerbank. Biar ga kehabisan batre dan  kehilangan momen. Kecuali emang ga mau dokumentasiin.

8. Hapalin lagunya donk. Masa konseran diem aja.

Tentang Teman Sekamar

Aku udah minta Hilda untuk bawain mukena yang ternyata ketinggalan saat dia nyiapin bekel. Mereka berdua lagi ga solat jadi ga ada yang bawa mukena. Alhasil aku solat pake jaket gunung sebagai atasan dan selimut sebagai bawahan. Selimut ini ada tiga lapis jadi ada yang jadi sajadah juga. Untung ga ada dokumentasinya kan haha.

Soal AC. Hilda dan Ruri tipe yang sama-sama harus pake AC suku 0 derajat alias dingin banget dah. Sedang aku sebaliknya. Karena dua lawan satu ya jadi aku prepare buat bawa jaket gunung, leging panjang, kaos kaki untuk persiapan tidur. 

Ruri yang takut remot AC-nya aku curi pasang mode siaga bahkan mau naro remot AC di ****-nya. Dah gila dia tu. Semenjak dia bilang gitu ga ada aku pegang-pegang remot ACnya.

Aku bisa tidur walau rada dingin tapi gpp aku ngantuk jadi ya tidur aja.

Kan sehari setelah konser kita free. Aku tentu saja menghabiskan waktu dengan tidak ngapa-ngapain. Sedang mereka berdua kemana-mana. Ini aku manfaatkan untuk mengisi energi  sosial aku yang habis ketika konseran.

Ada aku pesen kebab rasanya enak banget. Aku beli soalnya tulisannya katanya resep malaysia. Kan penasaran, dan beneran enak  banget dong. Ih ga ada di Jambi.

Mereka berdua ni juga suka nonton live bunda corla. Bayangin dah, Bunda Corla live mereka  pantengin. Tau ga efeknya apa. Mereka tu jadi ngegas banget kalo ngapa-ngapain. Ni aku percaya karena efek bunda corla ini sih. 

Dah sih gitu aja cerita konseran di Pekanbaru. Mudah-mudahan tahun depan bisa bikin cerita tentang nonton konser Blackpink live ya.

Kalo mau baca tentang konseran luar kota yang lain:

Aku pernah nonton Prambanan Jazz Festival 2022

sama Jazz Atas Awan 2019


Komentar