Menyusur Indonesia Bagian Terindah Saat Bulan Sedang Agustus Part II

Bukit Sikunir Dieng

Lanjut lagi yah, setelah part I ngomongin inti dari Dieng Culture Festival (DCF) sekarang mau ngomongin apa-apa aja lokasi menarik yang ada di Dieng.
 
Sebenernya rangkaian acara DCF bukan cuma jazz atas awan tapi ada juga ruwatan rambut gembel/ gimbal, kirab budaya, pertunjukan budaya, festival kopi. Tapi aku ga ngunjungin atau ga liat semuanya. Emang ga ada ketertarikan buat liat. Kecuali nanti ya aku cerita tentang ruwatan rambut gembel. Ini aku cerita tentang tempat wisata yang ada di Dieng dulu. 

Selain bakal ikut rangkaian DCF, kalo ikutan open trip ini kita juga bakal diajak kunjungin tempat wisata disana juga. Ini cerita flash back perjalanan menuju Dieng dari Jambi naik pesawat ke Jakarta, baru menuju Dieng. 

Aku ikut meeting point di Jakarta. Jadi dari Jakarta berangkat jam 8 malem naik bus dan nyampe Dieng jam 8 pagi. Perjalanan Jakarta - Dieng kira-kira 12-14 jam tergantung kondisi jalan.

Pas nyampe sana aku langsung disambut dengan udara seger dingin Dieng, membuat aku yang notabene hidup di daerah panas jadi berpikiran untuk ga mau mandi. Tapi demi kenyamanan bersama aku mandi donk. Di penginapan juga tersedia air hangat, yang kadang-kadang ga berfungsi. Huhuhu.

Aslinya di dalem kamar itu meskipun kita ramean tetep aja ngerasa dingin. Jadi kita tu emang harus bergerak gitu biar ga dingin. Jalan kemana kek, ya walaupun mau didalem ataupun diluar juga dingin.

Nah tujuan wisata pertama itu mengunjungi batu ratapan angin. Jadi kalo diliat dari atas ada dua telaga yang terpisah tapi berdekatan dan emang warnanya beda, namanya telaga warna. Dari sini drama pun dimulai.

Karena aku ikut open trip jadi rame banget orang kan yang mengunjungi. Untuk spot foto telaga warna yang emang bagus itu rame banget dan antri jadi aku ga nyaman aja buat foto. Aku bukan orang yang ngotot juga buat dapetin foto. 

Disini selain spot foto telaga warna juga banyak spot lainnya karena batu ratapan angin ini posisinya kan diatas jadi ada banyak tempat buat dapetin foto bagus. Tapi karena ga suka terlalu banyak orang aku jadi ga semangat aja buat foto-foto. Open trip yang aku ikutin aja udah rame, ini tuh ada tim open trip lain yang juga mengunjungi tempat ini, belum lagi yang lain-lain. Kan rame banget dan mereka ngotot-ngotot banget ih, serem.






Yang menarik tuh disini ada grup pengamen yang kece banget. Ada seperangkat musik bambu, dan alat musik lainnya yang cukup menghibur ditengah hiruk pikuk wisatawan yang hilir mudik. Jangan lupa kasih duitnya kakak.




Selain itu ada spot foto buat burung hantu yang sebenernya kasian banget mereka dijadiin objek foto yang seharusnya mereka bisa terbang kesana kemari dan berkembang biak.

Setelah dari telaga warna kita nonton di Dieng Theatre. Yang sebenernya ini bisa di skip sih menurut aku. Aku tipekal yang ga terlalu suka film dokumenter jadi ngantuk gitu kalo nonton. Filmnya tuh tentang Dieng dan segala tempat wisatanya. Jadi kayak promo wisata tapi versinya tuh ga milenial banget gitu loh. Bikin ngantuk. Aku aja tidur setelah lima menit pemutaran. Tapi kalo penasaran ya nonton ajah.

Terus tujuan selanjutnya ke telaga warna tapi dari dekat. Kalo tadi kan dari atas nah ini bener-bener dari dekat. Kalo kesini bawa masker yah karena bau belerangnya lumayan kuat. Disini itu banyak goa-goa. Kalo kata tour guidenya disini masih banyak yang dateng buat persugihan. Beda goa beda juga mitosnya. Bahkan mantan presiden soeharto pernah mengunjungi salah satu goa disini. Weheheheh. Mitosnya emang masih kenceng banget sih. Dibeberapa sudut goa aja masih keliatan sesajen yang dari bentuk dan warnanya keliatan belum lama ditaro.

Afifi, tour guide kita


Setelah balik dari telaga warna, kita balik dulu ke home stay dan prepare buat jazz atas awan. Yes. Hahaha. Tapi akunya malah jalan-jalan aja cari jajanan. Emang dasar tukang makan ya gini. Sejak sore tuh udara mulai dingin jadi jaketnya disiapin yah.

Jazz atas awannya udah diceritain kan disini. Lanjut lagi lokasi wisata selanjutnya yaitu bukit sinkunir. Sebenerya tour guide nya ngejelasin pas malem mau ke singkunir apa engga. Sebagian ada yang mau sebagian ada yang nolak. Tapi lebih banyak yang mau. 

Pertimbangannya sama kayak ke batu ratapan angin, disana pasti rame banget. Kalo kesana pake bus bakalan jauh banget parkirnya jadi pake dua elf aja. Sialnya aku dan temenku ga kebagian tempat jadi nyempil-nyempil.

Menuju bukit singkunir ini harus prepare dari jam 2 dan berangkat menuju sana jam 3. Kebayangkan aku tidur cuma berapa jam abis pulang dari jazz atas awan ituh.

Oiya persiapan tidur aku adalah tiga lapis jaket dan tiga lapis selimut tebal. Itu lumayan menghangatkan pemirsah. Udara dinginya luar biasa sekali Dieng. Duh ampun. Dan pastikan ada temen tidur juga karena menambah kehangatan. Wehehehe.

Masih dengan outfit pas tidur, heuheu, bangun cuma sikat gigi dan cuci muka donk, abis itu pake jilbab pake sepatu, udah siap.

Lagian jam 2 pagi kan dinginnya edan banget. Ternyata singkunir rame banget. Ya kayak di telaga warna lah karena banyak juga kan yang sedang berada di dieng dan ga mau ketinggalan momen golden sunrise. Perjalanan ke puncak tu ga begitu ribet karena udah disediain tangga. Selama perjalanan sempet berkeringet juga saking banyak geraknya. Tapi pas nyampe puncak malah kedinginan lagi karena kenceng anginnya. Perjalanan kira-kira 45 menit – 1 jam.

Detik-detik menuju sunrise tuh luar biasa banget yah. Kuasa allah menciptakan pemandangan dari bumi seindah ini. mulai dari semburat cahaya merah, perlahan-lahan muncul gradasi warna langit merah-oren-biru, terus mulai keliatan lautan awan yang nutup puncak gunung, baru deh muncul matahari perlahan dari warna oren sampe cahaya terangnya keliatan. Indah banget deh pokoknya.



Sayangnya ga bisa diabadikan dalam timelapes karena keterbatasan teknologi yang aku bawa. Juga banyaknya manusia diatas sana yang juga mengejar momen yang sama.

Pulangnya ternyata melewati beberapa spot foto yang juga sangat cantik untuk diabadikan. Wahai Dieng, kenapa bisa seindah ini. bikin jatuh cinta tempatnya.

Jalan pulang ini medannya lebih berat karena jalanan menurun, meskipun ga bawa beban berat, bisa dibilang cuma bawa diri malah, tetep aja kita menopang beban berat badan diri sendiri. 

Sama kayak di Batu Ratapan Angin, disini ada grup pengamen yang keren banget. Emang udah jadi ciri khas kali yah jadi pengamen disini tuh lengkap banget. Tapi ga pake penyanyi deh mereka.

 
Di sini juga ada spot foto bareng sama burung hantu. Lagi-lagi aku cuma bisa ngerasa kasihan tanpa bisa banyak membantu.

Abis dari bukit singkunir yang mulai panas karena matahari udah muncul dan aku masih pake tiga lapis jaket, kita pulag ke home stay buat bersih-bersih. Istirahat bentar abis itu lanjut lagi ke kawah sikidang.

Kesan pertama tentunya bau belerang, jadi jangan lupa pake masker yang tebal. Disini tuh kayak gersang gitu, karena kawah kali yah. Tempatnya luas banget dan berbatu. Aku tuh agak gimana yah sama tempat wisata yang sebenernya udah bagus tapi dibikin spot-spot foto yang norak jadi ya malesin aja gitu liatnya. Di batu ratapan angin juga gitu sih. Kenapa ga natural aja kan alamnya emang udah indah banget.




Yang unik di sikidang jadi ada yang jual telur yang direbus dalam kawah. Mamangnya kayak yang telaten banget ngerebus telor dalem kawah. Aku ga beli sih, bau belerangnya itu loh ga suka.


Hmm, abis itu langsung pulang deh. Beli oleh-oleh dulu baru balik ke home stay buat persiapan senandung atas awan. Harusnya aku bisa jalan-jalan tapi aku butuh istirahat kan supaya ga sakit kepala lagi nanti malemnya.


Tips Wisata ke Dieng:

- Banyak uang
- Pastikan bukan saat DCF karena rame banget. Kalo bisa tuh ikut DCF dulu baru explore Dieng
- Kalo banyak duit bisa ikutan open trip, jadi ga mikir penginapan dan transportasi selama disana. Disana ga ada angkutan umum selain ojek.
- Kamu yang tau ambang batas kelelahan tubuhmu. Jangan mentang-mentang mumpung di Dieng jadi diporsir banget jalan kesana kemari. Inget! Kesitu liburan jadi dinikmati, diresapi, dihayati. Jangan malah sakit.
- Bawa banyak uang cash karena disana cuma ada dua ATM yaitu BRI dan BCA. Ditengah kerumunan orang ATM itu bakal eror pada waktunya. Jadi mending bawa banyak cash, jangan lupa uang kecil buat ke toilet.
- Jangan lupa minum air putih yang cukup.
- Bawa baju hangat yang banyak. Aku bawa tiga jaket, tiga sarung tangan, enam kaos kaki. Sarung tangan dan kaos kaki aku tiap hari harus ganti. Kalo malem pake dua lapis. Heheh
- Beli oleh-oleh ditoko-toko kecil di tempat wisata aja atau di pinggir jalan. harganya lebih miring dari yang di toko oleh-oleh.
 


Komentar