Menyusur Indonesia Bagian Terindah Saat Bulan Sedang Agustus Part I



Perjalanan kali ini emang spesial banget karena keinginan dari sejak masa kuliah. huwaw.
 
Jadi hal yang membuat aku bela-belain banget buat dateng ke tempat ini adalah karena jazz atas awan. Sebagai yang suka banget nonton konser, jazz atas awan udah jadi konser impian sejak lama.

Sebenernya tahun lalu ada rencana mau kesana tapi acaranya bentrok sama acara nikahan temen. Jadi ketika 2019 bener-bener diniatin buat dateng kesana dan menabung untuk biayanya.

Ga bisa dipungkiri selain jazz atas awan yang membuat aku ingin kesana juga karena kehadiran embun upas saat kemarau kayak sekarang. Hal ini karena lokasinya yang berada di 2093 mdpl dengan suhu berkisar 12-20o C saat siang dan 6-10o C saat malam hari.

Untuk kemunculan embun upas biasanya disuhu minus. Bahkan info terakhir yang aku dapet suhu terendah mencapai -11o C.

Jadi Indonesia bagian terindah saat bulan Agustus itu adalah Dataran Tinggi Dieng yang juga disebut desa tertinggi di Pulau Jawa. Secara administratif masuk Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Jazz atas awan ini masuk dalam rangkaian Dieng Culture Festival (DCF) yang udah jadi acara tahunan disana. Ini adalah tahun ke sepuluh penyelenggaraan DCF.

Setelah searching dan nanya-nanya akhirnya aku memutuskan untuk ikut open trip salah satu travel agent. Pilihannya banyak banget dan harganya ga jauh beda juga. Karena tahun lalu ada temen aku yang kesana ikutan open trip juga, jadi aku memutuskan untuk pake travel yang dia pake tahun lalu.

Alasanya karena dalam acara itu akan ada banyak orang yang hadir jadi untuk acara gede biasanya akan crowded banget kan. Belum lagi letak venue yang berjauhan. Kalo ikut open trip jadi ga mikir lagi masalah transportasi, penginapan, makan, tiket acara dan informasi tentang tempat wisata. 

Beruntungnya home stay ini ga jauh dari panggung utama jazz atas awan, jadi jalan kaki aja. Masuk sini tuh penjagaanya lumayan ketat banget dan cuma orang yang punya id card yang boleh masuk. Banyak kok yang nonton diluar pagar pembatas dan penjagaanya emang ketat jadi kecil kemungkinan buat nyelip-nyelip.

Uniknya dari jazz atas awan ini adalah semua penontonnya duduk guys. Emang udah jadi budaya kalo nonton jazz atas awan ini harus duduk demi keadilan bersama, biar yang belakang juga keliatan artisnya. Tapi ya namanya juga masyarakat endonesah pasti ada aja orang yang berdiri. Konsekuensinya siap-siap diteriakin 5000 orang buat nyuruh duduk. Wkwkwkw rasaiiin.

Keunikan selanjutnya adalah kita bener-bener ga tau siapa artisnya. Eh gila banget kan. Sebenernya kan motivasi orang buat nonton ya karna artisnya, eh ini malah ga tau artisnya siapa. Jadi kita baru tau ketika mereka udah dipanggung. Bahkan pembawa acaranya pun ga nyebutin mereka siapa. Luar biasa khan.

Nah yang aku liat performnya itu gugun blues shelter. Aku ga pernah dengerin lagunya sih jadi ga tau dan ga bisa ikutan nyanyi. Vokalis aja sampe bingung loh kenapa penontonya duduk dan berkali-kali ngajakin penonton buat berdiri.

GBS DCF 2019
Menurutku juga sebagai yang suka nonton konser ya aneh aja kalo nontonya duduk. Jadi ga bisa mengekspresikan diri kan, ga bisa leluasa joged juga. Apalagi diudara dingin kayak di Dieng ya gila banget lah kalo ga gerak. Tapi lagi-lagi demi keadilan juga, kasian yang dibelakang ga keliatan jadi duduk deh, karena duduknya umpel-umpelan jadi rada anget. Hehe.

Tapi buat yang ga tahan dingin banget di belakang itu disediain banyak api unggun kok. Jadi kamu bisa menghangatkan diri disana. Asal siap-siap aja sama asepnya. Duuh bikin mata perih. Tapi ada yang lebih bikin mata perih sih, pasangan yang saling merangkul saat jazz atas awan. Nyesss.

Aku bareng temen yang ga tahan dingin dan orangnya rada ribet. Prinsip hidupnya adalah kalo ada yang lebih ribet kenapa pilih yang gampang. Ya gitu deh dirinya. Jadi dia pilih stay deket api unggun, dia juga selalu pipis tiap 30 menit sekali saking ga tahan dingin. Kan agak ngeribetin yah. Dia bilang mau pergi sendiri tapi kan kita sedang berada diantara ribuan orang, kalo gw ngilang gimana. 

Nah artis kedua ini mc nya ngasih clue kalo penyanyinya cowo rambut gondrong. Yang ada dipikiran aku Firza sih tapi ternyata Is Pusakata donk. Ya ampun ga nyangka banget tau ga sih. Aduh posisi lagi jauh banget dari panggung. Ya dapet foto seadanya deh.

Pusakata DCF 2019
Sayangnya kondisi aku malam itu sangat-sangat ga kuat buat stay lama-lama. Aku sakit kepala, kedinginan, kaki pegel banget. Akhirnya memutuskan untuk pulang. Huhuhu. Padahal baru tiga lagu. Daripada aku pingsan kan yah.

Nah belajar dari malam kegagalan ini aku ga mau donk di malem puncak DCF aku sakit kepala. Jadi aku tidur siang sampe sore karena emang dikasih free time. Aku harus recharge energi dengan menyendiri dan tidur untuk bener-bener bisa maksimal di malem terakhir. 

Untuk terakhir ini dari pagi artisnya udah dibocorin. Banyak beredar kabar kalo yang dateng Isyana Sarasvati. Sebagai yang ngepens banged sama Isyana ya aku seneng banget donk. Tapi aku ga mau kecewa nantinya, aku masih berusaha buat biasa aja.

Menuju panggung aslinya berdesakannya lebih parah dari jazz atas awan kemaren. Emang orang-orang tuh lebih memilih hadir di malam terakhir karena akan ada pelepasan lampion juga. Mereka udah tag tempat dari sore donk. Tapi kan aku ga bisa kayak gitu. Aku butuh ritual untuk mempersiapkan diri.

Sebelum artis utama ada pengisi penyanyi juga sebelumnya yang menampilkan musik tradisi. Dia komen katanya panggung-panggung yang lain itu suaranya mengganggu untuk performnya. Dia saran aja kalo di panggung utama lagi ada show panggung lain silent dulu. 

Emang sih, panggung di DCF ini bukan cuma satu, tapi banyak. Menuju panggung utama itu bakal nemuin beberapa panggung yang juga menampilkan musik atau pagelaran tradisional, dan itu ada penontonnya. Bahkan panggung kecil itu lebih rame dan seru.

Disela-sela persiapan artis utama tampil, penonton ditemenin tiga MC yang super kocak. Meskipun aku ga ngerti banget bahasa jawa tapi aku ketawa dengan candaan mereka. Bahkan sebenernya mereka lebih rame dari yang perform haha.

Sebenernya untuk malam terakhir ini namanya senandung atas awan yang diakhiri dengan pelepasan lampion yang menjadi daya tarik dari DCF. Sayangnya ini adalah tahun terakhir pelepasan lampion, begitu informasi yang aku terima.

Kembali lagi ke artis utama, ternyata emang beneran Isyana Sarasvati donk yang hadir. Wiiih aku seneng banget. Kayak ngerasa jodoh gitu dengan Isyana. Dia hadir dengan ciri khas nya yaitu balelol. Pertama hadir aja dia bilang “ayo gerak guys biar ga panas”. Eh mon maap syan, kita udah membeku dari tadi.
 
Isyana Sarasvati DCF 2019
Dan ketika dia berdialog pun dia meminta maaf atas kebalelolannya. “maaf ya cuaca dingin gini emang  makin bikin balelol ngomognya”. 

Seneng banget juga karena dia bawain a whole new world dan aku baru pertama kali liat dia live lagu sekali lagi. Beuh suarannya emang beneran deh cakep banget. Aku berharap dia bawain lagu winter song karena pas dengan suasanya tapi ternyata engga. 

Ga nyangka juga dia bawain cold water dan closer versi dia. keren banget ih. Malahan itu yang terngiang-ngiang ampe sekarang. Ternyata emang dia pernah bawain itu sebelumnya.

Isyana juga bawain tetap dalam jiwa pake flash light, yha karena ini emang lagu andalan banget dan semua orang tau. Dan lagu pamungkasnya adalah heaven. Dia minta terakhir penonton teriak i’m in heaven tapi emang dasar penonton endonesah malah jawab I’m in Dieng. 

“eh bener juga sih di Dieng, ya udah bilang I’m in Dieng yah” kata Isyan. Haha situasional yah liriknya.

Dan Isyana pun pergi... huhu akunya seneng banget malem itu. Ga nyangka bakal dapet kesenangan yang berlipat ganda karena ada Isyana.

Setelahnya adalah acara yang paling ditunggu-tunggu pemuja like instagram yaitu pelepasan lampion. Sebenernya ini udah peraturan bahwa bakal dilepas barengan. Tapi emang lagi-lagi warga endonesah ya ada aja yang udah ngelepasin duluan.

Kalo kita yang pesan paket travel tuh udah include lampion. Tapi ada juga kok yang jual, banyak malah. Harganya kisaran 12 ribuan. Jadi kalo beli 2 tu 25 ribu gitu.

Selama proses menggelembungkan lampion itu kita nyanyi Indonesia pusaka. Harusnya sih suasananya syahdu. Tapi karena yang nyanyi tiga MC kocak tadi aku tuh kayak ga ngerasa dapet suasana syahdu gitu. Harusnya yang nyanyi tetep Isyana, dijamin deh. Merinding semuanya. Terus lanjut nyanyi Asian who we are, beuh. Ngayal

Beneran deh pas lampion-lampion itu melambung ke angkasa tu indaaah banget. Aku aja ampe terpesona gitu. Aku diem aja liatin langit penuh lampion. Orang-orang mah sibuk poto-poto. Aku mah lupa. Haha. Tapi tetep ada sih beberapa hasil foto lampion yang sebenernya paling lumayan diantara yang lainnya. 

Festival Lampion DCF 2019

 
Tebak pake berapa lapis jaket?
Mengenai lampion ini jangan membayangkan yang indah-indah aja yah. Karena sebenernya ga semua lampion itu berhasil terbang. Ada banyak faktor yang menyebabkannya dan aku ga ngerti juga. Jadi meskipun foto aku pegang lampion tapi lampion itu sebenernya ga bisa melambung tinggi. Jatoh lagi, jatoh lagi gitu terus. Yang lain juga.

Jadi dibalik foto-foto bagus lampion yang terbang itu sebenernya ada banyak sampah lampion yang berserakan dibawah karena ga bisa terbang. Belum lagi yang kebakar duluan. Ada –ada aja emang.

Setelah lagu Insonesia pusaka itu ada penyanyi cewek asal Jogja yang jadi bintang tamu selanjutnya. dia bawain lagu-lagu cover sih  jadi penonton terhibur aja. dan kebanyakan bawain lagu Dewa. 


Huhu. Segitu dulu deh untuk part I ini. nanti dilanjut lagi tentang hal lain-lain yang masih menyangkut Dieng.

Tips menuju Jazz Atas Awan:
- Pastikan ikut open trip. kayaknya bakalan ribet buat dapetin tiketnya kalo ga ikutan open trip.
- Dateng lebih awal buat dapetin tempat yang pas buat nonton
- Bawa alas duduk karena disana nontonya bakalan duduk
- Pake baju yang nyaman buat nonton disuhu kisaran 9-13 derajat
- Bawa cemilan biar ga laper. Cuaca dingin jangan biarin ngerasa laper biar ga masuk angin.
- Sebelum nonton pipis dulu biar ga ke toilet pas udah duduk. ribet soalnya harus ngelewatin banyak orang
- Pastikan batre hp full biar update terus
 

Komentar