Prambanan Jazz Festival 2022: Demi Maliq & D'Essentials

Tiap ada acara Jazz Festival selalu berucap “pengen deh nonton langsung di sana”. Termasuklah Prambanan Jazz Festival ini. Daya tariknya bukan cuma dari para performance tapi dari view Candi Prambanan nan anggun dan megah.

Pasca nonton Jazz Atas Awan di Dieng Culture Festival, kayak ngerasa udah deh cukup. Masalahnya ada di biaya. Maklum, tinggal di area Sumatera khususnya Jambi, menuju acara-acara di Pulau Jawa agak menguras dompet yah. Dari tiket pesawat, penginapan, makan, sampe tiket masuk acara itu sendiri.

Tapi tiba-tiba pada suatu hari yang biasa di bulan Maret, seorang teman, Hilda, mengajak nonton Prambanan Jazz Festival. Dia kirim info lengkapnya di DM Instagram.

Liat harganya waw akupun terkesan. Hmm ga dulu deh. Karena ada yang virtual aku bilang mau yang virtual aja.

Dan obrolan tentang Prambanan Jazz Festival pun berlalu begitu saja.

Cerita berlanjut saat sebelum puasa. Aku minta bantuan Hilda untuk foto prewed sepupuku. Dalam perjalanan itu dia bilang udah beli 2 tiket Prambanan Jazz Festival kelas Roro Jonggrang tapi temennya masih 50:50 buat ikut.

Hilda nawarin lagi, tapi aku masih ga masuk dengan harganya. Masih mikirin biaya lain-lain selain tiket itu sendiri. Tapi sejak saat itu aku  kepikiran tentang Prambanan Jazz Festival ini.

Sampe akhirnya Hilda ngajakin aku buat naik gunung. Maka terpikirlah buat trip ke Kerinci aja yang mungkin rada mudah dan murah. Ya meskipun ga murah-murah amat juga.

Udah nih cari-cari tahu tentang trip ke Kerinci. Tiba-tiba aja aku kepikiran tentang air terjun yang sangat-sangat aku impikan dari dulu. Tumpak Sewu, yang lokasinya ada di Lumajang.

Terus ngomong deh sama Hilda sambil ketawa-ketawa. “Kalo jadi ke Prambanan, mau ga lanjut ke Malang. Aku pengen banget ke air terjun Tumpak Sewu”.

Awalnya emang berencana abis dari Kerinci langsung ke Prambanan dan Malang. Tapi mengingat waktu dan biaya, trip ke Kerinci dibatalin dulu dan kita fokus ke Prambanan dan Malang.

Sebenernya aku juga langsung fokus ke Tumpak Sewu sih. Entah dia pergi ke Prambanan Jazz sama siapa, yang penting temenin aku ke Tumpak Sewu. Tapi Hilda bilang ambil aja tiket Prambanan Jazz nya karena temen dia juga ga jelas.

Saat itu aku bilang oke aja, tapi sambil mikir ini duitnya dari mana buat bisa sampe ke Prambanan dan Malang. Sedang saat itu waktu tinggal 2 bulan lagi menuju hari H.

Kita berdua pun mengurus ini itu (uang) demi kelancaran perjalanan, yang pertama tentu saja vaksin booster biar ga perlu rapid lagi sebelum berangkat.

Antara excited dan juga takut uangnya ga cukup, tapi satu persatu tiket pun terbeli. Mulai dari hotel, tiket pesawat, tiket kereta. Meski dalam proses pembeliannya juga penuh drama ya. Terutama saat beli tiket kereta. Kita bingung karena ga pernah naik kereta dan beli tiketnya pas jam 12 malem karena takut kehabisan. Mana jam segitu otak lagi bodoh-bodohnya.

Karena Hilda bayarin aku tiket konser, aku mikir ini aku bayarin dia apa ya. Tapi aku juga ga sanggup kalo seharga tiket Roro Jonggrang. Jadi yang memungkinkan aku bayarin hotel aja di Prambanan dan Malang.

Tiket yang dia beli di hari pertama, 1 Juli 2022, yang artisnya Karya Nada Indonesia Winners, Menjelang Pagi, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Melancholic Bitch, Ardhito Pramono, Andien, Diskoria feat Fariz RM, Maliq & D'Essentials dan Pamungkas.  Ardhito Pramono jadi line tambahan menjelang acara.

Sebenernya yang paling bikin kepikiran untuk terima tawaran Hilda adalah adanya Maliq & D'Essentials. Beberapa minggu sebelum tawaran itu datang, entah kenapa aku jadi sering banget liat konser Maliq & D'Essentials di YouTube sambil berharap bisa nonton live suatu saat nanti yang entah kapan.

Aku juga bukan fans Maliq & D'Essentials yang dari dulu banget. Tau lagunya aja cuma yang hits banget kayak PIlihanku dan Dia. Sisanya entah kenapa jadi suka dan seneng banget liat video live performance nya.

Bahkan sebenernya di hari kedua dan ketiga itu ada Tulus. Sayang aja takdir ga memihak. Dan it’s ok buat aku karena emang pengen banget nonton Maliq & D'Essentials.

Saat tau susunan acara itu dari siang, aku bilang dengan Hilda bahwa aku ga mungkin bisa seharian.

“Aku introvert, ga mungkin punya banyak energy untuk ada di keramaian dalam waktu lama. Jadi mungkin aku bisa sore atau abis magrib aja ya,”

Ya tentu saja Hilda ngeluh, “Ngapain jauh-jauh cuma bentar di sana. Kita harus dapet kursi paling depan”

Aku inget dulu di acara Jazz Atas Awan aku kehabisan energy pas malem dan berujung sakit kepala tak tertahankan, memilih menyerah dan pulang duluan. Dan aku ga mau itu terulang di sini jadi aku pikir aku harus saving energy banyak-banyak dulu.

Perdebatan itu masih berlangsung sampai sebelum acara mulai. Kita mulai gerak karena tau di Instagram udah ada yang tag tempat sejak open gate dimulai. Itu sekitar jam 1 siang.

Astaga…. Jiwa introvertku meronta-ronta.

Saat masuk, ternyata ga boleh bawa makanan dan minuman dari luar. Ya emang udah tertera sih di pengumuman Instagram jadi aku bawa tumbler sendiri. Ya ampun, itu aja airnya disuruh buang dulu.

Aku kesel banget. Jadi aku buang airnya di depan panitia. Oh air minumku yang berharga.

Rencananya kita masuk dulu untuk liat-liat kondisi acara. Terus mau lanjut explore Candi Prambanan. Tapi beneran donk udah banyak yang tag tempat jadi kita buru-buru ambil tempat juga. Kita pilih posisi kiri depan panggung bagian kiri meski ga paling depan juga.

Padahal sayang banget sih itu tiket Candi Prambanannya kita juga bayar meskipun setengahnya. Sayang ga sempet liat-liat candinya.

Pas masuk kita poto-poto dulu donk. Area pintu masuk tu keren sih menurutku. Karna siang jadi belum terlalu terlihat. Pas malem lebih keren lagi.

(Kalo siang masih sepi foto di sini. Pas malem antriannya panjang bener.)

Disana ada panggung-panggung kecil. Satu ada di booth bazar dari iKonser, kedua yang masuk rundown acara yang view nya juga menghadap ke Candi Prambanan.

Saat itu yang sedang perform Stevan Pasaribu, yang lagunya lagi hits banget kan. Beruntung banget bisa liat sedekat itu.

(Stevan Pasaribu "Ternyata belum siap aku...")

Selain itu ada hal yang paling bikin penasaran yaitu booth makanan yang menjembreng panjang banget dengan aneka makanan kekinian yang menggoda iman dan keuangan. Tapi siang itu belum beli apa-apa sih, meski udah ngincer juga mau makan apa. huhuhu

Saat itu yang baru perform ada Menjelang Pagi terus lanjut Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk. Ku pikir bakal jogged ya bagian Ndarboy Genk ternyata emang full of jazz.

Baru kali itu denger Kukuh Kudamai. Lagu-lagunya unik, easy listening, dan ga jauh-jauh temanya dari hujan dan mendung.

(Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk)

Selanjutnya ada perform dari Melancholic Bitch. Jujur baru kali itu ku mendengar nama band ini. Tapi perform mereka cukup menghibur dengan lagu-lagu syahdu dan energic.

(Melancholic Bitch)

Setelah itu baru deh perform dari musisi-musisi yang aku kenal. Ada si ganteng kalem Ardhito Pramono. Yang aku kira bakalan ngantuk nontonya ternyata aku melek juga.

Aslinya perform Ardhito Pramono secara live ini keren banget deh dengan full band. Dia juga banyak interaksi dengan penonton. Sedikit bahas tentang dia yang baru keluar dari penjara. Nonton Ardhito Pramono ini bikin adem.

(Ardhito Pramono)
Abis Ardhito Pramono perform ada istirahat sejenak karena magrib. Nah pada momen itulah kita manfaatkan untuk foto-foto depan panggung. Mumpung Candi Prambanannya masih keliatan. Keculai kamera kamu bagus banget yah biar sampe malem pun candinya masih keliatan.

(Break menjelang magrib)
Akhirnya setelah melewati siang hari yang terik, suasana di sini adem juga. Jadi suasana depan panggung kayak gini. Kita penonton Roro Jongrang duduk sesuai dengan kecepatan pengambilan kursi. Semakin sore kamu dateng, semakin belakang pula tempat duduk yang didapatkan.

Saran aku sih, pilih kursi yang ujung biar mobilitasnya gampang. Kan acara lebih dari 7 jam yah. Bisa aja mau ke wc, sholat, jajan. Jadi mending ambil posisi ujung biar ga ribet lewatin orang banyak.

Lanjut ke performance abis magrib itu ada Andien, pasangannya Aldebaran. Ya bukan donk. Ini Penyanyi ebooknya Kawa dan Tabi. Yang pada malam itu cantik banget donk hey.

Jadi Andien ini pake kostum kebaya yang luarannya pake beskap jawa. Jadi paduan ini itu bikin Andien cantik anggun mempesona gitu. Dia nyanyi beberapa lagu terus kan ada lagu duet sama Pasha yang judulnya Saat Bahagia. Di momen itu dia buka beskapnya dan makin cantik dengan kebayanya.

Andien cerita kalo dia ngajak Ardhito buat duet lagu ini tapi Ardhito lagi kurang enak badan. Jadi Andien duet sama backing vokalnya yang suaranya mirip dengan Pasha donk.

(Andien)

Dan setelah Andien, ada Diskoria feat Fariz RM. Kan aku taunya diskoria feat Eva Celia. Plus beberapa lagu lainnya.

Nah jadi konsepnya tuh kayak karaoke gitu loh, mereka playing the music dan kita sing a song together.

Paling pecah pas lagu Chrisye lah. Kan itu emang paling hitsnya.

Pas bagian Fariz RM, ga ada satupun yang aku tau lagunya. wkwkwk jadi ya ku main hp aja sambil angguk-angguk kepala. Jujur bagian Diskoria feat Fariz RM ini aku malah mengantuk.

Setelah Diskoria feat Fariz RM, hal yang paling aku tunggu-tunggu pun tiba. Yups, Maliq & D'Essentials guys. The reason why I came here, because of Lale. hahaha

Jujur pada saat mereka tampil tuh aku udah rada ngantuk yah. Sampe-sampe aku bilang "eh kok itu bukan Angga yang nyanyi".

Temanku pun menyadarkan " Ya itu Angga lah".

Setelah diliat-liat lagi ya itu Angga. Gimana sih ini kan Maliq & D'Essentials, masa tanpa Angga. huhuhu ngantuk.

Abis Angga di sini keliatan kurusan gitu loh, sampe aku ngira itu bukan Angga. Tapi tetep sih Lale si paling ganteng paling mempesona diantara yang lain.

Perform Maliq & D'Essentials percis sama dengan yang aku tonton di YouTube. Lagu pembuka Setapak Sriwedari dibawain sambil lambai-lambaikan tangan.

Oh God, yang selama ini cuma bisa nonton di YouTube akhirnya bisa nonton langsung. Saking jadi fans dadakan, aku baru tau loh mereka ternyata remake lagu Aku Cinta Kau dan Dia. hadudu

Well, aku ga tau sih kata apa yang tepat untuk mendeskripsikan performance mereka. Keren banget, ga kerasa bentar banget. Lagu Drama Romantika yang aku pengen nonton live ternyata ga dibawain ya mungkin karna durasi.

Nonton Maliq & D'Essentials tuh kayak dikasih bonus nonton Kamga. Ya meskipun di sini posisinya jadi backing vokal ya.

(Focus on Lale, guys. A handsome one)

(When Kamga got a spotlight)

(Angga baik banget nyamperin sisi kiri)
Dan performance Maliq & D'Essentials pun berakhir setelah lagu Pilihanku. Aslinya ga kerasa banget loh mereka secepat itu performnya.

Kayak belom puas, masih banyak lagu yang belum dibawain. Masih pengen liat Lale lebih lama. huhuhu

Lalu tibalah di performance terakhir yaitu Pamungkas. Yang sebenernya bikin bingung kenapa Maliq & D'Essentials ga ditaro diakhir aja ya kan. Secara lagu mereka lebih bikin goyang.

Aku baru pertama kali juga liat Pamungkas live. Sebagai yang tau lagunya cuma To The Bone, jadi ya sebenernya ga terlalu excited juga.

Tapi coba nikmati dulu. Ternyata aku lumayan tau lagu yang dibawain. Meskipun ada banyak juga yang ga tau. Mungkin karena Pamungkas ada album baru dan dia lebih milih promoin lagu barunya.

Saat Pamungkas perform tuh ada banyak yang pulang satu persatu. Antara emang ga nikmati musiknya, yang penting udah dapet konten trus pulang, atau emang ga mau macet di parkiran pas pulang.

Dengan berakhirnya Pamungkas, berakhir pula konser Prambanan Jazz Festival hari pertama. So much fun in that day.

(Pamungkas in action)
So far Prambanan Jazz Festival ini berjalan tepat waktu ya di hari pertama. Ga nyangka juga jam 10 udah kelar. Bener-bener yang perform tu sesuai dengan jadwal.

Penonton di area Roro Jonggrang tertib dan ga kampungan. Ga ada tuh yang berdiri-berdiri ganggu penonton belakang. Eh tapi ga tau yah kalo ternyata ada. Tapi pengalaman ku ga nemuin yang kayak gini.

Yang lain-lain di Prambanan Jazz Festival. Mari kita telusuri mulai dari jajanan yang ada di sana. Karena emang kita ga dibolehin bawa makanan dan minuman dari luar maka di dalam sini terdapat surga makanan.

Makanan yang dijual tuh kebanyakan ala Korea, Jepang, Thailand gitu. Ada juga sih makanan Indonesianya tapi yang emang keliatan indah dimata tuh makanan asia gitu. Untuk harga relatif sama kisaran Rp 30 ribuan keatas. Untuk minum itu Rp 10 ribu.

Selain itu hal penting lain dalam Prambanan Jazz Festival ini adalah fasilitas toilet dan tempat sholat.

Toiletnya banyak dan tersebar di beberapa titik. Tapi musolanya cuma satu dan kecil untuk ukuran acara gede. Jadi pas sholat tuh antri banget, apalagi sholat magrib. Tempat wudhu nya juga ada dua lokasi jadi ga terlalu antri, masalahnya kurang gede dan kurang nyebar aja nih musolanya. Harusnya ada di deket panggung utama dan di depan pintu masuk ya. Biar ga jauh banget kalo mau sholat dari panggung utama ke pintu masuk.

Ada banyak hal menarik selain di panggung utama. Mungkin emang lebih baik dateng lebih awal jadi bisa explore tempat lebih dulu.

(Aneka jajanan yang dijual di Prambanan Jazz Festival 2022)

(Area kulineran)

(Suasana sore yang enak buat duduk-duduk sambil ngerokok atau gibahin mas-mas ganteng yang kebetulan lewat)

(Area panggung kecil yang bagus juga saat menjelang magrib gini)

Tips menuju Prambanan Jazz Festival:
  1. Pastikan beli tiket yang paling mahal biar dapet spot paling depan. Ya meskipun aku dibayarin ya.
  2. Dateng cepet buat tag tempat. Ada panitia yang sediain kertas buat nandain tempat duduk kita udah ada yang punya.
  3. Pastikan makan dulu sebelum masuk lokasi acara karena harga makanan satu porsi mulai dari Rp 25-30 ribu. Tapi kalo tujuannya emang pengen jajan ya siapin aja uang yang banyak. Dan di sini ga bisa cashless. Aku tanya 3 penjual emang harus cash sih.
  4. Bawa jas hujan bila sewaktu-waktu hujan. Pas aku alhamdulillah sih ga hujan.
  5. Bawa mukena sendiri buat perempuan biar sholatnya nyaman. Di sana juga disediain mukena, tapi bukankah lebih nyaman dengan mukena sendiri.
  6. Pake ootd ternyaman
  7. Pake topi, kaca mata, sunscreen, masker. karena siang hari itu matahari masih terik-teriknya. Ga mau kan gosong pulang acara.
  8. Usahain jangan banyak minum biar ga ke wc mulu. WC nya sih dibilang nyaman ngga, dibilang ga nyaman juga ngga. Ya selayaknya WC darurat aja.
  9. Buat yang tinggal diluar daerah, mungkin bisa nginep di deket Prambanan. Jadi ga repot buat urus transportasi. Penginapanku sendiri deket banget dari pintu masuk. Tinggal jalan kaki ke area Prambanannya.
Segitu aja cerita Prambanan Jazz Festival hari pertama. Semoga ada rezeki lagi buat bisa nonton tahun depan. Aamiin.