Catatan Jurnalis Magang : TeHaeR Pertama

(sepatu baru. nokha)

Bicara soal tehaer, sebenernya aku udah dapet tehaer dari dua minggu sebelum lebaran. Ga banyak sih, tapi Alhamdulillah cukup buat beli sepatu impian dari lamaaaa. Sepatuku itu keren banget loh. Warna navy gituh. Nyaman banget pas dipake. Lembut juga bahannya, selembut belaian kasih bunda.

Abis aku dapet tehaer dari kantor eh aku dapet juga dari mamak. Ih, aku jadi enak. Harusnya kan aku yang ngasih ya tapi ini aku udah kerja malah masih dikasih tehaer. Ya allah haramkanlah orang tuaku dari api neraka.

Uangnya buat investasi emas. Dikit sih ga semua. Soalnya aku lagi ga ada uang banget. Maklum gaji kedua kemaren aku pake buat beli hp.

Ih, aku ini ngomongin barang-barang yang baru aku beli mulu yah. Sombong ga sih.

Aku mau ngomongin soal tehaer di daerahku, jambi. Yaitu tentang tehaer dalam bentuk minuman kaleng.

Sebagai orang yang pernah merantau, tentu saja aku pernah merasakan berlebaran di kota orang. Sebelumnya aku ingin menceritakan dulu tradisi lebaran di jambi. Sejak kecil aku selalu mendapatkan tehaer berupa uang dari orang tua, om, tante, kerabat orang tua dan siapapun yang mau ngasih aku tehaer. Aku ingat untuk ukuran anak kecil waktu itu tehaer ku lumayan banyak. Bisa diatas lima ratus ribuan. Seiring berjalannya waktu akupun tumbuh menjadi gadis belia nan cantik jelita juga ceria. Seiring perkembanganku itu maka pemasukan tehaer dari tahun ke tahun menjadi menurun. Tapi gapapa orang tuaku lah yang dengan konsisten memberikan tehaer ditiap tahunnya meski aku sudah lulus kuliah dan bekerja.

Selain tehaer dalam bentuk uang, ada  juga teahaer dalam bentuk minuman kaleng. Minuman kaleng dalam jenis apapun, biasannya sprite, fanta, coca cola, itu sangat mendominasi dulu saat aku kecil. Sekarang udah ada sarang burung wallet yang diproduksi Malaysia juga mendominasi. Setiap rumah pasti ada minuman kaleng. Bahkan di tiap perusahaan, instansi pemerintahan memberikan tehaer karyawannya berupa minuman kaleng. Kalo dirumahku, bisa stok hingga lebih dari sepuluh dus minuman kaleng biasannya. Keren kan.

Nah, beda saat aku kuliah di bandung dulu. Saat abis lebaran aku bawa minuman kaleng ke kampus. Mereka pada heran, mereka kira aku punya produksi minuman kaleng dirumah. Terus mereka tuh kayak pada exited gituh pas aku bawa, kayak yang mewah banget. Padahal aku udah sakit tenggorokan gara-gara keseringan. Pas aku Tanya, emang di bandung ga ada kayak gini kalo lebaran, mereka jawab ngga. Owalah, ternyata begitu toh. Aku baru sadar kalo tehaer minuman kaleng ini hanya ada di wilayah sumatera, pelembang, lampung, riau. Cuma itu yang aku tau. Tapi ga tau daerah lain kayak gimana.

Pas aku merantau ke pare, Kediri juga gitu. Aku punya banyak teman dari berbagai daerah. Pas cerita tentang tradisi lebaran, mereka bilang ga ada di daerah meraka tradisi minuman kaleng gitu. Aku merasa bangga. Hahaha. Paling hanya sirup. Ga rame lebaran di mereka mah.

Nah, hal itulah yang membuat ku liputan tentang tradisi tehaer minuman kaleng ini. ga tau sejak kapan dan siapa pencetusnya, yang jelas tradisi ini tidak terjadi di semua daerah.

Selamat idul fitri 1438 hijriah. Mohon maaf lahir dan bathin.

Lebaran pertama dan kedua dirumahku ada bakso. Silahkan mampir untuk silaturahim.

Mumpung momen lebaran, jadi gratis.


Iya gratis, seperti jatuh cinta…

Komentar