Terima Kasih 2022

Fvck keyboard laptop eror karna huruf h nya ilang. Jadi tulisan ini dibuat lebih dulu tanpa huruf h. Baru kemudian diulang dengan menyertakan huruf h. Padahal laptop ini baru setahun. hadeuh

Tumben ya memulai tulisan dengan umpatan. Walau sebenernya ga kesel-kesel amat sih.

Hi, udah mau 2023 aja nih. Seperti biasa, aku akan mereview ulang apa-apa saja yang udah aku lakuin selama 2022 ini.

Review ini bersifat pribadi untuk mengenang bagaimana ku hidup setahun ini. Melewati hari demi hari yang tiba-tiba membawaku ke penghujung tahun. Agar supaya perkataan “hidup kok gini-gini aja” bisa terpatahkan karna nyatanya ada banyak hal juga yang aku lakuin di tahun ini.

Tulisan di tahun ini lumayan dari tahun sebelumnya. Hmm tapi yang ga tertulis juga jauh lebih banyak kayaknya.

Dimulai dengan yang paling higligth yaitu perjalanan ke Tumpak Sewu. Perjalanan ini jadi yang paling berkesan selama 2022 karena Tumpak Sewu adalah tempat yang paling aku pengen datengin dari masa kuliah, tapi baru kesampean di 2022 ini.

Cerita Tumpak Sewu bisa dilihat di sini >>> TUMPAK SEWU

Setelahnya adalah hal yang udah lama banget ga aku lakuin dan akhirnya kayak jadi rutinitas dari tengah tahun sampe penghujung tahun, yaitu konser. Dimulai dari Prambanan Jazz Festival sampe konser Mahalini di Jambi.

Ya cerita Prambanan Jazz Festival ini sebenernya satu line sama cerita Tumpak Sewu. Ini cerita lengkapnya >>> Prambanan Jazz Festival

Tentang konser tahun ini jadi hal paling berkesan kedua setelah Tumpak Sewu karna kangen banget nonton konser setelah pandemi 2 tahun. Setelah Prambanan Jazz Festival ada konser im3 yang ngedatengin Sal Priadi, Barasuara dan Fiersa Besari. Setelah itu ada Ran dan Diskoria. Lanjut ada Feel Koplo dan Kunto Aji. Dewa 19, Armada dan Mahalini.

Nah, dari semua konser itu yang paling berkesan banget itu Feel Koplo ya. Kayak wow banget gitu dari segala sisi bukan hanya dari factor artisnya. Feel Koplo ini diadain di Teras Mendalo. Mulai dari pintu masuk sampe konser berlangsung, semuanya kayak menyenangkan. Penyelenggara konser terbaik sejauh ini menurut aku ya di Teras Mendalo.



Ga bisa dibandingin dengan Prambanan Jazz ya, kan di sana udah jauh lebih professional juga. Berkesan banget juga karna jauh dari rumah dan ada Maliq d’essentials.

Setelah konser ada pencapaian terbaik di tahun ini. Yaitu pasang behel dan beli rumah KPR subsidi. Hehehe…

Sebenernya niat tahun ini Cuma pasang behel ya. Tapi ntah kenapa, rasa sedih ku karna selalu gagal beasiswa malah membuat rencana-rencana baru yang menguras keuangan ya.

Aku juga bahkan ga sadar kalo ga selalu diingetin temen ku Suci, kalo aku jadi aunty rich bagi anaknya. Karna menurutnya tahun ini aku terlalu hedon dengan pasang behel, beli rumah, dan jalan-jalan ke Jogja.

Tapi ya udah lah ya, udah kejadian ini. Walau setelahnya akupun bertanya-tanya kenapa aku ngelakuinnya. Fufufu.

Tentang behel, sebenernya aku tu dari dulu pengen pasang behel kan dari SMA. Cuma ga diturutin sama orangtua karna menurut mereka itu mahal.

Nah, suatu hari aku gagal beasiswa, lagi. Aku sedih donk. Trus aku pikirin hal apa yah yang aku pengen banget lakuin dari dulu tapi belom kesampean. Aku teringat akan behel ini. Aku pasang behel untuk menutupi kesedihan karna gagal beasiswa sebenernya. Jadi lah aku pasang behel di bulan April sebelum puasa.

Rasanya sakit, senyum ku jadi aneh. Tapi lama-lama tetep aja aneh. Pokonya sampe sekarang masih aneh deh rasanya.

Kalo soal beli rumah, aku tu punya rencana dari lama buat beli rumah. Dari awal kerja malah. Tapi tahun ini rasanya kayak lebih menggebu-gebu gitu buat beli. Udah dapet lokasi yang dipengen, developer yang inshaallah terpercaya, dan yang paling penting suntikan dana dp dari ayahanda. Maka jadilah aku beli rumah dengan cicilan 20 tahun lamanya.


thanks to dinamic duo yang bantu-bantu menyikat rumah

Prosesnya luar biasa yah. Terlebih aku sendirian. Fufufu. Kek kalo capek harus nyender ke sapa gitu kan. Tapi semua dilewati juga mulai dari survey lokasi, riset developer, nyiapin dana sisa dp, beli materai, akad, sampe serah terima kunci di bulan November ini. Jadi deh aku sekarang sebagai pejuang KPR selama 20 tahun kedepan.

Cerita antara rumah dan jalan-jalan jogja ini nyatu sebenernya. Karna aku menganggap nyicil rumah 20 tahun itu bakal susah payah sehingga aku menganggap jalan-jalan jogja adalah kesenangan terakhir sebelum mengirit selama 20 tahun. Fufufu. Walau tabungan jebol, tetep dilakuin dengan puol.

Hal-hal lain yang aku kelompokin agar supaya mudah dicerna oleh diriku sendiri.

Gambar Jelek

makasih teman-temanku selalu siap sedia jadi objek tanpa diminta, lebih tepatnya terpaksa ya

Gambar jelek adalah keisengan yang membuatku senang di awal tahun 2022 karna ya iseng aja. Akutu insecure ya karna ga bisa gambar. Tapi ternyata seneng juga karna ketika aku memang berniat untuk gambar jelek, jadi ga ada pressure untuk dibagus-bagusin. Aku gambar sebisa aku aja dan itulah hasilnya, jelek. Fufufu

Makanan Favorit

Tahun ini kayaknya ada banyak makanan yang aku suka. Urutan ini bukan berdasarkan yang paling enak tapi random aja dan aku anggep semuanya enak dan berkesan.

Ada mie Ayam Bangka yang jadi favorit karna harganya Cuma 15 ribu dan porsinya lumayan banyak. Rasanya enak dan pedas. Ayamnya manis, kuahnya gurih dan paduan semuanya jadi bikin aku beli ini berkali-kali.

Ada lawless burger, oh tentu saja ini enak banget dan tahun ini aku tiga kali makan lawless. Pertama pas singgah di Jakarta sebelum lanjut ke Jogja, kedua dan ketiga nitip hilda karna dia ke Jakarta buat beliin aku lawles.

Ada croffel almond, bukan aku yang beli tapi hilda. Tapi rasanya enak banget dan buat aku jadi beli sendiri. Asli deh itu croffel terenak di dunia menurut aku. Harganya mahal banget juga jadi ga bisa sering-sering belinya.

Ada Korean bbq, yang kayaknya cuma dua kali deh aku beli. Itu tu sebenernya buat dua orang aku makan sendirian. Itu enak, tapi mahal makanya jadi ga beli-beli lagi hihihi

Ada ayam geprek hba. Rasanya ga konsisten tapi lumayan sering makan di sini karna samsul. Kadang tepungnya enak kadang ga enak juga. Yang paling penting sambelnya mantep banget. Sayang aja rasanya ga konsisten.

Ada mcd. Kaget ga mcd masuk dalam kuliner of the year versi aku. Bukan karna rasanya tapi karna harganya. Ada promo yang aku dapet di twitter yaitu 4 ayam, 2 nasi dan 2 minum Cuma 50 ribu. Bisa kurang lagi harganya kalo dapet promo gopay.

Ada seblak mama qila yang ditemukan secara random karna samsul mau habisin koin gopay dia. Ternyata kita kenal sama yang punya. Rasanya enak kayak yang biasa dibuat midun temen aku di bandung.

Ada nasi goreng putih kedai ode yang jadi andalan aku akhir-akhir ini. Aku suka banget nasi goreng putih ini karna enak. Setelah tau harga aslinya diluar grab, jadi lebih suka lagi karna ternyata murah. Fufufu.

Fim dan Series Favorit

Aku bisa dibilang jarang nonton tapi tetep nonton. Atau nonton tapi males review juga kali ya. Jadi pengarsipan film dan series tahun ini ga banyak tapi lebih mending dari tahun sebelumnya.

Untuk series ada drama Korea Twenty Five Twenty One yang aku kedaleman nontonya sampe bikin alternate ending segala. Sampe-sampe video music paling banyak di tonton di youtube wrap aku itu nomor 1 nya soundtrack drama ini. Bisa diliat di sini tentang alternate endingnya >>> Twenty Five Twenty One

Review instagram >>> Twenty Five Twenty One

Untuk film aku agak bingung ya karena banyak yang bagus. Aku pilih Wakanda Forever karna belom nonton Avatar 2. Fufufu

Review instagram >>> Wakanda Forever

Lagu Favorit

Lagu yang jadi soundtrack taun ini ga bisa diliat dari Spotify karena ganti-ganti akun. Tapi inget banget tahun ini lagu Tulus jadi soundtrack banyak orang. Nah termasuk lah aku.

Ada dua lagu Tulus yang menurut aku jadi “ulis banget nih”. Itu judulnya Interaksi. Sampe pernah ada masa aku galau banget dan Cuma bisa nulis lirik lagunya berkali-kali, berlembar-lembar, saking lirik itu mewakili perasaan ku banget. Kebayang ga galaunya kayak apa.

Lagu kedua ada Nala, ya liriknya, video klipnya, aku banget.

Buku Favorit

Tahun ini sedikit membaca buku karena emang ga  ada buku yang dipengen banget. Jelang akhir tahun jadi banyak inceran buku tapi ga bisa dibeli semua.

Aku baca Norwegian Wood yang sebenernya ga selesai karna bosen. Lanjut beli buku puisi yang belom dibaca semua juga. Terus ada IKIGAI, yang overated menurutku atau emang bukan tipe buku yang aku suka.

Selanjutnya ada novel Janji dari Tere Liye yang biasa aja juga. Kayaknya itu novel terakhir yang aku beli dari karyanya Tere Liye karena alurnya templete banget kayak novel-novel dia sebelumnya.

Terus ada Gadis Kretek yang menurutku paling berkesan deh di tahun ini. Beli ini karena penasaran katanya mau jadi series di Netflix.

Quote Favorit


Potret Diri Favorit


Gambar-gambar random tapi sayang

pertama kali ngegym, tapi tetep joging my favorit sport

kangen naik kereta, kangen jam matoa yang ilang di bandara

setelah 5 tahun kerja baru berani ikut UKW. susah tapi seneng

travelmate concermate

still be

ga pernah nyangka bakal pisah sama fitri, kadang kangen pen ngebully

pertama kali nonton bareng rada ramean

jumpa kadang-kadang tapi sambil makan

2022 juga banyak gagalnya tapi gpp

suasana joging awal Januari 2022 dan Desember 2022

sampai jumpa di tahun selanjutnya

Komentar