Kisah dari Jogja: Terpesona dengan Locker Penyimpanan Barang

Sebenernya liburan kali ini ga berniat untuk pergi ke Jogja. Tapi karena udah jauh-jauh ke Prambanan Jazz Festival kok ga keliling-keliling Jogja jadi aku pun akhirnya melakukan aksi jalan-jalan khas turis.

Pagi hari, masih ada waktu sampe jam 12 siang sebelum check out hotel. Jadi masih sempet untuk cari konten jalan-jalan di Prambanan.

Aku sama Hilda masih bingung mau kemana setelah check out hotel karena kereta perjalanan selanjutnya itu jam 9 malem. Lumayan kan dari jam 12 siang menuju jam 9 malem.

Tapi saat itu kita putuskan sambail jalan-jalan di Prambanan dulu aja. Barangkali ada hal yang lebih menarik dikunjungi sambal nunggu kereta ke Malang.

Meski sebenernya rada kurang efektif secara biaya dan waktu tapi ya jalani aja kan. Untung aku cukup tidur dan minum vitamin agar supaya perjalanan ini ga bikin sakit kepala eh tapi bikin sakit perut juga karena biasalah masalah perempuan yang tiap bulan harus menstruasi. Huft

Inilah Candi Prambanan dan kisah dibalik pembangunanya. Magical romantic. Dari rasa cinta aja bisa dibangun candi yang bertahan hingga aku traveling ke sana. I love the detail in every construction.

Setelah puas foto-foto (bikin konten), kita pulang ke penginapan karena ada temanku yang menghampiri. Dia yang aku sebut Kak Nirma, yang di biasanya aku temui dia di Bandung tiba-tiba dia ada di Solo. Karena aku paksa dia mau juga nyamperin ke Jogja. Huhu baik.

Eh tapi perjalanan menuju pintu keluar lumayan jauh juga ya. Dan kita harus melewati area oleh-oleh yang sebenernya aku ga ada rencana belanja oleh-oleh tapi malah beli juga. Marketing yang bagus.

Sampai di hotel aku ketemu Kak Nirma, bergibah ceria, sementara Hilda sibuk dengan mainan barunya. The stupid thing that I suggest her to buy. Kenapa juga aku suruh beli ya.

she called this things uwing-uwing
Hilda pengen banget nyoba sambal khas Jogja yang jualnya mbah-mbah. Kata Kak Nirma biasanya yang jual kayak gitu banyak di Pasar Bringharjo. Maka kita pesanlah transportasi online yang berhentinya di area Malioboro aja.

Setelah berberapa kali ganti tempat pemberhentian, akhirnya kita memutuskan untuk berhenti di sebuah tempat penyimpanan barang sebelah stasiun tugu. Namanya Shower and Locker. Jujur menurutku ini adalah bisnis paling jenius yang pernah aku temui.

Bagaimana bisa tempat ini menjawab semua keluh kesah aku sebelum berangkat lagi menuju Malang.

Kita ga mau bawa-bawa barang berat sampe jam 9 malem, tapi kita juga ga mau nyewa hotel. Tempat ini nyediain penitipan barang yang dibayar per jam.

Jadi perjamnya kita harus bayar Rp 20 ribu, kalo diatas 9 jam bayar 90 ribu. Karena kita ga mungkin sejam doang jadilah kita nyewa loker ini selama 9 jam.

ada lebih dari 40 loker buat nyimpen barang
Tempatnya ga besar tapi ada banyak ruang-ruang loker untuk nyimpen barang. Sayangnya aku ga masuk ke area pemandiannya jadi ga bisa nunjukin kayak gimana kamar mandinya kalo mau numpang mandi di sana. Kalo mau mandi bayar Rp 40 ribu.

Ruang penyimpanannya cukup besar karena tas aku cariel 30 liter dan tas hilda 20 liter muat masuk ke sana. Kita Cuma dikasih kesempatan untuk buka loker satu kali dan tutup loker satu kali. Jadi jangan ada yang ketinggalan dalam loker sampe waktu yang ditentukan.

Pembayarannya via kartu, karena kita di Jambi ga terbiasa pake kartu jadi sama pegawainya dipinjemin. Kartu itu bisa diisi di Indomaret yang lokasinya sebelahan dengan Shower and Locker.

Karena ada Kak Nirma yang bantuin katanya bisa pake banking aja jadi ya udah kita isi kartu itu dengan banking dari Hilda. Wow thanks technology.

Setelahnya kita pun hanya bawa barang penting seperti dompet dan kamera untuk segera cari sambal-sambalan yang dijual mbah-mbah seperti yang Hilda mau. Tapi ya namanya punya temen random, tiba-tiba aja dia nunjuk tempat makan sebelah Shower and Locker itu aja. Ok great choice.

Abis makan itu masih jam 2 siang. Oh waw masih ada 7 jam lagi menuju jam 9. Karena Kak Nirma masih harus lanjut perjalanan ke Semarang jadi kita berpisah setelah makan. Good bye Kak Nirma, makasih udah mau nyamperin dari Solo ke Jogja meski tujuan sebenernya adalah Semarang.

Dan kegabutanpun mulai kembali. Untuk pertama kita kunjungi Jalan Malioboro. Deket kan tuh dari sewa loker tadi. Aku duduk dan menggambar di sana. Bosen. Lanjut lagi ntah kemana pokonya jalan terus sampe masuk-masuk gang terus keluar lagi. Ketemu lah kita dengan pasar Bringharjo dan kita masuk ke sana.

Ketemu lah sama mbah-mbah yang jual makanan di pinggir-pinggir jalan gitu. Tapi karena kita udah kenyang jadi beli wedang ronde aja. Teteup ya makan walau bilangnya udah kenyang.

Singkatnya siang itu kita jalan dari Malioboro – Pasar Bringharjo – Taman Budaya – Monumen Satu maret – Malioboro. Kembali lagi ke tempat makan siang tadi untuk nyobain kopi jos. Apakah waktu sudah menunjukkan pukul 9 malam? Oh tentu belum pemirsa. Itu masih jam setengah 7. Jadi aku makan lagi aja dipinggir jalan itu karena ada yang jual angkringan sampe waktu menunjukkan pukul 8. Barulah kita ambil barang ke tempat sewa loker tadi dan lanjut menuju stasiun tugu.

Di sana masih harus nunggu lagi dong karena belum jam keberangkatan. Waktu nunggu itu aku pake buat ke toilet. Karena toiletnya ngantri lumayan lama jadi ya gpp keluar toilet langsung berangkat. Huhuhu.

Begitulah kisah di Jogja yang banyak jalan kakinya. Itung-itung pemanasan sebelum besoknya kita ke Tumpak Sewu kan. Kalo di Jambi mana mungkin sih mau jalan sejauh itu.