kenapa harus bandung...

hi hallow...
sebelum bobo cantik mari kita menuliskan lagi apa yang sudah lewat. iya nih sok sibuk makanya baru bisa nulis tentang ini. jadi akutu dua minggu lalu berkesempatan mengunjungi bandung lagi. ga nyangka sih keinginan yang aku tulis di awal tahun begitu cepat terwujud diakhir bulan Januari.

terwujudnya hal ini berkat sesuatu yang luar biasa. yang nanti aja di postingan selanjutnya aku ceritain. intinya jalan-jalan kali ini mendapat tiket gratis pulang pergi jambi-jakarta. kan ku tinggal mikirin biaya hidup di bandung selama lima hari. mayan uga sih

kenapa harus bandung? kangen tau sama bandung.
seperti kata pidi baiq, dan bandung bagiku bukan hanya masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi.

kan ku pernah tinggal di bandung semasa kuliah di 2011-2015. sempet pergi dari bandung dan akhirnya kembali lagi di 2016. dan setelahnya belum pernah balik lagi ke bandung. gimana yah, kangen aja gitu rasanya sama tempat yang punya banyak kenangan disana.

selama disana mungkin lebih tepatnya kebanyakan me time, ga mikirin kerjaan, bener-bener refresh dari segala deadline. selain itu juga tentunya ketemu sama temen-temen yang masih betah di bandung ataupun yang emang domisili bandung.

awal nyampe yang aku hubungi adalah ka nirma. temen ketika aku di pare dulu. dia lagi s2 di ITB dan lagi sibuk-sibuknya ngerjain tesis. tapi nyempetin waktunya buat ketemu aku dan ngajakin aku jalan-jalan.

pas nyampe bandung aku nginep di kosan dia kan. dia tuh bisa banget gitu semaleman ga tidur. apa karna ada aku makanya ga tidur??? hehehe

besoknya baru aku jalan-jalan sama ka nirma ini. aku mintanya jalan yang jauh dan yang belum pernah aku datengin. tapi ternyata kondisi fisik lagi tidak memungkinkan. aku ringkih banget keadaanya. jadi aku ganti rencana buat jalan-jalan cantik dan tidak bikin capek.

rutenya adalah baksil, balkot, naik bandros, chinatown, beli sepatu dan kineruku. tapi ga jadi beli sepatu karna waktunya ga ada. uangnya juga ga ada. haha

aku dan ka nirma (orang solo kelakuan bonek)




kenapa tertarik buat ke sini karena kalo liat di twitter @infobdg mereka tu suka pake background baksil ini untuk ngingetin solat zuhur. terus juga isyana sarasvati pernah kesini. jadi aja kan aku pengen juga. dulu tuh 2015 belum ada deh dibikin jalan kayak sekarang.

asik sih jalan jauh tapi tetep ga berasa karena pemandangan hijau semua. ditambah tiap dua langkah foto. jalan-jalan kesini ini free. paling bayar parkir kalo kamu bawa motor atau mobil. dan bayar kalo kamu mau jajan.

setelah dari baksil lanjut ke balai kota. dulu 2015 belum ada deh balkotnya sebagus ini. inget tuh dulu pas hari es krim. aku, si kodok, sama teh dewi berburu es krim di balkot. tamannya jadi rusak karna diinjek-injek sama warga da rame pisan. panitia ga bisa handle jadi we ridwan kamil marah-marah waktu itu.

tapi sekarang mah udah bagus lagi. pohonnya gede, rindang, bikin bersih paru-paru, berasa punya banyak stok oksigen.

disekitaran balkot tuh banyak spot-spot foto yang instagramable. banyak anak muda yang suka latihan dance juga. pokoknya memanfaatkan ruang public dengan baiklah.

karna waktu itu hari jumat. jadi kalo mau naik bandros jadwalnya setelah jumatan. sekitar jam 1. bandros tu udah ada dari dulu di bandung. tapi baru kali ini nyobain. kalo masuk balkot man gratis, kalo naik bandros bayar Rp 20 ribu. tapi udah bisa jalan-jalan keliling sekitar 1 jam lah.


aslinya ngantuk sih karna kan cuma duduk aja. terus bapaknya tuh ngejelasih aja kayak tour guide. pokoknya yang bikin aku melek tuh pas ngelewatin SMA 20, tempat shooting film dilan. tapi ga keliatan banget sih da dari jauh.

nah setelah ngantuk naik bandros lanjut lagi ke chinatown. ke sini bayar Rp 30 ribu. sebenernya wktu yang lama kalo mau ke sini karna banyak spot foto yang keren. sayangnya waktu itu kita udah laper banget dan hari sudah mau hujan. kita harus bergegas ke kineruku.

beberapa spot foto di chinatown


sore hari, lanjut ke perjalanan terakhir ke kineruku. dulu, kineruku jadi tempat favorit selama di bandung. aku bisa ngabisin waktu seharian disini untuk sekedar bengong, baca buku, ngerjain skripsi, makan nasi goreng.

aku bahkan punya impian buat kineruku di rumah. karna emang nyaman banget berada di sebuah ruangan dengan banyak buku. tapi fotonya ga ada ih. kita tu waktu itu sibuk makan aja. mana sore, ujan, laper. lengkap deh buat duduk nognkrong berlama-lama. lagi pula waktu itu sedang rame banget jadi asa ga terlalu leluasa mengeksplorasi tempat.

yah gitu deh perjalanan ke bandung. seru, kangen, pengennya seminggu sekali ke bandung. tapi tiketnya mahal.

terima kasih ka nirma udah mau-maunya nampung aku di kosan, ngajakin jalan, pinjemin baju tidur, dan lain-lain yang ga terungkapkan. semoga bisa jumpa lagi di traveling selanjutnya. berbagi cerita tentang kisah hidup yang begini-begini saja tapi bikin bahagia.

Komentar