Ketika Sahabatmu Menikah...


Ada perasaan kehilangan saat satu persatu sahabat aku mulai menikah, ada rasa sedih karena mungkin dia udah ga bisa kayak dulu lagi, tapi liat dia ada di pelaminan bersama orang yang dia pilih membuat rasa sedih itu lebur dan aku merasa bahagia sahabatku akan bersama orang yang akan selalu menjaganya, membahagiakannya, mendampinginya, seumur hidupnya.
 
Aku seneng sih liat orang yang aku tau kisah cintanya kayak gimana dari awal, kemudian dia berakhir di pernikahan, puncak tertinggi dari sebuah rasa nyaman.

Ikut sedih ketika dulu dengerin dia curhat tentang patah hatinya, rasa kecewanya, dan liat air matanya aku cuma bisa kasih tisu, paling banter kasih bahu. Dan cuma bisa nanggepin curhatannya yang panjang lebar dengan “sabar ya, nanti pasti dapet yang lebih baik.”

Ikut seneng ketika liat dia mulai bangkit, mulai bisa cari perhatian dengan orang yang baru dan bisa fokus ngelakuin segala hal yang membuat potensi dirinya berkembang. Sampe akhirnya dia bisa menemukan seseorang yang memang ditakdirkan untuknya.

Sempet juga aku nanyain sesaat sebelum nikah “lo yakin sama yang ini?”

Dia cuma bisa senyum dan cengengesan. Dan sesaat kemudian para saksi menyatakan “sah”.

Dia, sahabatku telah resmi menyandang predikat istri orang.

Mungkin masih baru, mereka para sahabatku yang telah menikah belum terlalu kentara terlihat perbedaannya. 

Bulan Juli dan Agustus 2018 ini tiga sahabat aku nikah. Sahabat yang udah ga tinggal di satu kota tapi terkadang masih keep contact. Dari tiga orang sahabat ini yang bisa aku datengin cuma satu.

Pertama adalah Mega. Dia sahabat aku saat berada di Pare, Kediri. Temen sekamer, seprogram, seperjalanan, dan sesese lainnya meski cuma berjalan sekira sembilan bulan di Pare. Sampe setelah dua minggu bersama orang ini aku dan dia dibilang kembar. Dan kesananya pun kami memang dikira kembar.

Gimana caranya aku tau kisah cintanya, itu mengalir begitu saja. Aku tau dari cerita-ceritanya tentang kisah cinta masa lalunya, sampe akhirnya dia bisa ketemu jodohnya yang sekarang. Cinta emang ga mudah ditebak. Ga nyangka orang sebebas Mega bisa berkomitmen.

Mega orang Balikpapan, aku ga bisa kesana karna jauh, dan ongkos mahal pula. Ga kesampean sama wartawan yang gajinya pas-pasan. Yang buat jadi member gym aja susah. Sekilah tentang Mega bisa dibaca disini .

Kedua adalah Ifa Kodok. Temen semasa kuliah dari semester satu, sempet sekosan, setugas akhiran, dan sesese lainnya semasa kuliah. Tau banget perjalanan kisah cintanya dari awal masuk kuliah sampe akhirnya dia nikah sama jodohnya yang sekarang. Satu hal yang gw salut sama kodok, dia ga kapok dengan yang namanya jatuh cinta.

Berkali dia gagal, berkali pula dia coba buat bangkit, coba buat percayain hatinya yang rapuh dan belum sepenuhnya sembuh sama orang-orang yang sayangnya brengsek, yang lagi-lagi menghancurkan hatinya.

Bahkan sebelum dia menikah dengan suaminya yang sekarang pun aku tau perjalanan cintanya ga mudah. Dan menikahpun jadi hadiah atas ketabahannya menjalin kasih sambil memupuk harap.

Kodok ini orang Banten. Sama sih alasan kenapa ga bisa dateng ke nikahannya karena ongkos. Sekilas kenapa dia dipanggil Kodok bisa dibaca disini .

Ketiga adalah Nia. Teman semasa kuliah yang selalu memberikan secercah kehidupan saat aku ga ada uang. Yang baru aja nikah beberapa hari lalu. Kisah cintanya absurd sih. Aku ga pernah menganggap apa yang dia jalani adalah kisah cinta. Alih alih menjalin kasih aku justru menganggapnya hanya guyon ke beberapa orang. 

Sebelum nikah dia galau untuk memilih antara karir atau menikah. aku lupa sih kasih saran gimana. Tiba-tiba dia lamaran. Terus tiba-tiba sekarang udah jadi istri orang. Sempet tinggal beberapa hari bareng dia yang udah jadi penganten baru kelakuannya masih sama aja, ga pernah mandi.

Aneh, iya. Begitulah hidup.

Aku bisa dateng ke nikahannya karena faktor keberuntungan. Beruntung aja ada rezekinya. Kalo mau baca lebih jauh tentang Nia yang tinggal di Cianjur.

Dan saat ini pun aku baru mendapat kabar dari sahabat masa SMA yang minta tolong dibuatkan list undangan pernikahan. 

Selamat menikah para sahabat beda kota. Meski jauh aku masih akan selalu berharap kebahagiaanmu, kelancaran karirmu, dan kemudahan rejekimu. Doakan saja aku agar bisa segera menemukan....

2019
dan rentetan sahabatku pun satu persatu menikah. maka aku putuskan untuk melanjutkan cerita ini.

yang waktu itu aku bilang minta tolong buat list undangan juga udah menikah dan saat ini sedang hamil. dia adalah delima. sahabat masa SMA yang tahan duduk sebangku dengan aku selama dua tahun. yang selalu juara kelas tapi pinternya ga nular ke aku. ntah karna dia ga ridho kasih kepinterannya atau emang aku yang kelewat bego. wkwkwk

wanita berbadan lebar ini menikah dengan pacarnya yang ia temukan setelah SMA dan disaat masa-masa kerja. hmm jadi inget deh kisah cintanya masa SMA itu seperti apa.

tapi ku jarang ketemu lagi dengannya setelah SMA itu. karna dia abis SMA langsung kerja dan aku kuliah di luar kota. paling pas pulang aja aku mampir ke rumahnya karena emang rumahnya rada deket.

dia juga kalo diajak maen sakit mulu alasannya. terakhir kali aku main sama dia pas aku minta temenin beli beha deh kayaknya. dia juga saat itu pas lagi cari-cari lemari buat seserahan.

selamat menjadi istri yang baek ya del. selamat menanti anggota baru di keluarga kecil kalian.

dan, yang baru-baru ini aku upload di sosmed tentang pernikahan okta. dia masih satu genk juga di masa SMA. berbeda dengan delima, aku masih terbilang sering main bareng okta bahkan masih satu grup gibah di wa. eh astaghfirullah.

yang aku inget masa SMA bareng okta dia ini ga pernah pacaran deh. kerjaanya tidur mulu di kelas. suka kasih contekan juga kadang-kadang. dia rada pinter sih anaknya tapi ga juara kelas. yang paling rajin dateng pagi dan rajin ngerjain pr itu okta pokoknya.

setelah masa kuliah dia masuk asrama kebidanan dan aku kuliah luar kota. jarang ketemu tapi selalu menyempatkan ketemu kalo pulang ke Jambi. aku ga tau sih kisah cintanya masa kuliah gimana.

yang jelas pertemuannya bareng suaminya yang sekarang itu tergolong cepat dan tepat. entah aku yang ngerasa cepat atau emang yang namanya jodoh ga kenal tempat.

tiba-tiba dia curhat tentang seseorang, trus ga berapa lama ngenalin cowoknya, terus ngundang ke acara tunangannya, terus ajak sobat kimbie quality time tidur bareng di hotel, kasih bahan buat nikahannya. dan jadi istri orang lah dia sekarang.

okta emang ga pernah pamer tentang kisah kehidupannya kecuali bareng kami para sahabatnya yang kadang-kadang berakhlak dzolim.

ta, selamat menikah ya. si anak baek, yang ga pernah tinggal solat lima waktunya. yang suka traktir karna emang dia lebih dulu kerja diantara kami para manusia tidak berguna. 

aku tu ngerasa, gimana yah. ketika liat satu persatu sahabat nikah tu seolah kehilangan satu persatu pegangan. kalian ibarat jaring yang menopang kestabilan hidup aku. saat kalian menikah aku ga bisa lagi terus-terusan merengek minta ditopang. suatu saat jaring itu akan habis, mungkin. dan aku harus siap hidup tanpa jaring yang menangkap saat aku jatuh.

cerita tentang delima dan okta bisa di liat disini. tapi ini cerita absurd tak berkesudahan sih. jangan dibaca deh.

----

31 Desember 2019, lagi-lagi aku ditinggal nikah sahabat aku. ini bukan pernyataan sedih tak berujung. tapi dibalik rasa senang karena sahabat telah menemukan jodohnya tentu ada rasa sedih karena aku bukan prioritasnya lagi nanti.

menjelang akhir 2019 ini dua sahabat aku dari MTs nikah. yaitu Serik dan Siti. eh sebenernya setelah lebaran juga Tiara nikah sih. lupa aku nulisya waktu itu.

mereka nikahan beda seminggu doang. meskipun kabar mereka nikah dari jauh-jauh hari, tetep aja agak engap ngasih kadonya. hahaha

siti nikah 22 Desember. siti yang selalu paling cantik meski tanpa skincare itu akhirnya nikah. pas MTs dulu dia tu banyak banget fans nya. tapi dia bukan tipekal orang yang sombong. aku pernah liat dia nolak ajakan nonton sopan banget. dia pinter dan humble juga. pokoknya the perfect woman deh. 

tapi sayangnya dia pernah jatuh ke hati yang salah. terjebak dalam toxic relationship hingga akhirnya bisa lepas tanpa bekas. dan bertemulah dia dengan jodohnya yang sekarang, yang ternyata orang yang udah dia kenal sejak kecil. huuh jodoh emang ga ketebak.

selamat nikah ya siti, senang bisa bertumbuh bersama dengan karakter yang ga pernah berubah, selalu baik. semoga segala hal baik juga selalu melingkupi kehidupan barumu.

kalo serik nikah 29 Desember. yang pas saat acara nikahnya bikin kita speachless. kok dia lincah banget yah sebagai penganten, kan harusnya anggun.

serik ini terkenal sotoy sejak kecil. ih pokoknya sotoy banget deh anaknya dan itu ga berubah. hahaha

serik ini kidal, kalo nulis harus pake pulpen hi-tec yang mahal banget itu. dia punya lesung pipi dan gingsul gigi, yang dua minggu sebelum nikah kita-kita baru sadar itu udah ga ada.

dia juga ga pernah boleh pulang malem. jadi kalo ngumpul selalu pulang paling pertama, sebelum magrib. beda sama kita-kita yang belum pulang kalo kafenya belum tutup.

dia ga pernah cerita suka sama orang. tiba-tiba update foto bareng cowok, pernah ketemu nonton bareng cowoknya di bioskop, tapi aku ga dikenalin padahal duduk sebelahan. 

terus cerita sempet putus, eh taunya nikah juga. hahaha jodoh. hmm mungkin efek bahagia kali yah, dia jadi sangat bersemangat di hari nikahannya. 

selamat nikah rik, semoga boleh pulang malem setelah nikah dan bisa mewujudkan mimpi-mimpi masa muda.

kalo tiara, dia nikah setelah lebaran lalu. dia ketemu jodohnya di jogja. tiara ini kuliahnya paling lama tapi nikahnya paling cepet diantara genk masa MTs. namanya jalur hidup orang kan beda-beda yah.

dia sempet bucin sama satu orang hingga akhirnya ketemu sama jodohnya, dan sekarang dia sedang mengandung. 

tapi setelah nikah tiara ikut suaminya ke jawa, jadi ga pernah ngumpul lagi deh. 

selamat menikmati masa mengandung yah tir, sahabat aku yang doyan gambar sejak dulu kala. semoga bakat itu nurun di anakmu nanti.

apakah aku masih akan melanjutkan tulisan ini di 2020? who know's? aku kan juga pengen nikah, pengen aku yang ninggalin hahaha.

Komentar