Catatan Jurnalis Magang : Everyday is a new challenge

Pagi buta aku dibangunkan oleh dering hp. Aku ga tersenyum seperti yang dinyanyikan oleh RAN. Nomer yang tidak aku kenal menelpon. Insting baru bangun tidur dan nyawa belum 100 persen kumpul, reflek aku angkat aja telponnya.

“halo” suara di sebrang sana.

Aku langsung tersadar, otak mulai kembali bekerja, ritme jantung berdegup lebih cepat dari biasannya, mata otomatis membelalak, itu bosqu.

“iya mbak” ku seka air di sudut bibir.

“bisa ke kantor ngga? Gubernur lagi ada di kantor, lagi nobar final liga champions. Soalnya nelpon yang lain ga diangkat”

“iya mbak, siap”

Demikian aku termenung sekian detik. Setengah empat subuh, saat orang-orang lagi tidur, makan sahur, aku harus liputan.

Aku memang selalu bilang siap kalo diminta liputan. Ntah aku bisa atau ngga, ntah aku ngerti apa ngga, yang pertama aku lakuin adalah bilang siap. Kesananya gimana caraku aja. Ntah nanya ke Google atau nanya ke yana.

Oke, aku siap-siap pergi ke kantor, cuci muka dan sikat gigi, pamit sama bapak yang masih tidur. Pas ngeluarin motor ditanyain tetangga “mau liputan jam segini?”

“iya, ada pak gubernur di kantor” sambil susah payah ngeluarin motor dari kandangnya.

Kemudian tanpa aku panaskan dulu, suara motor langsung memecah kesunyian subuh menuju kantor tercinta. Secepat mungkin aku pacu motor putihku. Kebetulan jalan memang masih sepi (subuh kali, siapa yang mau jalan-jalan saat subuh kalo bukan wartawan yang tiba-tiba dapet tugas).

Sesampainya di kantor…. Astaga ini acara udah bubaran! Celingukan sana sini, efek baru bangun tidur berasa jadi zombie. Aku telfon bosqu.

“mbak ini acara udah kelar”

“iya tadi juga aku udah bilang kalo ada wartawan dateng pasti acara kelar. Ya udah sahur dulu aja.”

Akupun tepok jidat.

Lantas aku wawancara aja bosqu yang lain, yang berada di lokasi. Setelah itu aku pergi ke warunk baba.

Kau tau, warunk baba itu tempat makan milik temanku. Aku selalu ke sana kalo aku ingin. Sampe aku menyatakan diri sebagai marketingnya. Karena aku selalu ajak teman-temanku yang lain untuk kesana.

Dan begitulah kejadian subuh itu. Aku pulang, solat, kembali menjemput mimpi.

Siangnya harus bangun untuk liputan lagi.

Kau tau perasaanku? Campur aduk. Setidaknya aku tau wartawan itu kerjanya kayak gimana. Kesel karena udah jauh-jauh ga dapet ketemu langsung sama narasumber utama. Tapi ya nikmatin aja, everyday is a new challenge. Seperti yang pernah aku bilang, capek tapi seneng. Capek itu manusiawi, kalo dilakuin pake hati ya seneng-seneng aja. Just enjoy the process.

Sebenernya nyantai sih kerjaanku, kalo lagi nyantai. Kalo ngga ya ga nyantai. Haha
Tapi aku ngerasa ga produktif sekarang. Dengan dalih sibuk bekerja, beberapa perlombaan menulis terlewatkan. Ah sayang sekali. Padahal aku rindu menulis fiksi. Soalnya tiap hari nulis base on data and base on observation.

Semoga akunya ga sok sibuk lagi yah.

Tetap semangat, buat enam anak magang yang berjuang menguatkan hati masing-masing. Tetap saling menguatkan…


Komentar