BALADA TERONG BELANDA


BALADA TERONG BELANDA

satu hari sebelum kejadian
seorang cewek yang diidentifikasi bernama Uliest sedang mengendarai sepeda dari kostan yang berlokasi di Buah Batu menuju Pasir Luyu. Dengan menggunakan kaca mata hitam dan celana berwarna orange Uliest yang sudah sampai ke kostan Lala langsung melesat menuju kamar Lala. Ternyata di kamar Lala ada Nesa yang sedang tiduran. Nesa kaget bukan kepalang melihat kedatangan Uliest yang menggunakan kaca mata hitam dan Nesa pun tertawa tak berkesudahan.
Lala yang tanganya basah akibat abis nyuci menghampiri Uliest dan nesa yang sedang asyik mengobrol.
Uliest  : La minta beras donk.
Lala      : itu udah gw siapin.     
Nesa   : jiah. Anak kost lagi ga punya duit nih , masa minta beras sih.
Uliest  : ada sih gw duit. Tapi untuk beli lipglos sama pencuci muka.
Nesa   : jadi lebih mentingin itu dari pada makan. Ya amplop.

Lala yang sepanjang obrolan tadi sibuk memasukan beras ke kresek menawari Uliest buah yang bentuknya aneh. Warna nya orange, bentuk nya kayak buah pinang, dan lembek-lembek.
Lala      : Lu mau buah kagak?
Uliest  : buah apa ?
Lala      : terong belanda.
Uliest  : ngga ah. Bentuknya ga meyakinkan gitu. Udah ya gw pulang dulu.
                          
          Uliest pun langsung melesat pergi.
Nesa   : ih Uliest langsung pergi gitu aja. Dadah-dadah kek, apa kek.
          Dengan segera Uliest langsung berbalik dan melambaikan tangan ke Nesa dan Lala disertai ekspresi muka yang datar.
                
Inilah perdebatan antara terong belanda, sawo belanda & kesemek
          Sebelum ada dosen ,beberapa Mahasiswa sedang asyik mengobrol di dalam kelas. Datanglah Lala dan Nesa dengan berisiknya. Lala menawari sesuatu yang ia bawa kepada teman-teman yang sedang berkumpul . Nesa pun tak mau kalah. Ia juga menawari berem kepada teman-teman dikelas hingga orang-orang yang lewat di luar kelas dan dengan bangganya berteriak-teriak “ini oleh-oleh dari madiun loh.” Sementara Nesa mengumbar oleh-oleh nya , dikelas telah terjadi perdebatan sengit.
           Nia , Sari, Tita , Endang, Jihan, Alma , dan Uliest mengeroyoki kresek yang Lala bawa. Lantas mereka mempertanyakan “ini apa?”. Karna yang Lala bawa adalah buah yang sebelumnya ditawari ke Uliest maka Uliest menjawab pertanyaan mereka.
Uliest  : itu terong belanda.
Endang : sembarangan ini tu sawo belanda. Bentuknya aja kayak sawo.
         
          Azhar dan dude tiba-tiba ikutan nimbrung.
Azhar  : kalo disini namanya kesemek.
Uliest  : loh jadi yang bener terong, sawo atau kesemek.
         
           Sementara mereka berdebat, Tita, Sari, Nia, Jihan dan Alma sedang memakan buah yang namanya belum pasti itu. Karna tekstur dalam buah itu mirip ubi yang lembek lantas jika memakan buah itu agak sulit karna sedikit lengket di gigi. Berhubung Tita memakai behel lantas buah itu nempel di behel dan membuat orang-orang ilfeel melihat giginya.
           Tita melihat keilfeelan teman-temanya dengan cara lain. ia malah memperbanyak memakan buah itu agar lebih banyak pula yang menempel di behelnya. Dan lebih mencengangkan lagi tita malah memamerkan giginya yang penuh buah lengket itu ke orang-orang dan memaksa ingin diarak ke jurusan lain sambil memamerkan gigi tentunya. (plakkk)
           Sementara Tita memamerkan giginya, Nesa mempromosikan berem madiun nya, Lala yang pergi ntah kemana, dikelas terjadi lagi obrolan asyik namun santai.
Uliest  : eh ngomong-ngomong soal sawo nih. Dulu gw fikir sawo itu bahasa jambi loh. Soalnya akhiranya o.
Jihan hanya melirik dan menunjukan ekspresi aneh mendengar ucapan Uliest.
Nia      : jadi mentang-mentang akhiran o dibilang bahasa jambi. Trus rokok jadi rokak, gembol jadi gembal, modol jadi modal, moko jadi moka,
Uliest  : ah elu.
Nia      : eh bijinya bagus. Mengkilat-kilat gituh. Gw bawa pulang ah.
         
Obrolan berhenti karna kelas telah berdosen. Nesa kembali kekelas dan sepertinya beremnya telah habis. Lantas ia malah menawari buah mangga ke teman-teman di kelas. Tita yang sedang sibuk membersihkan buah yang hingga kini masih samar-samar namanya. Dia begitu kerepotan membersihkan buah itu dari behelnya. “nyesel ih”. Ucapan tita membuat Uliest dan teman-teman tertawa berjama’ah. Dan Lala kembali ntah dari mana.
Uliest  : eh la ni buah namanya terong belanda kan?
Lala      : sembarangan . sawo namanya.
Endang : tuh kan sawo.
Uliest  : tapi lu bilang kemaren terong. Gimana sih.
Lala      : iya deng gw yang salah.
          Jadi pemirsa , nama dari buah yang berwarna orange, bentuknya kayak buah pinang, tekstur dalemnya kayak ubi,bijinya mengkilat dan bisa dibawa pulang, kalo dimakan lengket-lengket dan agak lembek itu namanya sawo belanda. Demikian liputan saya kali ini. Uliest cornetto melaporkan dari tempat kejadian. Amin.
This story just for kidding. I’m sorry guys if you fell tersinggung with this.
21 november 2012

Komentar