Terima Kasih 2023

BLACKPINK Save My Life in 2023

Keyboard laptop masih eror nih, sama kayak tahun sebelumnya. Tapi gpp, nikmatin aja ea.

Hi, hallo, 31 Desember 2023 nih. Penghujung tahun yang rasanya seneng banget ngga, sedih banget juga ngga.

Tapi ada kejadian yang bikin seneng banget kemaren, aku makan sayur asem pake sambel bajak enak banget. Jadi udah 2 minggu ini aku ditinggal orangtuaku yang lagi liburan keliling beberapa kota di Indonesia, atau lebih tepatnya mengunjungi sodara-sodara di Bengkalis, Jogja, Cirebon, Lampung. Khusus Jogja sih karna liburan aja tapi bapakku sakit selama di sana jadi ya cuma rebahan aja.

Penghujung tahun ini juga lagi baca novel yang keren banget yaitu Midnight Library atau Perpustakaan Tengah Malam karya Matt Haig. Ceritanya tentang orang yang diberi kesempatan untuk merasaka hidup yang ia sesali tidak ia pilih di masa lalunya. Setengah membaca itu membuat emosiku sedikit membaik.

Mari kita mulai rekap 2023 dari buku dulu deh.

Ga Ada Buku Favorit 2023

2023 ini jujur aku ga baca buku sama sekali. Melihat riwayat belanjaku, mungkin aku cuma beli buku Semua Ikan di Langit yang bikin mood baca aku berantakan setelahnya. Walaupun ada banyak orang yang bilang buku itu bagus tapi ketika aku baca, dengan sangat berusaha, aku tetap ga kuat nyelesainnya. 

Setelahnya aku tenggelam dalam cerita AU dan wattpad. Jadi tetap baca walau ga inget juga sih mana yang bagus. Huhu. Pokonya yang aku baca kebanyakan bagus dan cukup menghibur.

Parfum Favorit 2023

Di tahun ini aku lumayan eksplore banyak parfum. Aku beli banyak tester parfum terkenal dari yang ori sampe yang dupe. Aku bahkan sempet pake lagi parfum masa kuliah aku yaitu Avril Lavigne. Tapi aku ngerasa itu bukan aku lagi.

Ada sih parfum mahal yang aku suka kayak misalnya Miss Dior. Tapi kan itu Dior yah. Harganya aja sebulan gaji aku. Ya mana sanggup.

Terus sekarang aku pake Saff n Co CHNO. Wanginya maskulin, lebih ke aroma kopi. 

Masih penasaran sama HMNS. Tapi ga mau yang Orgasm karna itu kayak b aja gitu loh. Dan parfum sejuta umat. Meski sempet ada yang mention waktu aku pake dulu. "Lis, parfum kamu HMNS ya". Asli, dimention orang karena parfum tu seneng banget tau. At least, dia tau harganya. hahaha

Nah sebenernya aku suka wangi Green Danish dari Miniso. Tapi itu ga tahan lama.

Katanya itu dupe dari Victoria Secret, tapi ketika aku coba di parfum isi ulang, ternyata beda. Apa karna aku nyobanya di yang murahan ya. Huhu. 

Tapi semoga 2024 bisa jadi manusia wangi, hehe.

Olahraga Favorit 2023

Nah, untuk olahraga di tahun ini lumayan banyak banget eksplorenya. Siapa sangka sih aku main pingpong, renang bahkan soccer.

Kalo untuk pingpong, jujur cuma beberapa kali aja. Ini karena di kantor ada meja pingpong. Akutu sebenernya asik aja mainnya tapi rada insecure karena jadi bau badan. Kan olahraga mah keringetan banget ya.

Kalo renang, kan emang pengen banget dari dulu tapi baru kesampean sekarang. Di tahun ini aku les renang sama pelatih. Rela bayar orang demi beneran belajar. Alhamdulillah udah bisa gaya bebas dan gaya kodok.


Aku juga nyoba badminton karna Hilda yang ngajak rutin main. Jadi olahraga bebayar aku saat ini ada renang dan badminton. cuma 15 ribu sih. 


Lalu tiba-tiba di penghujung tahun ku diajak tanding mini soccer. Terakhir kali main futsal pas kuliah. Udah lama banget kan. Nah ini tiba-tiba main sama jurnalis perempuan di Jambi dan menang pula. Hadiahnya makan-makan di Swissbell. Seneng karena ada Suci dan Fitri yang satu tim sama aku. Foto-fotonya keren banget lagi.

Olahraga yang biasanya itu ada joging dan jalan kaki. Tapi semenjak gatal-gatal ku sering kambuhan ketika aku joging, jadi aku jalan kaki aja. Tapi pengen nyoba joging lagi tahun depan semoga ga gatel-gatel lagi yah.

Sepatuku udah hancur banget. Pengen beli yang baru tapi mahal. Jadi ditahan dulu sampe lebaran lah ya.

Kan aku suka olahraga ya. Jadi bekeringat banget. Aku ngerasa deodoran aja tuh ga cukup gitu. Kek ngerasa masih bau. Jadi aku coba perspirek. Mahal sih. Tapi ampuh. Jadi aku lumayan tenang deh sekarang kalo olahraga. Kan demi 2024 jadi manusia wangi. hehe

Konser Favorit 2023


Untuk konser itu ada banyak banget ya di 2023. Secara udah mulai reda pandemi kan. Dari Februari ada Flame Fest yang banyak banget artisnya. Dari Noah, Vierra, Sal Priadi, dan lainnya yang aku bahkan lupa.

Ada Huru-hara 3 kali, yang isinya ada Yura, D'Masiv, Last Child, dan lain-lain. Aku skip satu konser karena lagi di Bandung waktu itu.



Terus ada pertunjukan jazz dari Belanda yang seru banget.

Ada Denny Caknan dan NDX AKA yang aku pun ga nyangka kenapa aku nonton itu.

Tapi yang paling highlight ada Blackpink, ya meskipun bukan nonton live tapi nobar konsernya aja. Tapi itu seru banget karena itu Blackpink. Aku nonton itu bareng sama Tria.

Seneng banget juga Blackpink ga jadi bubar. Semoga bisa nonton live konsernya beneran ya. 

Musik Favorit 2023


Berdasarkan Spotify warp, 5 top song aku lagu Blackpink semua. Ada As If It's Your Last, Tally, You Never Know, Typa Girl dan Lovesick Girls.

BLACKPINK really save my life in 2023.

Untuk Top 5 artis ada Blackpink, Hindia, Rose, Niki dan Newjeans.

Ngomong-ngomong soal Blackpink, kan sebenernya ga terlalu ngikutin artisnya pada awalnya. Aku tau lagu-lagunya karena suka aku dengerin pas joging. Tapi ketika 2023 ini mereka tampil di Coachella dan aku nonton di kantor sama Tria. Di situ aku bener-bener terhipnotis. Kesukaan aku sama Blackpink kayak jadi bertambah gitu loh. Bahkan aku ngajakin Bang Yoga untuk cover opening Coachella.


Kalo di Youtube, 5 Top Tracks ada Steal The Show, Shoong, Cincin, Pretty Savage, Perempuan paling cantik di negeri ku Indonesia.

Top artisnya ada Blackpink, Hindia, Pamungkas, Niki, Tulus.

Film Favorit 2023 

Ada banyak hal mengejutkan di 2023, salah satunya punya program review film di kantor. Huwaw. Aku ngereview bareng sama Tria. Meski banyak yang bilang aku kaku banget tapi, pelan-pelan yah belajar. fufufu.

Aku juga jadi punya program review lain selain di instagram. Idenya udah lama, tapi jadi ketrigger karena diminta bos untuk bikin program review sendiri.

Tapi aku lagi rehat dulu karena mental aku ga kuat. Semoga 2024 bisa mulai lagi yah. Dan ga berhenti belajar untuk bikin konten yang bagus.

Untuk film terbaik versi aku ada Past Live. Film Indonesia ada Jatuh Cinta Seperti di Film-film. Anime terbaik ada Elemental. Drama Korea terbaik ada Moving, Revenant, Vigilante. Series Indonesia terbaik ada Induk Gajah. Untuk review lengkap bisa liat di instagram @ulisisme_ ya.

Pencapaian Terbaik 2023

Lagi-lagi aku gagal beasiswa di 2023. Udah biasa lah ya. Tapi dari berkali-kali gagal itu ternyata di tahun ini dikasih berhasil. Bukan di beasiswa yang sama tapi di beasiswa lainnya. Aku ikut BRI Fellowship Journalism untuk pertama kalinya. Awalnya untuk ngukur diri. Kalo lolos alhamdulillah kalo ngga ya gpp. Tahap awal lolos tuh. Masuk ke tahap onsite. 2 bulan bikin berita tentang BRI tapi 2 bulan itu dibayar sebulan gaji. Kan lumayan yah. Uangnya tadinya buat beli tiket konser Coldplay. eh tiketnya ga dapet, beasiswanya dapet. 


Jujur antara seneng apa bingung menghadapi pencapaian ini. Bangga juga sama diri sendiri bisa jadi salah satu dari 46 jurnalis se-Indonesia yang dapet beasiswanya.

Bingung juga, mau kuliah apa dan dimana kan aku udah ga pengen S2. Untung dikasih waktu setahun jadi ya nanti 2024 aja kuliahnya. Sementara ini di UNJA Manajemen aja. Karena ga dibolehin keluar kota sama bos.

Terus aku ikut lomba nulis BRI lagi tapi di blog. Dapet hadiah lagi meski bukan pemenang. Tapi seneng aja walau belum ada di tangan nih hadiahnya.

Perjalanan Favorit 2023

Di 2022 kan harta ku sudah habis karena membeli rumah ya. Mulai lah aku menyicil di 2023.

Rencananya perjalanan ke Jogja untuk nonton Prambanan Jazz Festival adalah perjalanan terakhirku sebelum aku menghemat selama 20 tahun karena mencicil rumah.

Tapi ternyata, dikasih rezeki sama Allah buat tetep bisa jalan-jalan. Aku ke Jakarta buat interview beasiswa di bulan Februari dan melipir ke Bandung walau cuma semalem. Beruntungnya adikku punya tiket hotel mewah hahaha. Jadi walau cuma semalem tapi seneng bisa nginepnya di hotel. Dan ketemu Nia walau cuma semalem.


Lalu ketika aku dapet beasiswa BRI itu aku ada pertemuan di Jakarta. Jadi melipir lagi deh ke Bandung dan ketemu sama Mega untuk pertama kalinya setelah 7 tahun lamanya. Cerita sama Mega ada di tulisan sebelum ini ya. Khusus tentang Mega itumah.

Ketemu Mega jadi salah satu momen favorit aku di 2023.

Kuliner Favorit 2023


Nasi tempong. Ini dijual mas hanif yang kembali lagi ke Jambi dan jualan nasi tempong. Asli deh, mantep banget. Untuk aku yang ga suka sayur, lalap, ikan asin, ternyata aku bisa makan apapun yang ada di nasi tempong ini. Karena isinya tuh ada aneka sayur gitu loh, bayem, kacang panjang, labu, terong. Dan aku makan semuanya walau ikan asinnya kadang aku kasih ke hilda atau kucing. Tadinya mas hanif jualan di okopi, karna deket jadi sering kan ke situ. Eh ternyata pindah ke mayang sana. Jauhlah aku. Baru sekali sih diajakin kak emo kesitu.

Pempek sambal. Dijual di areumda. Aneh ya kan itu makanan korea tapi jual pempek sambal tapi itu yang enak. Yang lainnya hambar huhuhu. 

Udon di marugame. baru coba 3 varian tapi sejauh ini suka yang niku udon.

Ramen keju di Sora mentai. Jadi kan tiap bulan anak-anak redaksi yang cewek suka eksplore tempat baru. Jadi punya banyak referensi deh. Aku langsung suka banget sama remen kejunya. Tapi ketika aku beli yang kedua malah rasanya beda.

Matcha kopken. Tahun ini kopken ngeluarin varian mactcha. Aku jadi punya pilihan baru kalo ke situ. Harganya 18 ribu tuh awalnya. Eh tiba-tiba naik-naik terus harganya. Ada es cincau juga sih untuk minuman favorit lainnya. Karena anak-anak kantor suka jajan es cincau jadi ikutan aja deh.

Nasi goreng megh savour. Ada banyak menu di sini tapi sejauh ini nasi gorengnya enak. Aku juga udah nyoba burger, tomyam, es krim. Tapi yang terkenang nasi gorengnya.

Gacoan. Gacoan ini ada di Jambi baru-baru ini. Tapi aku ngerasa rasanya agak beda dengan yang aku beli di Bandung waktu sama mega. Waktu beli sama hilda di malang aku bisa level 6, di bandung aku coba level 4. dan waktu di jambi aku coba level 2. Astaga. kemampuan lidahku menyantap makanan pedas udah berkurang nah.

Mie Kocok. aku dari dulu suka banget sama mie kocok. tapi ga ada di jambi. jadi tiap ke bandung usahain nyobain mie kocok dong. 

Imah babaturan. ini bukan nama makanan melainkan nama tempat makan di bandung yang aku idam-idamkan banget dari dulu. Tahun ini jadi dua kali ke situ. Nyobain nasi cumi sambel ijo, nasi goreng kampung, kopi susu, tempe mendoan. Nanti mau ke situ lagi pokonya.

Burger lawless. Masih bertahan dari tahun sebelumnya. Burger lawless is always ini my top my favorit burger in this world. ah elah.

Momen random tapi sayang



Beli motor cash. Ya motorku yang beat itu sudah tidak bisa diselamatkan walau aku memohon, dan berusaha tentu saja. Beruntung punya bapak kaya raya jadi dibantu untuk beli motor cash yaitu scoopy. Motor impianku sejak SMA. Ya allah, lama banget ya kesampeannya buat beli motor impian. Tapi gapapa. Lihat kan aku, ketika ku kira sudah tidak bisa bersenang-senang lagi karena harus menyicil rumah, rupanya ada aja rezekinya kalau punya bapak kaya.



Pameran. Aku gabung lagi ke PFI karena gabut. Mereka langsung ngadain pameran dan aku terlibat di dalamnya. Terakhir ikut pameran ya pas kuliah. Mana sangka bakal ikut pameran lagi kan. Mana aku harus ke suku anak dalam di Bungo. Untung ga tidur di sudung.

Quote Favorit



Rekan nonton konser, yang kadang jogetnya bikin migrain. Tapi seru ya usia segini masih punya temen konseran bak remaja tanpa masalah dan tanpa narkoba tentunya.


Cewek-cewek redaksi yang tiap bulan nyempetin makan bareng di tempat baru. Self reward katanya. Kadang-kadang mau-mau aja diajakin bikin challenge makanan. huhu. Salah satu kesenangan di balik tuntutan kerjaan yang makin tidak bercanda.


Potret diri favorit 2023. Karena kamera mega bagus banget. Motivasi semoga muka bisa semulus ini ya.


Masih nyempetin ketemu walau hoaxnya berkali-kali. 


Makasih ya udah mau-maunya nurutin obsesi aku terhadap Blackpink. Khususnya bang yoga yang sekarang udang resign.

Nulis cerpen lagi dong

Gara-gara liat Raditya Dika buat cerpen di Medium jadi aja kepengen juga. Mungkin efek baca Wattpad juga jadi aja kepengen bikin cerpen ala-ala.

Jadi ini adalah judul favorit sejauh ini >>> Jatuh Cinta Seperti di Drama Korea

Semoga 2024 finansial stabil dan emosi stabil. Aamiin.


Komentar