pemanis, kenangan akan segala hal yang manis-manis

assalamulaikum

eh tumben banget yah ngucap salam sebelum nulis. haha

selamat lebaran semuanya. mohon maaf lahir batin. semoga berat badan tetap stabil setelah lebaran. aamiin.

harusnya pembahasan kali ini tuh diposting pas puasa kemaren. tapi ya karna sok sibuk jadi aja baru bisa nulisnya. 

setiap bulan ramadan tu pasti ingatan aku melayang ke masa-masa kuliah beberapa tahun silam. eh aslinya waktu cepet banget berlalu. udah empat tahun sejak aku lulus kuliah tapi kenangan tentang masa-masa kuliah suka tiba-tiba hadir tanpa mengucap salam.

kenapa ramadan inget masa kuliah, karena selama ramadan biasanya aku sibuk di kampus. bukan buat latihan teater tapi ngurusin organisasi pemanis. wait, perkenalan dulu donk pemanis itu apa.

jadi pemanis adalah salah satu UKM di kampus STSI Bandung. singkatan dari Pemahaman nilai-nilai islam. anggotanya disebut para manis. dari nama aja udah menarik perhatian ya.

dari sekian banyak organisasi di kampus kenapa milihnya justru pemanis karena waktu itu mikirnya aku jauh dari keluarga, aku pengen bisa menjaga diri dari hal-hal yang menggoyahkan keimanan. sehingga aku ingin lebih mendekatkan diri pada agama. (naon sih)

waktu itu semester 2 awal kalo ga salah. kalo yang aku tau sih anak-anak teater ada beberapa yang mau ikutan tapi kan mereka cowok, aku harus cari temen cewek. nah aku ajak lah si kodok yang nama aslinya ifa. tapi dia lulusan pesantren gitu, jadi kayak yang udah bosen dengan hal-hal berbau agama. eh astaghfirullah.

ya intinya dia kayak ga mau. tapi akhirnya mau juga. eh ada R juga deng yang ikut. R itu cewek, dan nama panggilanya emang R aja. yang cowok termasuk tirta, dude dan maudi.

trainingnya tuh harus ke pesantren di ciamis, perjalanan jauuuuh banget dan pas nyampe sana ya amplop tempatnya alakadarnya banget. mandi pake basahan, tempatnya di jamban, dibawah kolam lele gede-gede banget, ih memprihatinkan deh. aku tuh baru dateng jadi pengen pulang tapi jauh.

jadi calon anggota baru tu ada 10 orang, 6 dari teater 4 dari seni rupa. belum termasuk para senior yang aku udah lupa siapa-siapa aja. intinya selama disana belajar kayak anak pesantren gitu deh. solat tahajud, abis itu ga boleh tidur lagi, banyak baget materinya. terus yah sebagai anak seni kita harus nampilin pertunjukan gitu. pokoknya tiga hari training tuh ga bisa tidur dengan tenang. ya mana bisa tenang aku tidurnya di lantai. huhu

tapi pertunjukannya diliatin sama warga sekitar. eh pada nangis donk warganya. kan aku jadi terhura gitu sambil ngantuk tea. 

ini pas malam sebelum keberangkatan di mesjid asy syuara (mesjid kampus)

ini segenap anggota baru pemanis, para senior dan anak-anak pesantren disana
setelah training tuh kegiatan di pemanis jadi asa banyak banget. tapi waktu itu seneng aja sih ngejalaninya. sebagai anak kosan yang emang ga ada gawe yah. haha jadi lakuin aja lah banyak kegiatan.

kegiatan anak-anak baru yang pertama itu diskusi film. aku yang ngajuin film nya. huhuy. waktu itu film cin(t)a. ceritanya tentang cinta beda agama gitu. kenapa huruf T nya dalem kurung karena singkatan dari antara cina, tuhan dan anisa. cina dan anisa tu nama tokoh dalam film itu.

alhamdulillah waktu itu acara berjalan lancar meskipun sebagai maba masih blah bloh tea ngerjain acara. haha. senior ga banyak bantu, cuma beberapa aja yang bener-bener peduli.

nah setelah itu ada kegiatan unggulan dari pemanis yaitu korma manis. singkatan dari kontemplasi ramadan ala pemanis. biasanya dilakukan saat 17 ramadan.

menuju korma manis ini ada banyak lagi rangkaian kegiatan. kayak pra ramadan, ramadan, baru deh korma manis.

pra ramadan ini kegiatannya kajian menyambut bulan ramadan, pas ramadan itu biasanya diisi dengan diskusi, belajar agama, saur bareng, buka bareng, taraweh, tadarus dan lainnya. nah ini sih yang bikin sibuk banget karena dari saur kita udah nyiapin saur buat orang-orang. eh ngga juga deng yang makan kebanyakan anak-anak pemanis juga, sama anak kosan yang ga ada duit buat saur.

ini pra ramadan 2013 pas kodok jadi ketua pelaksananya. ih itu aku pake hp nokia

kalo buka bareng biasanya nyiapin tajil buat PPT (para pencari tajil) plus makan juga buat beberapa orang yang mau ikutan. kalo tadarus biasanya abis solat subuh, kalo taraweh ya pas malem lah. disela-sela itu juga harus nyiapin buat korma manis. huuh sibuk banget kan.

eh iya pas korma manis 2012 itu aku yang jadi ketua pelaksananya. ih itu pertama kali, dan bikin aku jangar pisan lah. tapi untung deh ada yang bantuin. uhuy

untuk korma manis ini rangkaiannya berupa pertunjukan-pertunjukan dari berbagai jurusan di kampus. kayak karawitan, seni rupa, tari. mereka tampil dan puncaknya diisi dengan teater pemanis. itu anak-anak pemanis yang ngisi.

pengalaman yang tak terlupakan banget lah pas awal-awal di pemanis. dapet pengalaman biar bisa berbaur sama orang yang aslinya aku introvert, sedikit bisa mengikis keegoisan dalam diri karena harus kerja sama dengan orang, harus bisa berpikir cepat karena masalah bisa datang dari mana aja dan ga kenal waktu, huhu.

setelahnya maka akan ada rasa rindu. rindu ingin saur bareng, buka bareng, dan segala hal yang bareng-bareng deh. karena setelah korma manis biasanya orang-orang pada mudik kan. jadi pemanis sepi banget.

setelah idul fitri, terbitlah idul adha. dimana pemanis pasti jadi tempat penjagalan alias pemotongan hewan qurban. ternyata banyak juga loh yang qurban di pemanis. ih serem banget deh 2012 itu sampe diserbu warga karna minta kupon. 

sebagai yang jauh dari keluarga, ya asik-asik aja kan di kampus bareng sama yang lain. biarpun ga ada rendang. haha tapi puas makan sate kambing.

gambaran suasana penjagalan dikala itu
setelahnya ya acara-acara PHBI kayak isra miraj, maulid nabi, kajian-kajian yang nama kegiatannya secangkir kopi manis, dan lainnya.

hmm lalu lanjut ke pergantian kepengurusan kali yah. jadi waktu aku jadi anggota baru tuh ketuanya aknes anak tari. semasa dia menjabat yang aktif itu aku sama maudi, pas waktu pemilihan ketua baru aku sama maudi bersaing. calonnya dari jurusan teater semua yaitu dude, maudi, tirta dan aku.

pemilihannya setelah demisioner dan pembahasan ad/art yaitu jam 2 pagi. haha gelo. jadi bari ngantuk kita ngejabarin visi misi. si dude tea bilangnya mau ngadain korma manis seminggu sekali sama mau umroh bareng. haha dasar bodor.

awalnya aku sama maudi dapet jumlah suara sama. jadi diulang dong. putaran kedua maudi yang jadi pemenangnya. ya gapapa lah dia emang berhak.

dude, tirta, aku, maudi

foto anggota pemanis setelah mandi di cipanas, garut
2013 kan aku jadi pengurus tuh. aku menjabat sebagai divisi pendidikan. salah satu jobdesknya ya buat rekrut anggota baru.

pengurus pas kepemimpinan maudi itu sekretarisnya dude, bendahara midun, divisi pendidikan aku, divisi humas R, divisi kesekretariatan kodok. udah deh kayaknya itu aja. kalo di cumi dan dian mah bantu-bantu aja. mereka ada jabatan juga di seni rupa dan bem.

aku kan sebagai yang bersemangat yah. oleh sebab ga mau trainingnya kayak pas waktu aku yang dipesantren. aku sok sok bikin konsep hijrah. jadi anggota barunya teh disuruh hijrah aja jalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. sampe ke cicalengka. haha ga jalan kaki semua deng, ada naik busnya juga dikit.

ih ribet banget, aku juga ga ngerti kok kosep gila itu ada di kepala aku yah. nyusahin aku sebagai panitia, juga kasian anggota baru yang kakinya lecet karena banyak jalan. haha

jalan terooos

cieelah, sok briefing kegiatan
mana anggota baru pas 2013 tuh rame banget. jurusannya lebih beragam. anak teater yang ikut reseh semua lagi. 

ehheheh. meski akunya tertekan banget tapi acara itu berakhir juga. seneng. alhamdulillah.

selanjutnya kegiatan pengulangan yang lebih rame kegiatannya karena anggota baru pemanis pun lebih rame. juga pas acara korma manisnya di 2013 itu dari pagi, yang biasanya dari sore abis asar.

ini opening korma manis 2013 sama anak-anak karawitan

selama menjabat juga aku sering bentrok sama maudi. maudi tu keras kepala gitu, dan aku juga sama sih. jadi ada satu momen dimana midun, yang ga biasanya marah, eh ga marah sih tapi lebih ngomong dengan penekanan gitu. dia bilang gini "kamu bilang gini, maudi bilang gitu. kalian berdua tu sama-sama keras. kita ga tau harus nurutin yang mana"

secara yah, anak-anak seni rupa tu pada milih aku pas pemilihan ketua. jadi mereka tuh kayak ga mengakui maudi sebagai ketua gitu. terus kan maudi teh rada rebel gitu anaknya. ongkoh pemanis, tapi sikapnya kadang tidak mencerminkan nilai-nilai islam yang berbudi luhur.  

banyak konflik yang akhirnya mendewasakan aku secara pribadi. aku juga pernah konflik sama kodok, sama yang lainya juga. tapi ya namanya sahabatan ya balik baik lagi. intinya komunikasi.

setelah setahun menjabat, akhirnya masa jabatan abis juga dan digantikan dengan ketua baru yang lebih punya ide baru pula.

masa-masa akhir manjabat ini adalah yang paling menegangkan sekaligus membahagiakan soalnya kita mukhtamar di pantai. kepegurusan maudi mah ga ngabisi banyak uang. jadi di akhir periode tuh masih nyisain banyak duit yang harus dihabiskan.

mukhtamar itu apa yah, ih masa aku lupa donk itu apa. jadi program pemanis yang terakhir kali yah, yang isinya demisioner, bahas ad/art, pemilihan ketua baru. gitu


detik-detik persidangan

cumi, aku, kodok, midun. yang berawal dari pemanis jadi sahabat aku di Bandung.

hobi nguap emang anaknya
nah sidang pleno 1-2 ini diadain di kampus. sidang pleno 3-4 lanjut di merak. huhuy. jadi waktu itu tujuannya ke rumah si kodok sebelum digusur. sekarang kodok udah pindah ke banten. 

ukhti pemanis yang aslinya pada bragajulan. haha

tinggi-tinggian angkat ketek
kodok, ayah kodok (alm), dan aku. alfatihah

pemilu pinggir pantai ya santai. ada a yayat, maudi, a udin, aku, odi, dan cepi

wajah-wajah yang baru dilengserkan
setelah ketua beru terpilih (Yana) dari jurusan karawitan.
nah meskipun aku udah ga menjabat aku tetep ada buat pemanis. ahehe. karena emang ngerasa nyaman aja gitu di pemanis meskipun ada maudi yang nyebelin. 

terus semakin lama, semakin jadi senior yang suka diminta masukan sama junior. yang sebenernya aku random plus receh ini suka ga tau mau bilang apa. hahah. yang harusnya aku jadi senior dihormati, tetap aja suka dibecandain. huuh

paling tiap korma manis aku jadi aktor buat teater pemanis. nah di 2013 ini pertunjukan puncaknya sirkus ramadan. gimana dah tu sirkus ramadan. sutradaranya a wanggi, yang sekarang terkenal sebagai seniman pantomime.

tapi lupa dimana foto-fotonya. padahal bagus banget siah. yang main tuh anak-anak karawitan. anak teaternya cuma aku sama dude doang. videonya ada sih, tapi ga bisa dimasukin sini.

di 2014 aku main teater pemanis lagi jadi jasmine. pertunjukannya lebih ke longser gitu sih, judulnya alahdin. adik aku juga sampe ikutan main tau ga.


itu adik aku yang pake topi item

bagus kan. . . fotonya

kenapa ratu pake pengharum ruangan di pinggangnya. kiri kanan lagi.
nah pas ada ratu itu korma manis 2015 deh. pas terakhir aku di bandung. soalnya saat itu aku jadi LO buat ustad yang ngisi tausiah. ustadnya temen kodok, ganteng banget bok. tapi udah sih cuma sebatas bmm-an aja. haha

jadi pemanis tu tempat yang paling dikengenin deh di kampus. aku ga kangen sama proses perkuliahan yang ribet benget itu. aku kangen masa-masa organisasi. nginep di sekre yang sumpek, bikin acara, protes ke PK III, pacaran (eh), berantem-berantem sama yang lain, tanding futsal meskipun ga pernah menang.

ada aja kegabutan yang terjadi kalo anak-anak pemanis sedang ada di sekre. ada yah nama eem, diatu kalo ngomong datar gitu kan. kalo ketemu aku yang diucapin cuma satu "teh ulis aku bosan" dengan nada dia yang flat.

belum lagi gibah-gibah syariah di mesjid asy syuara menjelang magrib sambil nyemil tempe mendoan. gibahnya pake bahasa inggris pula. gaya banget dah.

pemanis tu organisasi keagamaan di kampus yang ga mengharuskan anggotanya pake gamis. itu sih yang bikin aku nyaman. soalnya ya kampus seni, aku yang pake jilbab aja suka buka jilbab kalo lagi main teater. tapi ya pemanis yang bikin ga lupa kalo berkesenian jangan lupa sama agama. (naon deui)

hey anak-anak pemanis. aku kangen. udah pada punya keluarga ya, udah punya kesibukan di dunia nyata, udah pada mencar dari bandung juga termasuk aku. semoga sehat-sehat terus semuanya.

Komentar