From Pare With Love (Again)

Oh Hi...

Selamat malam senin. tetap santai kayak biasanya aja. sedari pagi aku ga bisa tidur lagi meski masih ngantuk. oleh sebab kepikiran hardisk yang penuh oleh film-film, jadi aku berencana membersihkan file yang rada ga penting.

ternyata eh ternyata aku membuka sebuah folder yang tak disangka tak dinyana membuatku senyum-senyum manja, cengar cengir asique plus mesem-mesem asem. ahehe gimana dah tu.

aku membuka folder foto yang judulnya Pare...

wow, kemudian kenanganku beterbangan bebas diangkasa menuju masa sekitar 3 tahun silam, di 2016. masa dimana aku sedang senang-senangnya menjalani hidup setelah masa kuliah dan sedang berkelana bebas tanpa batas ke sudut pulau jawa. ga sudut banget sih.

aku ga tau yah kenapa waktu aku senang-senang di pare jarang nulis di blog. ada sih nulis tapi sedikit sekali. aku ga terlalu suka update di sosmed waktu itu jadi fotonya bertumpuk difolder aja. eh dulu kan masih pake bbm ya, jadi update nya di bbm aja.

sedih sih ternyata muka aku di 2016 mulus banget. ga kayak sekarang yang lagi breakout parah. eh atau waktu itu pake kamera bagus yah soalnya dulu itu suka poto pake iphone 6 temenku. wkwkwk

jadi ini adalah foto-foto kenangan masa di pare dari januari 2016 sampai terakhir ku disana september 2016.


masa-masa di pare adalah hal yang menyenangkan menurutku karena bisa ketemu dengan orang-orang yang memiliki visi sama, jalan-jalan dengan dalih belajar bahasa inggris haha. kebanyakan sih kayak aku, fresh graduate yang ga tau abis wisuda mau apa alhasil berlabuhlah di pare ini. aku dulu memilih les di test english school di jalan brawijaya.

ini temen-temen sekelas aku di foundation januari 2016. ga inget ih siapa-siapa aja namanya. hehe

memorizing

speaking. ini lagi speaking yah bukan lagi azan.
writing. yah gitu deh kelakuan aku dan segenap rekan yang rada sengklek.
sesi curhat

jadi ada beberapa di test english school ini. jadwalnya padet banget gilak dari subuh sampe malem. dari setengah enam ada memorizing atau hapalan gitu. terus ada writing, speaking, dua lagi lupa namanya apa. kalo malem itu ada namanya multi media class (mmc) yang kegiatannya nyanyi-nyanyi aja. selain itu ada juga curhat-curhatan segala pake lilin kek mo ngepet.

eh ada juga pas mmc ini diminta waka wangze. eh bener ga sih tulisannya. jadi itu tuh review terhadap sebuah tayangan video tapi disampein dengan cepet banget pake backsound musik yang juga cepet banget. di mmc ini favorit aku adalah ASL. itu bahasa isyarat tapi pake lagu.

selain itu ada semacam kultur buat pake flannel di test es ini. ga tau sih maksudnya apa. kita tuh kebanyakan diminta ngelakuin sesuatu yang sebenernya ga tau maksudhnya apa. dalam buku memorizing ada kutipan "sometimes in this world you don't have to understand to do something but do something then you will understand why". keren ga tuh.

jadi pas kelas speaking kita bakal dihukum kalo bilang "eee" dan itulah hukumannya dicoret-core muka.
ngapain dah bocah minum sirup aja sok begini.
ini yang di depan mukanya mega yah, bukan aku. mega ini sering banget dibilang kembaran aku.
ini suasana kelas. belajarnya tuh di luar gitu loh pake bangku. kalo ujan suka ngerpotin.
ini mega, aku dan kadita. mereka orang yang selalu nemenin aku dari awal sampe akhir.
tuh bagus aja kan muka aku. kayaknya emang karena efek pake iphone kadita deh.
kita belajar di bawah pohon seri atau kersen. atau ada nama lainnya ga tau. jadi setiap pagi aku suka ambilin buat sarapan bareng mega.
di pare juga pertama kali aku donor darah. ceritanya ku cuma mau nemenin temen yang donor. pas nyampe sana darah dia rendah jadi ga bisa. karna kepalang tanggung ku iseng nyoba eh ternyata bisa dong soalnya biasnya darah aku rendah terus.
oke. selanjutnya adalah aku, mega, kadita pernah melakukan pelarian bodoh. wkwkwkwk iyalah tujuannya malang-pare aja bohongnya udah kayak apa banget.heuh. ini terjadi saat februari 2016.
edan banget kan sebegini meyakinkannya kita. pertama kali aku jalan-jala ke malang tepatnya museum angkut.





ditempat les yang baru kita deket banget sama coach yang jaga asrama.
karna usianya juga ga jauh beda kali ya. bahkan sampe kita udah ga di asrama lagi kita masih dibolehin main dan masak-masak disana. ini kita makan di pizza hut terus kita ceritain yang sebenernya tentang kita bertiga. karna drama pindah tempat les ini bisa dibilang complicated banget deh.

kelas favorit selama di test
setelah sebulan melarikan diri saatnya kembali ke test.  kembali dengan jadwal yang padat luar biasa tapi beruntung karena punya teman-teman baru yang lebih luar biasa.

liat deh muka aku dan mega disini. mirip ga sih. bingung akutu kenapa bisa mirip.

setiap bulan tu ada yang namanya family gathering. kegiatannya masak-masak dan games. aku sama mega mah dokumentasi aja.
ini foto di candi. lupa namanya apa. banyak lupanya yah aku. muka aku mulus banget kan, ih.
ini foto favorit aku hehe. ia itu karena aku ada disebelah ka nirma. hehe. hehe
sepedahan ke gumul

sebulan setelah kelas yang menyenangkan itu mereka naik tingkat ke toefl. dan aku, mega , kadita masih harus nyelesain sebulan lagi supaya bisa naik ke toefl. emang udah gitu ketentuannya karena kita bertiga ini rada spesial. sebelum naik kelas aku dan mega menyebarkan virus sepedahan ke gumul.

sebenernya dari sejak aku melarikan diri itu sudah sering ke gumul sepedahan berdua sama mega. nah pas kembali kami mengajak yang lainnya. awalnya cuma satu dua orang yang ikut. tapi pas akhir program rata-rata hampir semuanya ikut. jarak pare - gumul itu 30 menit kalo naik motor. kalo sepedahan bisa sejam, bolak balik dua jam. wkwkwk betis pecah.

di bulan ke empat rasanya ga ada yang spesial sih. kami bertiga masih belajar kayak biasanya. dan masih iku-ikut main sama anak-anak toefl. fotonya juga ga ada yang istimewa. jadi ga aku cantumin disini.
mahameru bersama ka dirman, sodaranya mega.
sempet-sempetnya kami berlima naik gunung setelah program. jadi ada dua orang anak toefl yang juga kepengen naik gunung mahameru ini. ini terjadi dibulan 5. masa transisi sebelum kami pindah ke kelas toefl.




kelas toefl adalah kelas yang paling menyenangkan. paling santai belajar dan paling menyebalkan juga karena skor toefl kok ga naik-naik yah.

kebanyakan dari mereka ga dari awal di test. jadi kebanyakan adalah orang-orang baru dari luar sehingga pertemanan ini semakin beragam saja.

hal paling favorit adalah aku suka jadi instruktur dance "better when i'm dancing" di kelas toefl. hal ini bermula dari malam kesenian yang diadakan oleh kelas toefl. wkwkwk sebagai dancer ya aku seneng-seneng aja yak.

aku masuk kelas toefl di bulan mei sampai awal juni, masa awal-awal puasa waktu itu.

ku nangis pas mega balik.
jadi selesai kelas toefl mega balik. dan waktu itu ga tau bakal ke pare lagi apa ngga. ku nangis donk ya allah. ga pernah sebegininya ditinggal temen nangis-nangis. waktu pergi dari bandung aja ku ga nangis kok. lah ini malah nangis kejer banget.

semenjak naik gunung bareng ini kami jadi nambah formasi berlima. pas kelas toefl kami tinggal di satu dorm. lupa aku ka nirma dan sopeng ini ambil kelas apa pas kami toefl.

gaya yang tertukar
jadi karna kita bertiga ga tau bakal ketemu lagi apa ngga, kita bikin challenge. kita tukeran gaya pakaian. kadita yang selalu tampak feminim dan ga pernah pake jins kita paksa pake jins. dia kita minta buat ga mandi seharian dan ga make up juga. dan dia mau-mau aja. hahaha dan tantangan lainnya aku lupa.

ini aku sama mega pake celananya kadita yang bisa muat sampe dua orang lagi kayaknya. lebar banget soalnya. kadita ini hobi pake warna-warna cerah, kayak merah, ijo, oren dan gonjreng banget. untung cantik. ih

setelah kadita dan mega pulang yang menemaniku adalah ka nirma karna dia pun udah ditinggal sopeng pulang.
setelah ka nirma pulang akupun sendirian. tapi ternyata masih ada kak avivah, yang pernah sekamer juga dulu di aldora.




aku bareng kak avivah ini pas bulan ketiga. aku sering banget jailin dia dan dia orangnya ga suka dijailin. pernah dia ngambek ga pulang ke kamer donk. khawatir lah aku semaleman. aku dan kak avivah suka berantem juga. aku suka ngatain dia janda tua lebar. hahaha jahat banget kan mulut aku. tapi ternyata dia udah nikah dan udah tinggal di australia sekarang. huuh nasibnya baik sekali. dia nikah sama temen sekelasnya di toefl dulu. setelah itu dia ikut program kerja ke australia. lupa namanya apa.

selama bulan puasa kak avivah inilah yang menemaniku buka puasa. lupa aku sahurnya sama siapa yah.

dan setelah lebaran, ternyata tangis-tangisan yang terjadi sebelum mega pulang menjadi hal yang konyol untuk diingat. kita ketemu lagi di pare setelah lebaran. wkwkwkw.

ini ka nirma kemana sih.

pas ngerayain ultah kadita

ini sopeng kemana
aku balik lagi ambil toefl lagi dan mega juga. kadita, ka nirma dan sopeng ambil ielts. dan selama bulan agustus aku prepare buat tes toefl.

teman toefl, ielts, dll...



jadi aku tu cuma ambil kelas toefl dua minggu sisanya belajar sendiri. ini kayaknya sopeng udah pulang deh makanya ga ada di foto. kita berempat jadi suka jalan, dan ini ke blitar ke makam soekarno dan kampung coklat.

last hug
ini adalah foto terakhir sebelum berpisah lama. aku pulang duluan dan ga balik lagi ke pare. mereka bertiga masih betah di pare sampe jadi tutor di test kecuali ka nirma yang pulang sebulan setelah aku.

foto terakhir berempat itu di stasiun sih sebenernya. jadi setelah mega nangis melepas kepergianku, mereka nyusulin ke stasiun. adeuh so sweet banget dah mereka tuh.

beberapa bulan setelahnya aku ketemu ka nirma di bandung karena dia lagi mampir ke bandung. beberapa tahun setelahnya tepatnya 2018, aku ketemu ka dita di pekanbaru karena ada urusan kerjaan disana. dan bulan lalu aku ketemu ka nirma lagi di bandung karena liburan dan dia lagi s2. aku belum pernah ketemu mega lagi setelah tangis-tangisan terakhir itu. huhuhu

segitu aja genk cerita di 2016 dari januari-september. semoga kalo ada yang keinget lagi nanti bisa ditulisin lagi. selamat mengungkit kenangan. peluk hangat, kecup mesra. muach

Komentar