Apasih yang Dilakukan Mahasiswa Jurusan Teater?

STSI Bandung Jalan Buah Batu No 212
27 Maret diperingati sebagai  hari teater sedunia (world theater day). Sebagai alumni jurusan teater aku jadi mengingat hal-hal apa aja yang pernah aku lakuin selama kuliah di jurusan yang jarang jadi pilihan orang-orang ini.

aku kuliah di sekolah tinggi seni indonesia (STSI) bandung fakultas seni pertunjukan jurusan teater angkatan 2011. tuh lengkap banget kan. cuma ada satu kelas pas angkatan aku, juga angkatan lainnya. karena emang yang berminat di jurusan ini sedikit sekali. sekarang nama kampusnya berubah jadi institute seni budaya indonesia sejak 2015.

kalo ditanya alasan aku kenapa milih jurusan ini, karena aku suka teater dan aku orang yang males belajar. jadi mikirnya dulu mau kuliah tapi yang bikin betah. tapi ternyata apapun kuliahnya tetep harus belajar juga, haha. tapi kan seenggaknya mempelajari apa yang disukai.

penampakan pas aku masih maba (editannya kelewat terang)
ini adalah beberapa mata kuliah praktek yang aku pelajari selama kuliah dari 2011 sampe lulus di 2015. aku tuh orangnya disiplin, makanya lulusnya tepat waktu. huuh sombong...

aku sampe buka transkrip nilai untuk inget mata kuliah apa aja yang ada di jurusan teater ini. tapi ini yang aku bahas praktek nya aja ya.

di semester 1 praktek nya ada olah tubuh dan olah vokal. aku lupa sih teater daerah I dulu tu ada praktek apa ngga. tapi kalo diliat foto-fotonya juga ga ada.

olah tubuh dosennya bu yani mae dan olah vokal sama pak iman soleh, yang punya kelompok teater celah celah langit (CCL) yang biasa mentas di kawasan belakang terminal ledeng.

ujian semesternya untuk olah tubuh itu ya mengolah tubuh. haha. jadi kita bikin satu pertunjukan yang intinya harus mengolah tubuh seperti binatang. dulu dalem hati aku mikir kenapa kuliah kalo disuruh jadi binatang. haha pemikiran maba. inget banget dulu tu satu kelompok sama yang awam banget soal teater dan bukan lulusan SMKI yang udah jago banget teaternya.

kita sekelompok cewek semua dan satu cowok. bingung banget masalah kostum, properti, musik da pada ga ngerti tea kan. belum belajar juga. jadi aja seada-adanya pertunjukan teh. tapi alhamdulillah kelewat juga ujiannya. dan memang anak-anak lulusan SMKI edan pisan pertunjukannya untuk ukuran semester I.

olah tubuh I semester I
ga ada foto pas pertunjukannya. kalo olah vokal seinget aku baca puisi satu halaman. dulu tuh aku baca sajak anak muda serba sebelah yang nyeritain tentang si toni. tapi ga ada dokumentasinya.

masih di semester 1 aku ikut garapan pra produksi yang memang udah program dari jurusan. judul pertunjukannya tanah, air dan batu. orang-orang responnya itu avatar. digarapan ini pula aku jatoh dan kaki aku terkilir pas gladi, dan ga ada yang sadar (sad). aku yang setengah mau pingsan pun bingung antara mau lanjut atau pingsan aja. haha. tapi ternyata aku lanjut aja dengan tampilan muka pucat pasi. bengkak gede njirrr kaki akuuu.

pra produksi 2011
semester 2 ujian prakteknya pemeranan 2. jadi olah tubuh dan olah vokal tu masuk di pemeranan 1. ujianya baca puisi juga tapi yang tiga halaman. dulu aku baca sajak pulau bali. aku tu ga nyangka sih kok dulu bisa hapal ya naskah tiga halaman. haha.

nah selama semester 1 juga aku bantuin kakak kelas yang lagi tugas akhir. dari situlah kita bisa curi-curi ilmu meskipun ga dapet peran gede, meskipun cuma jadi seksi konsumsi yang kerjaanya nyiapin makan aktor dan crew lainnya. disemester 1 aku bantuin a peri sandi yang bawain naskah Tengul karya Arifin C Noor dan disutradarai oleh pak iman soleh. ga nemu fotonya dimana eung. aku dapet peran kecil sebagai figuran yang wara wiri dipanggung dan joget-joget sok asik. 

di semester 2 aku bantuin kak bintang yang bawain naskah nona julie. aku jadi seksi konsumsi disini. beda sama garapan garapan sebelumnya yang ga terlalu tertata manajemennya, di nona julie ini aku jadi tau kalo dalam sebuah garapan itu ada tim produksi dan panggung. 

di panggung mencakup stage manager, aktor, artistik, make up, lighting, kostum dll. kalo di produksi lebih ke manajemennya yang biasanya di handle sama pimpinan produksi. disini mencakup publikasi, dan hal manajemen lainnya. sori yah ini ga detail.

memang tiap garapan itu punya cara yang berbeda. mungkin karena kak bintang orangnya perfeksionis jadi dia lebih terstruktur. tapi bukan berarti a peri ngga yah, dia punya kecenderungan lain aja.

lanjut disemester 3 ujian prakteknya penyutradaraan I, pemeranan 3 dan artistik 1. untuk artistik ini bikin maket dan aku ga jago untuk ini. hanjir kalo aku inget karya buatan ku itu ancur banget deh. untung ga ada fotonya. haha

kalo pemeranan 1 udah mulai masuk ke naskah. dulu aku bawain naskah tempat istirahat yang pemainnya berdua. aku dulu ujiannya bareng apep.

tapi ini difoto aku bareng diki wkwkw
drama dalam drama deh pokoknya. apep tu ngilang pas mau gladi. jadi aku gladi bersih sama diki. dan ujiannya tetep sama apep dan aku lupa dialog. hanjeeerrr. untung apep orangnya ga panikan dan bisa tetep kembali ke dialog semula. wkwwkwk

untuk penyutradaraan kayaknya diminta bikin garapan deh. aku bertiga sama nesa dan apep (lagi). ini juga drama banget karena kita ga pernah latihan full dan tiba-tiba ketemu di panggung. pokoknya tiap mau ujian tu adaaaa aja masalahnya. haha

seinget ku dulu judul naskahnya belanja terus sampai mati, terinspirasi dari lagunya efek rumah kaca. backsound nya pun pake lagu efek rumah kaca. meskipun garapan penuh lika liku ternyata dipuji juga sama pak iman soleh. huhu

aku lupa di semester tiga bantuin tugas akhirnya siapa. pokoknya tiap semester pasti bantuin garapan tugas akhir kakak senior.

disemester 4 masih ada pemeranan 4, artistik 2, penyutradaan 2 dan estetika 1. untuk pemeranan mulai masuk ke naskah yang lebih panjang lagi dengan pemain tiga orang. aku bawain naskah pinangan yang sekelompok sama dude dan maudi. sebagai kita anak UKM Pemanis, yang proses reading sampe tidur pun disana.

pas dina bengeut
kursi kosan yang mereka gotong sampe ke kampus
cantik kan aku kayak orang rusia

kalo artistik ini sebenernya aku lupa sih kayak gimana ujiannya. yang jelas ujiannya tuh dibarengin sama penyutradaraan atau pemeranan. karena memang pengaplikasiannya disana. nah aku lupa materi artistik di ujian pemeranan 4 ini kostum, make up atau tata panggung. artistik ini masih berlangsung sampai artistik VI, tapi aku lupa materinya apa aja. duh

ini pas pelajaran make up fantasi
untuk penyutradaraan II kayaknya dibagi kelompok deh. seinget ku kita bawain naskah godlob. sekelompok sama dude, jihan, patuh, candra dan alma.


untuk estetika 1 diampu sama pak benny johanes, dosen paling favorit kayaknya karena emang ide-idenya yang out of the box bahkan terkesan there is no box. disaat kita belajar teater yang konvensional, pak benjon, sapaan sok akrab mahasiswanya, justru mengajarkan kreativitas diluar ambang batas nalar aku yang kadang aku ga ngerti maksudnya apa. huhu

lupa sebagai apa
 

ga begitu inget dulu bikin naskah yang kayak gimana. intinya dulu itu aku joged sesar yang lagu buka dikit jos. intinya disini dinilai naskah, dan kostum yang dipadu padankan. aku justru lupa aku sebagai apa. tapi R, lawan main aku itu jadi penyihir yang pake kemben jawa.

sebenernya masih ada teater daerah II yang materinya teater boneka. tapi aku lupa fotonya dimana, jadi aku ga inget mau cerita apa.

lanjut ke semester 5. ada pemeranan 5, penyutradaraan III, estetika II. di pemeranan ini lumayan berat karena harus bikin naskah sendiri dan juga meranin sendiri. ya mikir naskah, mikir peran, kan beurat. aku bawain naskah jilbab hardcore. edan ga tuh. terinspirasi dari vokalis hardcore bandung yaitu gugat yang vokalisnya pake jilbab dan berprofesi sebagai guru tk. aku sampe beli baju aslinya buat dipake pentas.

ini pas jadi guru TK. tapi sekarang aku liatnya kok malah kayak bencong ya

senyum manis guru tk
pas berubah jadi vokalis hardcore
lupa siapa photograpernya. aku ngerasa keren.
untuk penyutradaraan 3 ini masih sekelompok sama yang lain dan bawain naskah fajar sidiq. naskah reliji karena didominasi anggota pemanis. haha ngga denk. dan aku ga nemu foto-fotonya.

untuk estetika II aku jadi sutradara. yang meranin apep dan jihan. ceritanya tentang gay dan psikolog.

makasih jihan dan apep yang mau-maunya aku sutradarai
estetika II ini ada dua ujian kalo ga salah. yang pertama UTS, yang kedua UAS beneran. ini pas UAS aku sekelompok sama kodok, dude dan maudi.

judulnya alfa edison
aku masih jadi sutradara, kodok jadi artistik yang ngedesain labirin dan lampu ultraviolet, dan dude, tirta jadi aktornya. disini mereka harus dance plus nyanyi. makanya aku lebih memilih jadi sutradara ketimbang aktor. you know lah kan suara aku yang merdu ini.

mengenai semester 5, ini adalah semester terberat menurut aku. karena rasa bosannya yang luar biasa. tiap sebelum ujian aku nangis karena emang mau nyerah aja rasanya. tapi ternyata terlalui juga. hmm aku hebat.

lanjut ke semester 6, aku masih harus bertemu dengan pemeranan 6, penyutradaraan 4, dan kapita selekta 1. pemeranan 6 ini naskahnya berat banget gilak. aku dan kelompok bawain naskah ghost hendrik ibsen.
penampakan ku sebagai tokoh regina

kelompok naskah ghost

acting mereka bagus semua, aku ngerasa harus berlari untuk mengimbanginya
untuk penyutradaan 4 ini aku bawain naskah setan dalam bahaya karya taufik el hakim. disini aku sekelompok sama kodok yang ngurusin masalah artistik dan aku sutradara. disini aku dibantu sama anak-anak 2012 yaitu abi, odi dan irni yang mau-maunya aku sutradarai.


disini garapan ini juga aku ngerasa banyak yang bantuin dari anak-anak 2012. kayak andrian yang bantuin adegan sulap, jae bantuin adegan berantem (yang sekarang jadi tim batavia dancer), cigo bantuin musik (yang sekarang jadi asisten sutradara III film dilan), vadlah bantuin desain poster, wow yang bantuin artistik, senior-senior yang luangin waktu buat kasih masukan, dan semuanya yang aku ga inget siapa aja yang jelas membantu banget dalam ujian penyutradaan ini. huuhuu terharu akutu. diantara kelompok lainnya aku yang pertama ujian soalnya.

untuk ujian kapita selekta 1 sialnya aku harus nyanyi, FULL NYANYI. astaga. aku harus les vokal sama anak karawitan tau ga untuk ini. jadi ceritanya aku jadi anjelina sondakh dan kodok jadi ratu atut.

selempangnya dari duit ya itu
dan lagi-lagi aku lupa dialog. wkwkwk. yang nonton senior lagi haha. musik kemana, nada kemana pokoknya. intinya kita diminta buat dialog yang ga biasa sebagai kritik sosial.

lanjut ke semester 7, masih ada satu ujian praktek yang harus dilakukan yaitu kapita selekta 2.
jadi zombie
kapita selekta 2 ini bawain naskah Tirta yang judulnya kresnadipus. yang main semua yang ujian dan dibantu anak tari. ini jadi semacam ujian angkatan yang dinanti-nanti sama semua jurusan. haha bisa dibilang gitu deh karena emang pertunjukannya yang ga biasa. penggabungan tradisional dan modern, jalan cerita yang unik plus dance ciamik dari anak teater yang ga terlalu jago dance.

dari semua rangkaian ujian yang aku laluin ini membawaku pada sebuah kesimpulan bahwa aku ga cocok ambil minat tugas akhir praktek. jadi aku ambil penelitian. ada beberapa minat tugas akhir di jurusan teater yaitu pemeranan, penyutradaraan, artistik, penulisan lakon dan penelitian.

penampakan sidang skripsi aku dari depan
penampakan ekspresi dosen penguji
penelitian aku tentang dideng di rantau pandan kabupaten bungo di jambi. dideng itu teater tutur. tau ga sih makna lain dari dideng itu senandung perempuan patah hati. huwow
jadi gitu deh deretan ujian praktek yang aku jalani selama kuliah di jurusan teater. ada suka dan duka. aku masih ga nyangka sih seberat apapun menjalani kuliah waktu itu, ternyata aku bisa melewatinya.

beberapa hal lain-lain yang aku lakuin diluar ujian sendiri juga aku bantuin ujian orang lain, ikut garapan luar, dan garapan-garapan lainnya yang aku bisa bantu. seperti berikut ini dan masih banyak lagi yang ga nemu dokumentasinya.

perayaan world theater day 2012
pernah jadi wartawan di ujiannya bang dede
pantomime di Unisba
evaluasi setelah ujian yang bikin kangen
latihan randai di teater daerah 3. foto pertunjukannya ga punya
salah satu momen ulis wisuda
yah begitulah momen-momen indah masa kuliah yang waktu dijalani ingin lekas selesai tapi pas udah selesai malah bikin kangen. aseli deh kangen panggung.

tulisan membuat kita mengingat kembali momen sedih dan bahagia yang ada dimasa lalu. foto-foto membantu ingatan agar lebih jelas. bahwa ada mereka disana, orang-orang yang pernah turut senang dan sedih bersama aku dimasa lalu.

selamat hari teater dunia. dunia panggung sandiwara.

Komentar