Napak Tilas Kelas Inspirasi

(Panitia Kelas Inspirasi Jambi, Aku yang pake baju biru donker)


Di depan laptop, tarik napas, pejamkan mata biarkan memori berkelana ke beberapa tahun lalu mengenang bagaimana pertama kali ikutan sebuah acara yang luar biasa, Kelas Inspirasi.
 
2013, masih semester 4 saat itu. Seorang teman, sebut saja Ifa Kodok memberitau tentang kelas inspirasi Bandung. Dia jelasin kita bakal ngajar di SD. Tapi setelah dicari tau lebih lanjut ternyata ada syarat tertentu agar bisa mengajar yaitu telah bekerja selama dua tahun. Dia ga jadi ikutan, tapi aku tetap ikut. Aku daftar sebagai dokumentator yang syaratnya minimal punya kamera sendiri.

Waktu itu kebetulan aku udah punya kamera. Njir rada songong sih anak teater punya kamera. Haha.
Maka ikutlah aku dalam even itu dan tak disangka tak dinyana ternyata aku lolos. Inget banget saat itu harus rapat bareng para profesional yang udah pada kerja. Kayak ada rasa bangga bisa kenal mereka juga ada rasa minder gitu, ku hanya untaian cincau yang mengambang di samudera.

Beberapa profesi yang aku inget, yang sekelompok sama aku dulu ada humas pemprov Jabar, psikiater, pemandu wisata, jaksa, animator boboboy, dan lainnya. Dulu tuh komunikasinya via BBM, dan aku ga punya BBM. Jadi ku ga bisa komunikasi via apapun lagi dengan mereka ini.

Seru banget tau bisa diskusi dengan mereka tuh, duduk bareng ngobrol tentang apa yang harus dilakukan saat hari inspirasi. Aih, bangga. 

Dan di 2014, aku pun mendaftar kembali. Masih sebagai dokumentator karena emang aku kan belum kerja. Masih semester 6 saat itu. Jadi kalo di KI Bandung tuh pelaksanaanya konsisten gitu, biasanya tiap bulan Februari hari Rabu. Kalo ga salah sih kayak gitu.

Nah di kI Bandung 2 ini makin seru lagi karena yang ikutan makin rame. Dari 100an orang jadi 500an orang. Melonjak banget khan. Profesinya juga makin beragam dan sekelompok tuh banyak banget anggotanya. Jadi rame banget dan seru banget deh. 

Di 2016, aku rada ragu sih mau ikutan lagi apa ngga karena posisinya waktu itu udah semester 8 dan harus fokus sama tugas akhir. Namun akhirnya aku ikutan, lagi. Tapi kali ini beda, aku jadi fasilitator.

Howow, beginilah awal pengalamanku sebagai fasilitator di KI Bandung 3. Gimana prosesnya? Aku diajakin sama fasilitator ku di KI Bandung 2. Syaratnya? Pernah jadi inspirator ataupun dokumentator. Sesimple itu.

Pertama kali ikutan rapat rada awkward sih, mereka pada udah lama prosesnya kayak survey dan lain-lain. Aku masuk tinggal ngelanjutin tugas mereka karena kekurangan orang. Peserta KI Bandung 3 adalah 1000 peserta. Huwow 

Kami briefing di gedung sate karena inspirator di KI Bandung 1 yang sekelompok sama aku itu yang nawarin. Untuk pertama kalinya aku masuk gedung sate, megah banget gila.

Dan pada saat pelaksanaanpun kayak masih kekurangan dokumentator gitu loh. Jadi tiap kelompok yang kekurangan ngajakin diluar kelompok untuk bantuin tanpa ikut proses seleksi. Bahkan akupun merangkap jadi dokumentator pas hari inspirasi.

Aku inget dulu hampir aja mau sekelompok sama Risa Sarasvati, udah gabung di grup WA, eh ga taunya dia pindah SD. Di KI Bandung tuh ada banyak artis yang ikutan, aku lupa sih kayaknya mereka undangan. Kayak Ringgo Agus Rahmah, anggota band kuburan, itu juga mereka ikutan.

Selama jadi dokumentator di dua KI sebelumnya ngerasa fun aja bisa ketemu dengan orang-orang hebat dan asik diajak diskusi. Tapi rada beda pas jadi fasil, mana aku ngerasa ga dikasih wejangan bagaimana menjadi fasil yang baik dan benar. Kan aku orangnya panikan, jadi rada nerveus sedikit tapi bisa diatasi. Ternyata orang-orang yang tergabung di KI Bandung 3 asik-asik juga. Meski ada lah yang rada bikin sensi namun bisa diatasi.

Hmmm, 2016 aku ga ikutan KI lagi karena posisinya aku hidup nomaden di saat itu. Pare-Jambi-Bandung. Jadi emang bener-bener ngelewatin KI ditahun itu.

Di 2017 aku udah domisili Jambi lagi. Dan ikutan KI Jambi 3 jadi dokumentator lagi. Oh iya akutu tiap jadi dokumentator selalu jadi videographer. Padahal ga bisa ngedit, Cuma sok aja.

Di KI Jambi 3 ini masih menyenangkan seperti biasanya. Bedanya adalah kondisi sekolah. Di Jambi tuh aku dapet kondisi yang agak memprihatinkan. Duh pen nangis pokoknya kalo liat kondisinya, siswanya aja ada yang kurang gizi coba. Kan, ya allah. Miris banget liatnya.

Aku masih ketemu dengan orang-orang yang baik dan asik diajak kerja sama. Aku ngerasa terlibat di KI Jambi ini mereka bener-bener mau repot gitu. Perasaan dulu pas di Bandung, relawan yang repot. Ini aku liat panitia yang repot.

Kerasa gitu kerja kerasnya, persiapannya, kerasa gitu apa yang dilakukan dari hati akan sampai dihati pula. Nah itu yang aku rasain di KI Jambi 3. Tapi bukan berarti yang di Bandung ngga. Karena ini tu Jambi, aku belum pernah ngerasain acara seindah ini. Aih (kelamaan berkelana sih)

Untuk itulah aku berniat bergabung di KI Jambi 4 sebagai panitia lokal. Dan ada seleksinya. What??? Apaan nih pake diseleksi segala. Tapi emang gitu prosedurnya. Mereka pengen orang-orang yang komitmen yang ada di kepanitiaan ini. mereka bener-bener nge-kick orang yang ga komit. Sadeesss.

Awalnya galau sih, antara jadi dokumentator lagi apa jadi panlok. Karena rada bosen gitu, 4 kali KI jadi dokumentator mulu. Mau jadi inspirator belum cukup syaratnya. Maka aku putuskan untuk jadi panitia lokal.

Aseli beda banget yah berkegiatan saat kuliah dan kerja tuh. Dulu pas kuliah kayak yang menyenangkan gitu melakukan segala kegiatan dengan riang gembira. Ini pas udah kerja kayak yang terseok-seok menyelesaikan semuanya. Mana kerjaanku jadwalnya kayak tahu bulat, disaat mau berangkat rapat suka tiba-tiba diminta liputan. Aku ga pernah bantuin gerage sale karena ga bisa bangun pagi. Ya amplop. Aku fikir aku berada di daftar teratas anggota yang mau di kick deh.

Aku berada di tim hubungan eksternal. Secara berkaitan dengan kerjaan aku, aku ngerasa mampu lah yah untuk itu. Tapi akupun terengah-engah menjalaninya. Padahal apalah tugasku dibandingkan yang lain. Duh mengecewakan akutu.

(Tim Hubeks Kece Banget dah)
Dan akhirnya aku masih bertahan walau sempat berfikir untuk keluar. Aku jadi fasilitator sama seperti KI Bandung 3. 

Menjadi panlok di KI Jambi ini emang penuh persiapan. Pesertanya aja ada pelatihan seperti public speaking, leadership dan pelatihan fasilitator. Apa? Jadi fasilitator ada pelatihannya? Dan ku mengingat kejadian jadi fasil sebelumnya yang dilepaskan begitu saja.

Di saat pelatihan itu intinya para fasil diminta untuk memecahkan beberapa kasus tentang bagaimana menghadapi para inspirator dan dokumentator yang karakternya beragam. Aku rada aneh sih dengan apa yang disampaikan. Misalnya fasilitator akan bertemu dengan orang yang dominan, pasif, sok ngatur, ga mau diajak kerja sama, ga bisa di hubungi, dan sifat-sifat aneh lainnya.

Pengalaman aku sih, aku ngerasa asik-asik aja gitu pas jadi relawan ataupun fasil. Masa sih aku bakal ngadepin orang kayak gitu. Dan pesan koordinator saat itu adalah, “apapun yang terjadi, senyum. Secapek apapun, senyum.” Kayaknya kata-kata itu tertanam dalam sanubari aku deh.

Dan ternyata, jeng-jeng.....

Beneran donk pun hey aku harus menghadapi orang yang disebutkan diatas. Aselinya...

Aku jadi fasil berdua sama Aini. Dia masih mahasiswa semester 5. Dan akupun teringat saat pertama kali ikutan KI. Aku fikir dia anaknya manja. Soalnya dia kecil, suaranya kayak chipmunk, pake behel, pake rok. Aku fikir dia akan merepotkan.

(Partnet Fasilitator, Aini)
Lagi-lagi sifat suka menghakimi ini mendominasi pikiran aku. Nyatanya she’s the strong girl, really. Dia tuh yang bahkan banyak ngerjain tugas fasil, tugas kelompok. Dia sibuk kesana kemari, ngerjain desain spanduk, komunikasi dengan pihak sekolah, dan sebagainya. Dan yang paling amaze, dia pengendara gila.

Sedikit cerita, dia kenal aku, dia perhatiin aku dari awal di KI. Sedangkan aku, aku bahkan ga sadar kalo dia panita juga di KI. How apathetic I am...

She has a strong personality. Dia tuh ga manut-manut aja gitu kalo dikasih tau sesuatu. Dia berani ungkapin pendapatnya, dia berani bantah kalo ga sepaham sama aku, berusaha mempertahankan pendapatnya, dan semua itu dilakukan dengan cara yang santun. Really. Cuma dia butuh latihan lebih banyak public speaking aja.

Dan KI Jambi berjalan sebagaimana mestinya. Lancar, jaya, sukses di darat dan di udara. Ini semua berkat kerja sama segala pihak, baik yang wajib maupun yang sunah.

Mohon maaf aku ga bisa hafal semua nama, mohon maaf aku suka ga senyum, mohon maaf aku punya muka jutek, mohon maaf nada bicara yang rada songong, mohon maaf sikap yang tidak santun, nyatanya egois masih ada dalam diri aku.

Makasih ya Kelas Inspirasi Jambi udah bikin acara seindah ini dan melibatkan aku didalamnya. Makasih para inspirator dan dokumentator yang udah mau-maunya ikutan acara ini, meluangkan waktu sehari dalam seumur hidupnya, untuk menginspirasi anak SD. Makasih pihak sekolah yang udah mau percaya dan memberikan ruang dan waktu.

Selamat hari pahlawan. Kalian semua adalah pahlawan dalam bidang pendidikan.

Komentar