Lagu Tentang Penyembuhan

Saudade

adalah lagu dari Kunto Aji di album mantra mantra.Pertama kali denger lagunya tuh kayak lagi dengerin musik relaksasi. Belum lagi liriknya yang puitik banget.

Awalnya bingung gitu, mana kata saudade-nya, kok ga ada dalam lagu. Terus juga bingung maknanya apa, bahasa apa. Setelah aku googling, ampun deh maknanya dalem banget. 

Saudade itu bahasa Portugis yang ga ada terjemahan langsung ke bahasa inggris. Intinya saudade itu digunakan untuk mendeskripsikan perasaa nostalgia mendalam pada seseorang yang merasa kehilangan orang yang dicintainya. Kalo menurut aku pribadi sih, saudade itu satu kata diatas rindu kalo dalam bahasa Indonesianya.

dikatakan awan hitam sebelum datangnya hujan
biarlah aku dikutuk dan engkau yang dirayakan
perjalanan takdir dan kenangan berselimut doa
hangatnya akan terjaga

Menurutku secara keseluruhan album mantra-mantra ini berisikan lagu tentang penyembuhan terhadap luka batin. Beberapa lagu punya pesan mendalam terhadap pendengarnya dan aku ngerasa hampir ditiap lagu tuh kayak dengerin musik relaksasi yang seolah lagu itu kasih sugesti ke pendengar. Tiap aku dengerin album mantra mantra ini aku berasa Kunto Aji tuh lagi ada disamping aku, nepuk pundak aku, nyadarin tentang sesuatu.

Masih banyak yang belum sempat aku katakan padamu 
Masih banyak yang belum sempat aku sampaikan padamu

Kan kayak sebuah rasa sesal mendalam terhadap perasaan yang ga bisa diungkapkan dan disampaikan. Mana suara Kunto Aji bagus banget lagi. duh

Lirik yang ini juga:
Yang ditunggu yang diharap 
Biarkanlah semesta bekerja untukmu 
Semua itu bukan salahmu 
Jangan berhenti 
Yang kau takutkan takkan terjadi 

Terus ini:
cukupkanlah ikatanmu
relakanlah yang tak seharusnya untukmu
yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri  

yah itu deh menurutku tentang lagu healing. saat kita senang, kita akan dengerin musiknya, saat kita sedih kita akan pahami liriknya. 

Komentar