Ngomongin Kopi : Alasan Ngopi



Tiba-tiba teringat tentang satu daerah yang pernah aku singgahi, Pare, Kediri. Aku tinggal disana sekira sembilan bulan pada 2016.

Jadi kemaren tuh kan ulang tahun Jogja, aku ga punya banyak memori tentang jogja sih secara cuma seminggu disana, itupun dalam rangka liburan setelah wisuda. Nah Jogja tu juga tempat transit antara Bandung dan Pare. Jadi aku pengen cerita tentang Pare.

Sekarang di Jambi ini ada banyak tempat ngopi. Kalo yang pernah aku denger sih ada sekitar 40an, ini aku denger pas hari kopi internasional di Clave, Mayang. Emang sih, dibeberapa tempat juga udah banyak kok coffee shop bertebaran di Jambi ini mulai dari yang asal-asalan hingga yang serius beneran.

Kenapa dari Pare jadi ke kopi? Jadi dulu di Pare itu ada satu tempat ngopi favorit aku dan sampe sekarang belum pernah ada yang bisa gantiin rasa kopinya plus suasananya.

Sebenernya ga ada nama tu tempat ngopi, Cuma aku sama temen-temen dulu bilangnya kopi pak dur. You know what? Itu bukan cafe, bukan tempat elit, bukan tempat nongkrong anak muda, itu tempat para kuli bangunan, supir truk, warga sekitar buat ngopi. Menunya cuma ada kopi, teh, gorengan, dan kacang. Sesimple itu, sesederhana itu. Seadanya tapi istimewa.

Kamu tau harganya berapa? 1500 aja. SERIBU LIMA RATUS AJA. Ga tau yah kalo sekarang udah berubah, tapi kopi pak dur tuh rasanya nikmat banget.

Kopinya pake gelas kecil, kopi dikasih air panas doang. Gulanya sengaja ga diaduk karena selera orang beda-beda. kalo suka manis ya aduk aja gulanya, kalo ngga ya biarin aja kamu seruput rasa pahitnya. Aku juga ga tau yah apa yang spesial, ntah karena emang rasa kopinya, suasana disana, atau faktor lain diluar itu semua. Aku ngerasa kayak ada faktor magicnya gitu.

Tempatnya pak dur tuh seadanya banget. Kayak warung tradisional, Cuma ada bangku, kursi, catur, rumahnya gubuk gitu. Kalo kamu masuk yah, kamu bisa liat proses pembuatannya mulai dari biji kopi, terus disangrai manual gitu loh. Pokoknya beda banget deh dengan kopi yang disajiin di kedai kopi sekarang.

Tapi rasanya tuh luar biasa. Akutuh sampe dua kali kadang ke tempat pak dur buat ngopi, pagi dan sore, malem kadang-kadang kalo lagi malem minggu.
Awalnya aku bertiga doang sama temenku, tapi lama kelamaan jadi ramean karena kita pengaruhi. Haha

Jadi Pare tuh ya kampung inggris gitu. Itu satu kecamatan isinya tempat kursus bahasa inggris semua, dulu tuh aku ngerasa tempatnya kayak baru mulai berkembang gitu loh. Mulai ada cafe, mulai rame tempat makan yang rada bagusan, Cuma mall sama bioskop yang belum ada. kalo mau nonton harus ke Kediri, kesana nyewa angkot atau nyewa motor.

Sebagai orang yang doyang nongkrong, aku tuh lebih milih nongkrong di warung pak dur ini loh. Sampe yah pernah warga sekitar tuh bingung gitu tempat nongkrongnya dipenuhi anak muda macem kita-kita inih.

Selain kopinya, ada juga teh yang menurutku itu rasa yang super duper enak banget guys. Teh nya tuh teh jawa gitu loh, yang masih banyak daun-daunnya. Terus juga gorengannya, harga tahu itu Cuma 500 perak kalo ga salah. Tahunya tuh tahu panjang yang isinya agak kopong. Aduh aku ga tau namanya apa, bukan tahu sumedang, bukan tahu susu, tapi warna kulitnya tuh kuning, sama kayak tahu pada umumnya. Makannya bareng sama cabai rawit yang warna ijo muda.


Nah di Pare itu cabenya ijo muda yang panjang itu loh. Kan kalo di Jambi cabe rawit biasa itu yah, kalo di Bandung cabenya yang merah pedes banget itu, kalo di Pare cabenya yang ijo panjang gitu, ga terlalu pedes menurutku tapi bikin ssshhhh hahhh juga kalo kebanyakan.

Kalo misalnya aku inget Pare, yang ada dipikiran aku bukan kampung inggrisnya tapi aku inget kopi pak durnya.

Pak dur, semoga sehat-sehat selalu yah. Semoga akunya ada waktu dan kesempatan buat mampir lagi.


Eh iya yah, judul tulisan ini tentang alasan ngopi. Sebenernya aku tu ga terlalu suka kopi banget. Aku tuh orangnya gampang ngantuk gitu loh, makanya jadi suka minum kopi.

Aku kan kuliah jurusan teater yah. Pas semester satu, masih belum kebiasa buat latihan malem, balik tuh bisa sampe jam 1 tau ga. Jadi aja minum kopi biar ga ngantuk.

Minum kopinya juga ga kayak minum kopi. Jadi aku tu minum kopi formalitas aja gitu biar ada cafein yang masuk ke tubuh supaya ngejaga mata biar ga ngantuk. Aku nyeduh kopi pake air panas sedikit aja, terus aku tambahin air dingin biar ga terlalu panas. Terus aku minumnya sekaligus.

Kan kalo orang normal minum kopi tuh pelan-pelan yah, lah aku kayak yang haus gitu. Temen-teman aku aja herrran dengan cara aku minum kopi.

Nah sejak saat itu aku jadi doyan ngopi. Aku beli lah kopi saset dari berbagai merek sampe aku menemukan kopi saset favorit aku, good day carribean, ini favorit sampe sekarang yah.

Selama empat tahun kuliah itu aku doyan ngopi saset, terlebih saat skripsian yah. Jadi sehari bisa lebih dari satu kali ngopi. Jadinya tuh kayak kecanduan gitu loh kalo ga ngopi jadi lemes banget, ngantuk banget.

Pas 2015 kan rame kopi yang dibuat manual gitu. Tapi tetep aja aku doyan kopi saset. Aku tu suka nongkrong di coffeshop, ngobrol sama barista, tapi tetep aja aku ga pernah ngerti istilah perkopian. Semisal aku ga tau bedanya arabica, robusta atau liberika. Padahal udah pernah dijelasin tapi tetep aja aku ga ngerti. Aku juga cuma tau latte atau cappuchino, ga tau jenis-jenis lainnya. Ya udah doyannya sama kopi saset ya kan.

Hmm, tapi sekarang tu alasan ngopi masih sama sih, kecanduan dan emang kalo ga ngopi bikin ngantuk.

Kalo sekarang ngopi itu karena emang ngantuk banget saat pagi, siang, jadi harus ngopi biar ga ngantuk, secara aku harus kerja ye kan. Aslinya sih malem aku ga bisa tidur malem, jadi aku ngantuk saat pagi dan siang.

Masalah tidur ini yang bikin aku doyan ngopi, kecanduan sama kopi. Masalah tidur ini juga yang bikin aku rajin joging, biar capek, biar mudah istirahat. Meskipun ga terlalu berhasil juga.

Yah itu lah jawaban dari kenapa seorang ulies doyan ngopi. Meskipun aku belum pernah nyoba seluruh coffeshop yang ada di Jambi tapi aku kasih rekomendasi kopi yang enak di Jambi versi ulies.

Diantaranya latte di kofficoffe, kopi vietnam simon n sons, kopi caramel Ocoffee, cappuchino dine n chat. Hmm udah sih kayaknya itu aja. Sebenernya yang paling the best banget menurutku di koffiecoffe ini, tapi sekarang udah ga aktif gitu loh. Udah gabung sama ruang kita tapi rasanya jadi beda, beda tangan kali yah.

Yah lumayan panjang juga ya tulisan kali ini. Kopi memang memiliki cerita yang panjang.


Komentar