Catatan Seorang Jurnalis: Wah Bertemu Psikolog


Sebelum aku cuti untuk liburan (kondangan) aku dikasih tau seorang teman katanya ada psikolog yang ingin memperkenalkan dunia psikolog ke masyarakat Jambi. karena bahasan ini masuk dalam rubrik yang aku bahas jadilah dia meminta aku untuk mewawancarainya. Tapi aku kan harus liburan dulu.
 
Usai liburan baru aku menyempatkan diri untuk bertemu psikolog ini. jujur sih awalnya biasa aja, ga terlalu excited sama bahasan ini meskipun sebenernya aku tertarik dengan dunia psikologi. Aku juga sebenernya ga tau harus nanyain apa.

Pas ketemu tuh aku kayak ngerasa deg-degan gitu loh, ya kayak ngerasa aneh aja. Eh terus aku cemas deh kayak biasanya. Huuh dasar.

Dan wawancara pun dimulai dengan pertanyaan tugas seorang psikolog, tapi aku justru ditanya balik dengan pertanyaan tau ga bedanya psikolog dan psikiater. Nah jawabannya ada di liputan aku yang terbit hari minggu ya.

Dia pun menjelaskan panjang lebar tentang psikolog dan psikiater, juga ditambah sedikit pertanyaan dari rasa penasaranku tentang psikolog itu sendiri.

Selesai dalam waktu 37 menit. Sebenernya jarang banget sih aku bisa wawancara selama itu. Paling sering banget wawancara tuh 10 menit, tapi kali ini bahasanya menarik, jadi bisa selama itu. Iya menarik setelah bertemu dan mengobrol.

Beberapa hari sebelum aku janjian ketemu, temanku cuhil menghubungi katanya minta dicarikan psikiater. Dia sudah tidak tahan dengan dirinya sendiri. Kebetulan banget kan aku mau ketemu narasumber ini. jadi ketika liputan dia bisa mendengarkan dan setelahnya bisa curhat masalah pribadinya.

Setelah wawancara juga aku curhat tentang diri aku yang aneh ini. karena dalam satu bahasan dia bilang “Intinya yang dirujuk dan diperbolehkan ditangani oleh psikolog adalah orang yang merasa memiliki penyimpangan prilaku dan orang itu merasa tidak nyaman dengan dirinya. Karena tidak semua orang memiliki orang terdekat untuk bercerita itulah gunanya psikolog”. 

Kan aku merasa ya punya penyimpangan prilaku. Banyak sih tapi yang aku sebutin Cuma satu. Aku bilang kalo aku orangnya gampang cemas. Dia senyum dong, katanya “iya keliatan banget malah”.

Wadaw, nunduk lah aku. 

Dan aku ceritain lah masalah aku tentang pekerjaan ini. aku bilang selama jadi wartawan aku tuh selalu cemas, selalu deg degan kalo ketemu orang baru. Sedangkan setiap hari atau setiap minggu aku selalu ketemu dengan orang baru. Temponya tuh cepet banget dan aku lelah menghadapinya. Capek gitu rasanya kalo harus menghadapi orang baru, ngobrol, sok baik padahal aku tau aku ga bisa pura-pura baik.

Aku pikir awalnya itu karena belum terbiasa aja, tapi ini sudah lebih dari setahun aku masih cemas aja kalo ketemu orang baru. Dan pekerjaan ini menuntut aku untuk selalu seperti itu.

Dia nanya, ini pekerjaan yang sesuai passion atau ngga. Aku jawab lah iya, aku suka nulis, suka jalan-jalan tapi aku ga suka ngobrol.

Terus aku antisipasinya dengan persiapan sebelum liputan, bisa menyiapkan pertanyaan atau hal-hal lainnya supaya pas ketemu ga nervous banget. Tapi kan ga semua narasumber tuh bisa enak diajak ngobrol ya. Ada yang tipekalnya juga sama kayak aku yang irit kalo ngomong. Itu yang bikin makin cemas dan juga kikuk.

Dia pun kasih saran. Katanya harus coba buat sugesti diri, misalnya harus berani, semua pasti bakal baik-baik aja. Aku bilang aku pernah coba meski ga rutin. Oke mungkin setelah ini aku harus rutin sugestiin diri.

Terus dia bilang harus punya senjata untuk bisa menghilangkan rasa cemas itu. Aku lupa istilah psikologinya apa, senjata tuh dia jelasin kayak gerakan yang bisa dibuat untuk menyalurkan rasa cemas itu.

Dia contohin kayak seperti memeluk diri sambil puk puk lengan gitu. Itu dia bilang rasanya seperti ada yang memeluk sehingga rasa cemas itu bisa hilang nantinya dan buat lebih tenang.

Aku ga tau sih kalo harus salurin kemana rasa cemas itu. Tapi itu nanti aku coba cari.
Ya intinya sih aku pengen ngobrol banyak gitu tapi malu karna bareng temen-temen lain juga. Suatu saat mungkin ya.

Tentang temen sharing, sebenernya aku jadi kepikiran si Nia ini sih. Temen yang dibeberapa tulisan lalu sempet dibahas. Selama ini, semenjak lulus kuliah, dia tuh kayak jadi tong sampah gitu. Gw kangen sama orang, gw bilang nya ke nia, gw beli motor, skincare, ketemu artis, jalan-jalan, makan duren, dan segala hal remeh temeh gw rasa gw ceritain ke dia. mungkin karena dia tu ga deket secara nyata kali yah jadi asa bebas lepas we mau cerita, mau pamer juga.

Sebenernya juga ngerasa ga enak sama psikolog itu karena tujuan aku ketemu kan Cuma buat wawancara. Eh tapi malah sekalian buat sesi curhat bareng temen-temen aku. Dari jam 3 sampe jam setengah 8 ada kali dia dengeri tiga orang gila cerita. Semoga dia ga nyesel deh ya menghadapi orang-orang gila ini.

Dear psikolog yang pernah jadi narasumberku, terima kasih ya sudah mendengar keluh kesah dan memberikan saran kepadaku dan juga kepada teman-temanku. Aku berdoa semoga engkau selalu diberikan kesehatan, kekuatan, dan juga rezeki yang melimpah untuk kelancaran karirmu. Aamiin...

Komentar