Catatan Jurnalis Magang IV : Hal Berat Yang Terlalui

Hola, malam kemaren-kemaren aku lupa pake helm pas abis balik dari kosan Yana. Kok aku bisa sebodoh itu yah. Padahal aku orang yang selalu mengutuki manusia lain saat melanggar lalu lintas. Jujur aku paling ga suka dengan yang ga tertib termasuk dalam berkendara. Aneh liat orang-orang Jambi yang kayak gitu.

Mengenai helm itu sendiri bukan masalah takut ditilang polisi tapi emang kepala ini butuh pelindung dari segala kemungkinan yang ada. Memang segala sesuatu itu sudah ada yang mengatur. Tapi disatu sisi perlu donk kita punya good preparation buat hal-hal yang tidak diinginkan. Kena tai burung misalnya.

Kau tau kemaren-kemaren aku harus liputan meet and great band Tipe-X. Sengaja dateng cepet biar ga buru-buru atau apa. Pas nyampe sana masih sepi. Tau lah yah Jambi ini panasnya kayak apa. Semacam gladi sebelum neraka gitu deh. Alhasil harus nunggu sambil ngerujak pinggir jalan.

Aku aneh sendiri. Celingak-celinguk ga tau harus ngobrol sama siapa. Akhirnya ada kompoy komunitas jambi yang udah pada dateng. Aku samperin lagi deh ke dalem. Sama aja aku masih tetap celingukan karna rame banget dan ga tau harus nemunin siapa. Oh iya band Tipe-x.

Pas di lokasi, aku bahkan ga tau muka dari personel band ini kayak apa. Kalo di bilang artis itu ganteng-ganteng, ih ga ada yang ganteng. Pokoknya yang banyak dimintain foto menurutku itu artis. Ah ternyata aku ga tau namanya siapa. Searching google juga ga ngebantu. Tanya ke beberapa orang mereka juga ga tau. Heh orang-orang itu aneh yah ngapain minta foto kalo ga kenal. Akhirnya ada juga yang tau namanya. Pas dia mau pulang banget aku baru bisa wawancara. Aih aku ini memang payah.

Dih aku ini segimana preparationnya pasti ada aja yang kurang, yang luput, yang lupa, dan lain-lainnya.

Yana pernah bilang, sedih juga kalo udah capek liputan tapi beritanya ga naik. Waktu itu aku bilang, kan ga boleh marah kalo beritanya ga naik. Iya ga seharusnya marah. Mungkin tulisannya aja yang emang ga memenuhi kualifikasi buat terbit. Tapi emang aku ngerasain sendiri sih gimana capek liputan dan beritanya ga naik. Sedih.

Sejauh ini ga ada yang complain tentang tulisanku. Baik itu redaktur atau pembaca. Entah tulisanku emang baik-baik aja atau emang tulisanku ga layak buat dibaca. Entahlah. Yang aku rasa aku butuh masukan, kritikan dan saran untuk tulisan yang lebih baik lagi kedepannya. Tulisanku itu ada yang kurang, dan aku butuh orang lain yang melihat kekurangannya.

Aku pernah harus liputan ke rumah tahfidz. Menurutku hal itu yang paling berkesan, karena aku bisa ketemu ustadz ganteng. Hahaha. Untuk beberapa hari kemaren aku harus liputan bisnis. Aneh juga sih, aku ga ngerti banget soal bisnis tapi diminta liput itu. Aku pernah harus liput community. Aku bahkan belum pernah nulis liputan community kayak apa. Beruntung ada orang AE yang nemenin. Mbak nya ngasih tau kalau foto harus gimana baiknya untuk community. Intinya sama aja sih. Trus pernah juga liputan support. Aku ga tau itu kayak gimana tapi pas di lapangan, oh buat berita berbayar toh. Untuk liputan support pertama aku bingung banget mau Tanya apa. Yang di wawancara juga ga menjelaskan secara gamblang tentang promonya. Atau akunya aja yang ga bisa nanya. Alhasil pas ketemu bang iwan itu di minta tambahin. Liputan support yang kedua baru aku bisa leluasa. Bisa nulis banyak hal dari sana.

Sampai juga waktunya dimana aku harus piket. Dateng lagi ke kantor untuk mengecek tulisan yang belum terbit. Tsah gaya banget. Haha aku Cuma ngecek tulisan-tulisan yang salah ketik gitu loh. Aku fikir bakal balik jam satu. Tapi jam sebelas udah disuruh balik. Aneh ih di kantor ga sama teman-teman magang. Kangen juga sama suasana kantor yang berebutan ambil gorengan. Hahaha.

Untuk beberapa hal berat yang terjadi seminggu pertama liputan ini, aku merasa ga nyangka. Ga nyangka banget bisa ngelewatin semuanya. Bisa liputan sendiri, bikin berita online, foto, tapi aku belum pernah bikin video. Semoga segera dalam waktu dekat. Aku selalu bilang siap saat diminta liputan. Ntah aku bisa atau ngga, hal pertama yang aku bilang adalah “siap”. Kesananya gimana ntar, yang penting aku berani ngejalanin dan mengambil pelajaran dari sana dan mudah-mudahan ga terulang kesalahan.

Karena semalem abis piket jadi sekarang waktunya libuh. Hahaha, eh libur, ntar sore rapat keles. Hah jadi jadwal liburku harus dipake rapat juga. Huwow….


Semoga kita tetap kuat , tetap semangat, dan tetap dalam jiwa. Dari kami anak magang…

Komentar