Rekomedasi Cafe Suasana Hening di Jambi

Hallow

Setelah bergelut dengan kerjaan yang berkurang ngga makin numpuk iya, akhirnya yah ada kesempatan juga buat nulis rekomendasi tempat nongkrong yang hening di Jambi. 

Ada beberapa kriteria yang menurutku jadi pertimbangan ketika memilih tempat makan. Yang akan aku review ini adalah yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Btw, diusia segini (19 tahun) aku lebih suka tempat nongkrong yang ga rame, tempat bersih, nyaman, pelayan ramah, musik ga annoying, ada tempat solat, makanan enak. Sehingga aku bisa melakukan sesuatu dengan penuh konsentrasi pula seperti ngetik berita atau stalking. Eh

Masih mengenai kriteria, tempat yang ga rame ini bukan berarti tempat itu ga laku yah. Kadang kan emang ada waktu-waktu tertentu dimana tempat itu masih adem ayem, sebelum jam makan siang contohnya. Kalo mengenai pelayanan aku juga suka kalo pelayannya ramah dan friendly. Ada kan ya tempat dimana saking seringnya kita kesana pelayannya ampe kenal. Dan tau lah yah rasanya mereka ini tulus atau ngga melayani.

Kalo mengenai musik, aku pikir semua tempat makan ada musiknya yang kebanyakan muter musik indie. Tapi kan ada banget tempat yang kalo muter musik kencengnya setengah mati, serasa clubing kalo nongkrong disitu.

Tempat solat ini wajib ada menurutku. Meskipun ga ada di situ setidaknya dekat dengan tempat solat. Biar nyaman gitu nongkrong tapi ga lupa solat. Alhamdulillah.

Okey, ini beberapa rekomendasiku

1.       Carpe diem



Sejak awal kemunculannya yang rada masuk gank, cafe ini cukup menyita perhatianku. Secara nama dari cafe ini "carpe diem". Mengingatkan ku pada sebuah film dead poet society yang di bintangi aktor kawakan, Robin Wiliam. artinya petiklah hari. Berdasarkan ingatanku tentang film itu pergilah aku ke carpe diem.

Nuansa coklat kayu mendominasi interior cafe ini. Ada dua ruangan, yang satu buat smoking area yang satu buat yang pengen ngerasain ac.

Menunya beragam, dari makanan khas nusantara sampe manca negara kayak thailand, dan makanan khas negara eropa kayak sandwiches, pasta dan teman-temannya. Aku recomendasiin coba tomyam nya. enak.

Minuman juga beragam, bahkan ada kopi dari nusantara kayak toraja, gayo, kerinci. cobain deh, pasti suka sama baristanya. eh

Harga makanan disini rata-rata 30 ribuan. ga cocok buat anak kosan yang tiap malam minum energen. hehe
Tapi walaupun mehong makananya enak dan tempatnya juga cozy buat gibah. (astaghfirullah)

Biasanya aku kesini buat nulis ide-ide yang bertebaran dipikiran. Disini ada colokan, musik ga terlalu annoying, ada tempat solat di lantai dua, selalu lengang meskipun sedang jam makan siang.

Carpe diem berlokasi di Jalan Mangkubumi No 104B Kelurahan Budiman Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. (depan lippo ada citra media, sebelah citra media ada jalan masuk dikit, nah disitu tempatnya). Tiap rabu dan jumat ada live akustik. Akustik ya bukan dangdutan. Cafe ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

2.       Ruang kita


Kalo kalian mau dateng ke sini harus udah kenyang dulu karena disini ga ada makanan berat. Adanya minuman sama cake.

Buat yang suka manis-manis cocok deh tu nongkrong disini karena cake nya ena banged tau. Kecil manis, cocok deh kalo duet sama kopi.

Tempatnya juga lapang, jarak antara satu meja ke meja lainnya tu ga berdekatan banged. Dan beragam jenis tempat duduk. Ada yang nemplok di meja, ada bangku empuk, ada meja gunjing, dan outdoor.

Sudut favorit aku ada di dekat jendela karena spot foto disini asik banget. Dari jendela bisa liat luar, sambil menung.

Harganya juga terjangkau menurutku, minuman ada yang 17 ribuan terus cake nya harga 10 ribu.

Lokasinya di sipin seberang taman jaksa. Kan disitu daerahnya ga terlalu rame meskipun pinggir jalan. Jadi emang nyaman deh buat nongkrong sore-sore atau ngadem siang-siang.

Disini ga ada tempat solat tapi lokasinya deket masjid. Tinggal jalan aja kebelakang udah nemu mesjid.


3.       Kedai daun bakung


Ini termasuk tempat yang nyamaaaan banget menurutku. Berasa main ke rumah temen yang orang kaya gitu loh. Yang rumahnya punya halaman luas, ada bangku taman, kalo masuk rumahnya tu bikin celingukan. Kok bagus banget ya rumahnya.

Emang konsep dari kedai daun bakung ini rumahan. Konsep menu dibagi dua jadi menu makan siang dan menu kopi pas sore. Bisaan ya marketingnya. Haha

Menu makan siangnya juga menu khas jambi kayak tempoyak dan pindang. Kalo sore-sore baru ada kopi dan desert.

Lokasinya emang berada di komplek perumahan orang kaya di telanai itu loh, yang rumahnya bagus-bagus, daerahnya sepi. Kalo mau kesana bisa masuk lewak jalan seberang untel. Nanti ada petunjuk jalan paxi barber. Ikutin aja petunjuk jalannya karena disebelah kedai ini ada paxi barber juga.

Harganya juga terjangkau. Paling mahal aja 35 ribu untuk menu kopi. Kalo ke sini bakal betah banget deh berlama-lama.

Tapi disini ga ada tempat solat dan jauh dari tempat solat juga. Jadi kalo mau kesini kayaknya abis magrib deh biar blas ampe malem. hehe

4.       Kopi eoy


Tempat yang lumayan lama eksis di jambi karena emang punya kualitas yang top banget. Tempanya tuh bersih banget. Meskipun udah keringetan, sepatu kotor, kalo masuk kopi oey tu berasa bersih aja. Hehe ga gitu yah.

Yang paling aku suka tuh alunan musik-musik jaman dulu yang diputer disini. Jadi berasa berada di jaman kakek nenek masih muda.

Kadang inspirasi nulis aku ngalir aja pas dengerin musiknya. Secara makanan juga enak, pelayan ramah, yang paling aku suka kopi susu indotjina.

Nama-nama menunya juga unik dan nusantara banget. Harga minuma ada yang 8 ribu, teh botol sosro. Wkwk. Kalo harga sih standar yah 20 ribuan lah.

Kalo mau solat, nyebrang aja kan ada mesjid agung.

5.       Simon n sons atau dine n chat


Kedua tempat ini tuh sama secara rasa makanan dan pelayanan karena satu manajemen juga. Aku lebih cenderung suka nongkrong di simon n sons jamtos karena emang abis liputan kebanyakan daerah telanai dan sekitarnya.

Meskipun Cuma pesen susu kedelai dan ovaltine tapi pelayan disana ramah-ramah banget. Kalo di jamtos emang agak rame sih. Disini emang khusus buat curhat yang sisipi ghibah aja. Kalo emang mau mencari ketenangan di simon n sons jelutung atau dine n chat sipin.

Menu favorit aku spicy chicken wings. Ga pake level dan pedesnya standar untuk dikonsumsi. Rasa khasnya tuh karena pake daun jeruk nipis gaes. Sebagai pemuja fire wings level 5 richeese factory, menu spicy chicken wings tu pengobat rasa kangen gitu. Karena emang rasanya enak banget dan bikin ketagihan.

Meskipun ada banyak menu disini aku ngerasa mereka punya kestabilan rasa yang maksimal. Kayak kopi misalnya, meskipun mereka ga hanya fokus di kopi tapi rasa kopi di tempat ini cukup enak buat aku yang sebenernya ga paham-paham banget soal kopi. Terus juga nasi goreng, desert, dan lainnya tuh rasanya emang membekas gituh.

Kalo mau fokus ngetik biasanya aku ke dine n chat sipin. Disini ada tempat solatnya buat satu orang di lantai dua. Sajadahnya lembut banget tau. Kalo di simon aku kurang tau yah soalnya suka nongkrongnya di simon n son jamtos.


Dan segitu dulu deh rekomendasi tempat yang hening menurut versiku. Kalo ada kesalahan mohon dimaapkan. Tapi ya suka-suka aku lah yah kan ini penilaian pribadi dan aku ga dibayar mereka. 

Jangan lupa nabung, makan di tempat enak itu ga murah.

Komentar